Yuk Ketahui Mengenai Google Hosting Domain Guna Meningkatkan Sebuah Website! (pixabay.com)
Yuk Ketahui Mengenai Google Hosting Domain Guna Meningkatkan Sebuah Website! (pixabay.com)

Yuk Ketahui Mengenai Google Hosting Domain Guna Meningkatkan Website!

Seberapa pentingkah Google Hosting Domain untuk Anda ketahui? Ya, bukan hanya sekedar sektor konten menarik dalam strategi pemasaran secara digital. Akan tetapi juga harus mempertimbangkan soal nama domain yang nantinya akan digunakan guna menunjang kualitas sebuah website.

Google Domain sendiri salah satu jenis layanan yang bisa Anda gunakan. Dalam pemilihan nama domain sendiri, secara tidak langsung sebenarnya akan mendukung kredibilitas perusahaan yang Anda miliki. Agar mendapatkan pilihan tepat, ketahui terlebih dahulu apa itu Google Domain dan Hosting melalui artikel kali ini!

Apa Itu Google Hosting Domain?

Google Hosting Domain merupakan salah satu jenis layanan yang bisa membantu Anda untuk mendaftarkan nama domain dan akan digunakan dengan sitsu WorPress atau situs web lainnya. Untuk Hosting atau web hosting sendiri merupakan tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

Jadi file data web itu bisa berupa bentuk video, gambar, script, email, aplikasi, dan database.  Tanpa adanya hosting, tentu saja Anda tidak akan bisa membuat sebuah website. Itulah kenapa, perlu sekali menyewa hosting terlebih dahulu untuk membuat website.

Sementara untuk Google Domain adalah layanan yang tidak menawarkan jenis hosting apapun seperti penyedia domain lainnya. Hal itu akan membuat Anda harus membeli hosting secara terpisah.

Akan tetapi keuntungan lain bisa Anda miliki, bahwa Google Domain memudahkan untuk terhubung ke layanan Google lainnya, seperti G-Suite, Google Search Console, dan lainnya. Meskipun Google Domain diluncurkan pada tahun 2015, akan tetapi secara teknis masih dalam versi beta.

Untuk memulai Google Domain Anda bisa membeli, mentransfer, dan mengelola domain, serta langsung terhubung dengan membuat situs, seperti Shofy, Squarespace, Weebly, dan Wix. Anda juga bisa menambahkan hingga 30 alias email tambahan untuk setiap pengguna tanpa biaya tambahan.

Baca Juga »  Perusahaan Penyedia Layanan Web Hosting Lokal Terbaik 2022

Keuntungan Menggunakan Google Hosting Domain

Untuk keuntungan Google Hosting Domain memang banyak sekali salah satunya memudahkan para penggunanya. Jadi yang sudah diketahui bahwa Google Domain sendiri merupakan jenis layanan bisa membantu penggunanya untuk mendaftarkan nama domain dan akan digunakan pada situs WordPres atau situs web lain.

Sementara untuk Hosting atau Google Hosting tempat untuk menyimpan semua file dan data web. Sehingga bisa dipakai oleh semua orang melalui jaringan internet. Jadi keduanya ini sangat berperan penting dalam sebuah website.

Keuntungan Google Domain:

Keuntungan Google Domain bisa Anda lihat di paparan bawah ini.

User Interface Cukup Mudah Dipahami Pengguna

Google Domain sama seperti layanan Google lainnya. Jadi para pengguna bisa menggunakannya dengan akun Google sudah ada. Penataan dasbor pun sesuai dengan estetika Google, sehingga memudahkan bagi pengguna yang kurang paham dengan teknologi.

Untuk tampilan atau interface-nya dengan sangat cepat sebab hampir sama dengan alat yang sudah ada dan sering digunakan sehari-hari, seperti Google Analytics.

Harga Ditawarkan Lebih Kompetitif dan Transparan

Google Domain tidak selalu merupakan opsi paling terjangkau, akan tetapi layanan domain satu ini mempunyai harga transparan dan kompetitif. Jadi itulah yang membuat Google Domain lebih terjangkau.

Maka dengan menggunakan Google Domain, pengguna akan tahu berapa biaya nama domain untuk sekarang ini hingga di masa yang akan datang. Artinya, harga telah pengguna bayarkan untuk mendaftarkan nama domain akan tetap sama dengan jumlah pembayaran ketika memperbarui.

Jadi dengan kata lain, memang akan terlihat lebih mahal di awal. Akan tetapi harga ditampilkan tersebut sudah termasuk dengan pembayaran saat Anda memperbarui di masa akan datang.

