Web Hosting Indonesia, Kenali Fungsi, Tips Memilih, dan Cirinya (pexels.com)
Web Hosting Indonesia, Kenali Fungsi, Tips Memilih, dan Cirinya (pexels.com)

Web Hosting Indonesia, Kenali Fungsi, Tips Memilih, dan Cirinya

Web hosting Indonesia sangat beragam. Web hosting itu sendiri merupakan layanan yang berfungsi untuk menyimpan file maupun data suatu website. Dengan demikian, situs tersebut bisa online di internet. Siapapun bisa dengan mudah mengaksesnya.

Fungsi Web Hosting Indonesia

Ibarat rumah bagi suatu website, web hosting memiliki beragam fungsi yang penting untuk diketahui. Pastikan Anda memahami fungsinya sebelum menggunakan web hosting agar bisa memanfaatkan secara optimal. Lantas apa saja fungsinya? Berikut beberapa fungsi web hosting.

Link Website

Salah satu fungsi web hosting yaitu link website atau juga dikenal dengan alamat akses. Mengingat fungsi web hosting yang sangat penting sebagai link website, maka Anda harus memasukkan website ke web hosting. Akan terasa percuma apabila website yang telah Anda daftarkan ke dalam DNS namun tak masuk ke web hosting.

Pasalnya, situs Anda tersebut tidak akan terlihat online di internet. Dalam artian, website Anda tidak bisa diakses oleh siapapun. Tak sedikit pula website memberi notifikasi error saat ada yang mengaksesnya. Dari sini bisa diketahui bahwa web hosting memang memiliki peran penting.

Memudahkan Kostumisasi

Selain sebagai alamat akses, web hosting Indonesia juga berperan penting dalam memudahkan kostumisasi. Hal ini berkaitan dengan cPanel. Apa itu cPanel? cPanel ini berperan penting dalam mengatur fitur yang akan dimasukkan ke dalam website. Tak terkecuali pula dalam penambahan fitur. Berkat fungsi web posting yang satu ini, tentu bisa memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Membantu Kelola Server

Web hosting juga berfungsi dalam mengelola server. Hal ini jelas saja membuat Anda lebih hemat waktu dan tenaga. Anda tak perlu repot-repot melakukannya sendiri. Di sisi lain, Anda juga bisa hemat anggaran sebab tak perlu mengeluarkan budget tinggi untuk melakukannya.

Baca Juga »  Biaya Hosting Wordpress yang Terjangkau, Maksimalkan Fungsi Website

Wadah Penyimpanan Data

Fungsi web hosting yang tak kalah penting untuk Anda ketahui lainnya yaitu berperan penting sebagai wadah penyimpanan data. Data tersebut pun bisa diakses oleh siapa saja asalkan terhubung ke jaringan internet yang stabil. Menariknya lagi, pemilik website bisa memasukkan beragam informasi sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tips Memilih Web Hosting

Web hosting Indonesia yang tepat bisa memberikan beragam fungsi di atas. Supaya Anda tidak merasa kecewa atau merugi nantinya, pastikan Anda tepat dalam memilih web hosting. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimak beberapa tips di bawah ini. Tips ini akan membantu Anda dalam menemukan web hosting terbaik dan terpercaya.

Cek Rekomendasi

Salah satu tips yang penting Anda perhatikan yaitu rekomendasi orang terdekat. Anda bisa cek rekomendasi yang orang lain sampaikan. Bahkan Anda jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari orang yang pernah menggunakan web hosting. Dengan begitu, risiko Anda merasa rugi saat menggunakan web hosting bisa lebih kecil.

Cek Uptime

Uptime sangat penting diperhatikan dalam memilih web hosting. Jangan sampai Anda kehilangan banyak pengunjung karena kesalahan dalam memilih uptime. Lebih baik Anda memilih web hosting yang memiliki uptime mumpuni, setidaknya 99%.

Perlu Anda ketahui, web hosting Indonesia yang memiliki uptime tak sampai 50%, memicu pengunjung untuk meninggalkan website. Pendapatan Anda pun bisa berkurang drastis. Bisnis yang Anda tekuni pasti akan mengalami penurunan omset.

Support 24 Jam

Selain rekomendasi dari orang lain, Anda perlu memperhatikan support system. Tentu akan terasa menguntungkan apabila Anda memilih web hosting yang menawarkan support selama 24 jam nonstop. Hal ini memungkinkan Anda bisa mendapatkan bantuan kapan dan dari mana saja.

