Wajib Anda Lakukan Ternyata ini dia 6 Cara Mengatasi Memori Hp Penuh (pixabay.com)
Wajib Anda Lakukan Ternyata ini dia 6 Cara Mengatasi Memori Hp Penuh (pixabay.com)

Wajib Anda Lakukan! Ternyata Ini 6 Cara Mengatasi Memori Hp Penuh

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa banyak pengguna yang sering mengalami memori penuh. Sehingga tidak heran jika banyak orang, sedang sibuk membahas cara mengatasi memori hp penuh. Hal ini mungkin sering kamu abaikan, sehingga memorinya mudah penuh. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal pentingnya.

Kamu bahkan sangat sayang jika mengabaikan informasi seperti ini, sebab caranya begitu mudah dilakukan. Sedangkan memori yang penuh biasa disebabkan oleh 2 faktor, yaitu penyimpanan internal dan eksternal memang sudah full penuh.

Beberapa Cara Mengatasi Memori Hp Penuh dengan Mudah Anda Lakukan

Hal ini memang sudah umum terjadi, biasanya disebabkan oleh sampah yang tidak penting. Namun meskipun begitu, ada banyak faktor yang sebenarnya mempengaruhi masalah ini. Sedangkan untuk mengatasi hal ini, berikutnya kamu dapat menggunakan beberapa cara di bawah.

1. Silahkan Hapus atau Pindahkan File

Tentu setiap pengguna akan menyimpan banyak file, baik dari segi foto atau video. Namun yang lebih berpengaruh adalah, file video karena ukurannya memang lebih besar. Oleh karena itu ketika kamu mempunyai banyak file video, ada baiknya untuk memindahkan atau menghapusnya saja. Hal ini supaya kapasitas penyimpanan hp tidak mudah penuh, dan ini menjadi salah satu cara untuk memperluas kapasitas memori.

Baca Juga »  Cara Memindahkan Kontak Ke Akun Google Untuk Pencadangan Pada Perangkat Android dan IOS

2. Dengan Membersihkan Cache di Aplikasi

Cara ini sangat penting untuk kamu lakukan, karena dapat membantu memperluas memori hp. Selain itu setiap aplikasi pasti akan menyisakan cache, meskipun ukurannya tidak sebesar file foto atau video. Namun file cache juga sangat berpengaruh ke kapasitas memori, dan jika sudah menumpuk banyak maka dapat memakan ruang penyimpanan lebih banyak.

3. Gunakan Bantuan Aplikasi Cleaner

Untuk kamu yang malas menghapus file atau cache setiap aplikasi maka dapat menggunakan bantuan dari cleaner. Salah satu aplikasi untuk membantu kamu dalam memperluas kapasitas memori, dan menghapus sampah serta file tidak penting. Kamu dapat menginstal aplikasi ini di Google Play Store, dan pilih yang efektif dalam membersihkan sampah di hp.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Kamera HP yang Perlu Dicoba, Tak Perlu Ribet

4. Silahkan Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Untuk kamu yang tidak ingin memori cepat penuh, maka dapat menghapus aplikasi tidak penting. Karena aplikasi sendiri memang memakan kapasitas sangat besar, dan kamu dapat menghapusnya jika memang dirasa tidak perlu. Hal ini memang terlihat sederhana, namun dapat menjadi solusi ketika akan mengurangi penyimpanan penuh di hp.

5. Dengan Menghapus Foto atau Video

Karena di jaman sekarang kamera hp sangat bagus, tentu banyak pengguna yang mengabadikan foto atau video mereka. Hal ini biasanya menjadi salah satu penyebab memori hp penuh, karena file ini memang cukup memakan kapasitas memori.

Karena pada dasarnya semakin besar resolusi kamera, maka semakin besar pula file yang dihasilkan. Sedangkan untuk kamu yang sering bermain Tiktok atau Instagram Stories, sudah pasti kapasitas memori akan cepat penuh. Sehingga untuk mengatasi memori penuh, kamu dapat menghapus foto atau video yang tidak diperlukan.

Baca Juga »  Cara Mudah Dapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah

6. Matikan Fitur Auto Download di Whatsapp

Aplikasi WA sendiri pasti mempunyai fitur auto download, dan hal ini menjadi salah satu penyebab kapasitas memori mudah penuh. Sehingga untuk kamu yang akan mengatasi masalah memori penuh, maka dapat menonaktifkan fitur auto download tersebut. Mungkin hal ini akan membuat kamu repot karena harus download satu-satu, tapi ini menjadi salah satu solusi ketika penyimpanan di hp sudah penuh.

Rata-rata orang pasti akan penasaran dengan bagaimana cara mengatasi memori hp penuh? dan artikel ini sudah menuliskan beberapa solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.