Memberikan Perlindungan Privasi Secara Gratis

Ketika mendaftarkan nama domain, tentu akan dimintai guna memberikan informasi pribadi sendiri, seperti alamat dan nomor telepon. Secara bawaaan, semua informasi tersebut akan tersedia untuk umum di “Registry Whois”, yang membuat terbuka terhadap spam atau kegiatan mengganggu dan berbahaya lainnya.

Baca Juga »  Biaya Hosting Wordpress yang Terjangkau, Maksimalkan Fungsi Website

Namun dengan adanya perlindungan privasi telah diberikan secara gratis oleh Google Domain akan mengubahnya dengan menyembunyikan ifnoiami pribadi milik Abda dibalik informasi privasi umum.

Keuntungan Menggunakan Google Hosting:

Jadi Anda sudah tahu bukan apa pengertian Google Hosting Domain? Nah, sekarang giliran membahas mengenai manfaat menggunakan Google Hosting. Berikut beberapa keuntungan dari Google Hosting!

Solusi Penyimpanan Praktis

Terdapat dua jenis bentuk layanan Domain Hosting murah, salah satunya Web Hosting. Web Hosting memberikan manfaat besar pada Anda yakni sebagai solusi penyimpanan paling praktis. Melalui Web Hosting, data penunjang media yang berhubungan dengan website bisa dijadikan dalam satu tempat saja.

Sehingga membuat ruang penyimpanan lebih hemat. Dalam penggunaannya pun sangat mudah sebab bisa diakses dari mana saja dengan mewujudkan bantuan jaringan dan koneksi internet. Web Hosting sendiri terdapat dua jenis, yakni versi gratis dan berbayar.

Dari dua jenis web hosting dibedakan melalui spesifikasi, fitur, dan pelayanan tentunya. Salah satu perbedaannya adalah dalam penamaan domain dimana versi berbayar bisa membuat domain atas keinginan Anda sendiri.

Kostumisasi yang Mudah

Keuntungan menggunakan hosting kedua adalah pembukaan kenyamanan pada setiap penggunanya. Sebab mempunyai kostumisasi mudah untuk dikelola, melalui control panel bisa disesuaikan menurut website penggunanya.

Control Panel tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur dan menambah sejumlah fitur, misalnya membuat akun email sesuai nama domain, memeriksa statistik pengunjung, mengupload file, dan gambar.

Hemat Waktu dan Tenaga

Layanan penyewaan hosting memungkinkan Anda tidak perlu laga menghabiskan banyak waktu untuk terus mengelola server. Hal ini sebab adanya orang atau tim berpengalaman di penyedia jasa layanan hosting telah Anda pilih melakukan hal tersebut.

Baca Juga »  Web Hosting Indonesia, Kenali Fungsi, Tips Memilih, dan Cirinya

Layanan ini juga dapat membantu memfasilitasi Anda untuk memasarkan produk melalui website sebagai media online. Maka para pembeli bisa membeli barang yang diinginkan dimana saja dan tanpa harus langsung mengunjungi tempat Anda.

Efisiensi Anggaran

Layanan hosting akan membuat budget Anda keluarkan lebih hemat dan efisien. Sesuai dengan cara kerja hosting telah disebutkan sebelumnya, Anda kini tidak perlu membeli banyak media penyimpanan.

Bahkan, Anda bisa menghemat anggaran transportasi guna mencari dan menjual suatu barang dan mengurangi penggunaan kertas. Terlebih lagi, layanan hosting murah sekarang sangat mudah Anda dapatkan, tinggal sesuaikan saja menurut kebutuhan dan anggaran Anda miliki.

Pelestarian Alam

Selanjutnya untuk keuntungan Google Hosting Domain adalah pelestarian alam. Artinya dari keuntungan menggunakan teknologi hosting yakni membuat semua penggunanya bisa berpartisipasi dalam mengikuti program pelestarian alam.

Melalui penggunaan layanan ini, maka Anda bisa menghemat penggunaan kertas atau alat lainnya yang umumnya digunakan guna menyebarkan informasi ke banyak orang. Sebagai gantinya, Anda sekarang bisa menyebarkan informasi melalui perangkat elektronik yang jauh lebih mudah, ramah lingkungan, serta cepat.

Anda dengan mengetahui Google Hosting Domain, kini tidak perlu lagi guna menerapkannya di perusahaan maupun individu. So, sekarang giliran mencari layanan hosting terbaik dan berkualitas yang akan meningkatkan kinerja website Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.