Baca Juga »  Apa yang Dapat Mempengaruhi Hosting dalam Kinerja dan Kemampuannya

Sebagaimana yang kita tahu bahwa kesalahan sistem bisa terjadi kapan saja dan tak bisa diprediksi sebelumnya. Saat hal tersebut Anda alami, maka bisa langsung ditangani saat pertama kali meminta bantuan. Website yang Anda miliki pun bisa kembali online secara lancar.

Pilih Lokasi Server Sesuai

Lokasi server berkaitan erat dengan target pengunjung. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah Anda akan menarget lokal ataupun mancanegara dan sesuaikan lokasinya. Misalnya saja Anda memilih target pengunjung lokal. Tentu saja Anda bisa memilih server dengan lokasi di Indonesia.

Pertimbangkan Harga

Tips yang satu ini juga penting Anda pahami dalam memilih web hosting Indonesia. Tak mengherankan harga menjadi salah satu pertimbangan dalam menggunakan web hosting. Dalam hal ini, akan terasa untung apabila menggunakan web hosting dengan harga terjangkau. Meski harganya ekonomis, namun pastikan kualitas yang diberikan terbukti baik.

Fleksibilitas

Hal lainnya yang bisa dipertimbangkan dalam memilih web hosting yaitu fleksibilitas. Agar merasa untung, maka Anda bisa memilih web hosting yang memiliki fleksibilitas tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan.

Fleksibilitas tinggi akan memudahkan pemilik website dalam melakukan pembaruan sumber daya kapanpun menginginkannya. Pembaruan ini bisa mencangkup penambahan RAM, memori, prosesor, akun email, dan masih banyak lagi.

Ciri Web Hosting Berkualitas

Setelah memahami apa saja tips memilih web hosting terbaik dan terpercaya, Anda tentu sudah tahu betul dan tak akan terkecoh saat menggunakan nantinya. Walau begitu, kami juga akan berbagi informasi seputar ciri web hosting berkualitas. Anda pun akan lebih mudah dalam menemukan web hosting Indonesia sesuai keinginan dan kebutuhan. Langsung saja, berikut beberapa cirinya.

Baca Juga »  Tips Memilih Hosting Tepat Dengan Harga Bersahabat

Memiliki Kapasitas yang Memadai

Salah satu ciri web hosting Indonesia yang berkualitas yaitu memiliki kapasitas memadai. Hal ini memungkinkan pemilik website untuk mendesainnya semenarik mungkin. Tak hanya itu, pemilik website juga bisa leluasa dalam menyimpan data.

Kelengkapan Fitur

Web hosting Indonesia yang berkualitas jelas memiliki fitur lengkap. Sebut saja FTP, SSH, subdomain, PHP, Perl, CGI, statistik, logs, email, dan frontPage extensions. Dengan demikian, pemilik website bisa menciptakan situs yang sesuai kebutuhan. Bahkan untuk keperluan bisnis sekalipun.

Memberi Jaminan

Ciri web hosting Indonesia yang berkualitas lainnya yaitu bisa memberi jaminan. Adapun jaminan yang dimaksud yaitu kemungkinan untuk kita bisa mengakses website kapan dan di mana saja. Lebih dari itu, akan sangat bermanfaat apabila juga ada jaminan untuk bisa mengakses website dalam kondisi apapun.

Backup Data

Kualitas web hosting bisa dilihat dari layanannya, salah satunya backup data. Dengan memilih web hosting yang memiliki layanan backup data, maka Anda tak perlu khawatir data penting akan hilang begitu saja saat sistem error. Walau demikian, pastikan Anda juga menyalin data ke dalam hardisk. Hal ini dilakukan hanya untuk berjaga-jaga.

Menyediakan cPanel

Web hosting Indonesia yang berkualitas tentu saja memiliki cPanel. Sebagaimana yang kita singgung di atas bahwa cPanel memiliki fungsi penting dalam membangun website. Tanpa cPanel, maka website tak akan kaya akan fitur. Tampilan website pun tidak akan sesuai seperti yang diharapkan.

Dalam membangun website, Anda memang harus memperhatikan web hosting Indonesia yang akan digunakan. Pastikan Anda menggunakan web hosting berkualitas dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga menguntungkan pemilik website.

Leave a Reply

Your email address will not be published.