Windows 8 Lemot Begini Cara Mengatasinya

Windows 8 Lemot Begini Cara Mengatasinya

Banyak pengguna Windows 8 mengeluh mengenai kinerja perangkat yang lambat. Padahal perangkat telah dilengkapi dengan RAM yang memadai dan memiliki komponen PC yang tangguh. Windows 8 Lemot? Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah kinerja tersebut:

1. Optimalkan Hard-Drive pada Windows 8

Salah satu cara paling berguna untuk membuat Windows 8 berjalan lebih baik adalah dengan mengoptimalkan hard drive-nya. Hard drive yang dikelola dengan baik dapat memastikan peningkatan kinerja sistem. Pengguna dapat memperbaikinya di Pengaturan dan cari Defragmentasi.

Setelah itu, optimalkan perangkat. Selang berapa lama akan muncul jendela bernama Optimalkan Drive untuk melihat keseluruhan drive. Pilih Status Saat Ini untuk melihat, lalu klik Analisis. Klik tombol Optimalkan untuk memulai defragmentasi jika menemukan drive terfragmentasi.

2. Kosongkan Disk-Space

Sampah akan menumpuk pada sistem operasi Windows 8 dari waktu ke waktu. Sampah ini berupa program yang berbeda yang membuat file dan folder sementara. Untuk operasi lebih lanjut, pengguna dapat mengosongkan disk dengan menghapus file yang tidak perlu. Pada File Manager, pilih opsi drive C lalu klik kanan. Kemudian pilih Bersihkan Disk pada Properti.

Baca Juga »  Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

Proses akan memerlukan waktu tergantung pada jumlah file sampah pada perangkat. Setelah pemindaian selesai, pilih setiap opsi kecuali “Unduhan” dan klik OK untuk menghapusnya. Setelah ini, unduh dan instal CCleaner dan jalankan sekali. Hal ini akan menemukan sampah dari area lain pada perangkat sekaligus menghapusnya dalam beberapa klik.

3. Atur Ulang Pengaturan Start-Up

Salah satu penyebab Windows 8 lemot adalah terlalu banyak program yang berjalan di Start-Up. Saat Windows aktif, ada banyak program dibuat untuk berjalan otomatis. Pada situasi ini, pengguna disarankan untuk menonaktifkan program Startup supaya kinerja Windows 8 bisa meningkat.

Pengaturan Startup dapat diaktifkan melalui Task Manager pada Taskbar. Pada Pengaturan Startup, pilih program yang tidak diinginkan. Setelah itu, klik opsi Disable untuk menghilangkan dan menghapus program yang sedang berjalan dari Start-Up.

4. Hapus Program yang Jarang Digunakan

Banyak program terinstal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan jarang dipakai. Penyimpanan program yang jarang dipakai ini membuat kinerja Windows 8 lemot. Maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan ruang disk dan menghapus program yang jarang dipakai tersebut.

Baca Juga »  Cek Cara Instal Windows 7 Lewat Flashdisk Anti Ribet

Lihat daftar program yang diinstal dan hapus instalasi program yang tidak digunakan dari perangkat melalui Control Panel.  Hal ini dapat membantu mempercepat kinerja Windows 8 karena program tersebut dapat menghemat ruang hard drive. Selain itu, proses ini juga dapat  meningkatkan keamanan sistem.

5. Scan Malware dan Adware

Kemungkinan lain kinerja perangkat Windows 8 lambat karena perangkat lunak berbahaya yang menghambat dan melakukan running secara tersembunyi. Hal ini karena malware dari software ketika melakukan pencarian di web. Bisa jadi juga disebabkan melalui pelacakan atau iklan. Supaya aman, dapat dilakukan pemindaian perangkat menggunakan antivirus.

Salah satunya adalah aplikasi Malwarebytes yang dapat mendeteksi dan menangkap program tidak diinginkan (PUP). Pendeteksi ini seringkali diabaikan oleh sebagian besar antivirus. Program yang tidak diinginkan ini seringkali mencoba menyelinap ke perangkat saat menginstal perangkat lunak lain.

Baca Juga »  5 Penyebab Booting Lama Windows 10 dan Solusi Lengkapnya

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi penyebab Windows 8 lemot. Ada beberapa kemungkinan penyebab komputer berkinerja lambat. Penyebab utamanya biasanya drive sistem yang penuh dengan file yang tidak diinginkan. Semoga penjelasan ini dapat membantu untuk mengoptimalkan kinerja Windows 8 yang dimiliki pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.