cara mengaktifkan cod di shopee

Yuk, Ketahui Cara Mengaktifkan COD Di Shopee di Bawah Ini!

Kebanyakan owner olshop terutama yang baru bergabung pasti masih bingung dan belum tahu benar cara mengaktifkan COD di Shopee. Padahal dengan tersedianya fitur pembayaran COD bisa lebih memudahkan pelanggan agar tetap dapat melakukan transaksi online. Akan tetapi sebelum mengaktifkan COD shopee, penjual juga harus tau dulu apa maksud dan kegunaan dari fitur tersebut.

Apakah Maksud Dari Fitur COD Shopee?

Bayar di tempat (COD) adalah salah satu cara pembayaran yang tersedia di seluruh marketplace agar pelanggan bisa membayar pesanan lewat kurir saat barang telah diterima. Fitur pembayaran COD atau bayar di tempat pada Shopee dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi dua orang sekaligus, yakni penjual dengan pembeli.

Dengan adanya fitur COD maka bisa lebih memudahkan pembeli untuk tetap bisa berbelanja online terutama bagi orang yang tidak mempunyai rekening bank. Metode COD Shopee juga memudahkan sejumlah pembeli yang di daerah nya tidak tersedia minimarket sebagai tempat pembayaran.

Baca Juga »  Peluang Bisnis Kue Basah dan Kiat untuk Memulai Usahanya

Metode pembayaran COD juga dirasa efektif dan lebih menjamin keamanan dari setiap pelanggan, sebab ada beberapa orang yang barangnya tidak dikirim saat berbelanja online. Ketakutan tersebut seringkali muncul saat mendengar banyaknya kasus penipuan dan barang hilang yang sering terjadi di platform belanja daring.

Banyaknya pembeli yang lebih suka memakai pembayaran COD memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan jumlah pelanggan di toko penjual. Dengan begitu omset penjualan bisa semakin meningkat drastis dan pelanggan punya kesempatan besar untuk jadi star seller Shopee.

Begini Cara Mengaktifkan Fitur COD Shopee

Setelah mengetahui keuntungan dari metode pembayaran COD, penjual juga harus tau cara mengaktifkan fitur tersebut. Ada 2 cara untuk mengaktifkan metode pembayaran tersebut, yakni lewat seller centre via aplikasi. Berikut ini cara yang pada umumnya dilakukan untuk langsung mengaktifkan layanan CODnya:

1. Login Shopee

Cara mengaktifkan via aplikasi, pertama masuk ke Shopee terlebih dulu, kemudian pilih opsi Saya di sebelah kanan. Selanjutnya muncul sejumlah informasi berkaitan dengan akun, pilihlah opsi Toko Saya yang ada di kiri atas.

Baca Juga »  Ingin Tahu Bagaimana Peluang Usaha Pengolahan Ikan Asin Ikuti Analis Dibawah ini

2. Menu Toko Saya

Setelah masuk ke Toko Saya, kemudian scroll kebawah sampai menemukan opsi jasa kirim saya dan pilih. Periksa dahulu apakah alamat toko yang tersedia sudah sesuai, kemudian lanjut masuk ke menu reguler.

3. Menu Reguler

Pada menu reguler terdapat beberapa opsi, pilih aktifkan COD, geser ke kanan sampai tombol berwarna hijau. Scroll kebawah sampai menemukan menu hemat, lalu aktifkan metode pembayaran COD dengan cara yang sama.

4. Masuk Ke Setting Pengiriman

Cara mengaktifkan COD di Shopee via Seller Centre dengan masuk ke setting pengiriman di halaman utama. Kemudian akan menemukan Jasa Kirim, pilihlah metode pengiriman yang ingin digunakan, saat pop up muncul klik konfirmasi.

5. Geser Tombol Panah

Kemudian akan ada tombol panah mengarah ke bawah, klik perintah tersebut lalu geser ke kanan untuk mengaktifkan. Nah jika langkah aktifkan COD via Seller Centre sudah diselesaikan pengguna bisa langsung kembali ke halaman awal.

Baca Juga »  Begini Prosedur Izin Usaha Berdasarkan Cara Pengurusannya

Untuk cara menonaktifkan fitur yang mudah dan tidak jauh berbeda dari langkah mengaktifkan metode COD. Pertama, masuk terlebih dulu lewat seller centre dan menuju ke pengaturan setting toko lalu pilih opsi “jasa kirim saya”. Kemudian menuju menu ekspedisi yang sebelumnya sudah di aktifkan fitur CODnya lalu klik nonaktifkan fitur tersebut.

Nah, demikian sejumlah langkah yang digunakan untuk mengaktifkan fitur COD pada aplikasi belanja Shopee, penjual pemula jadi bisa mengetahui banyak informasi terkait pembayaran di tempat. Cara mengaktifkan COD di Shopee tentunya bisa mempermudah dan lebih memperjelas pengguna yang akan mengaktifkan fitur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.