Tips Usaha Minimarket Modal 19 Juta yang Wajib Diketahui!

Tips Usaha Minimarket Modal 19 Juta yang Wajib Diketahui!

Zaman semakin praktis, banyak orang yang mencari kebutuhan secara cepat dalam jumlah sedikit berkunjung ke minimarket. Belakangan, ramai perbincangan mengenai usaha minimarket modal 19 juta karena tingginya minat konsumen akan minimarket. Apalagi jika dibuka pada daerah yang minimarketnya masih sedikit. Tertarik mengeksekusi peluang ini? Berikut tips yang perlu diketahui:

1. Memilih Jenis Usaha

Tentukan apakah bisnis minimarket yang akan dijalankan menggunakan sistem usaha mandiri atau waralaba. Mandiri artinya menjadi hak sendiri, karena membangun dari awal dan bebas dari segi brand, pemasaran, dan lainnya tanpa biaya royalti. Usaha mandiri dengan modal 19 juta sebenarnya sudah dapat disesuaikan, namun tergantung produk serta lokasi usahanya.

Opsi kedua adalah waralaba (franchise) dimana pelaku usaha mendapatkan berbagai kemudahan. Mulai konsep, brand, marketing, dan lain-lain sudah lebih familiar bagi konsumen. Namun, tentunya akan ada biaya yang dikenakan dari keuntungannya.

2. Menyiapkan Perizinan Serta Asuransi

Usaha minimarket modal 19 juta tidak cukup dengan menyediakan modal serta lokasi yang strategis, namun poin penting berikutnya adalah menyiapkan asuransi dan perizinannya. Pastikan bahwa usaha ini dilangsungkan sesuai peraturan dengan mengurusnya ke dinas perdagangan.

Baca Juga »  Peluang Bisnis Kue Basah dan Kiat untuk Memulai Usahanya

Biasanya pihak dinas akan melakukan inspeksi dan memastikan standarnya. Beberapa yang wajib ada yakni surat keterangan mengenai domisili waralaba serta izin gangguan. Tidak lupa produk yang memerlukan izin tersendiri misalnya alkohol. Informasi selengkapnya dapat langsung menghubungi dinas.

3. Mencari Supplier

Mulailah menyediakan beragam produk untuk mengisi toko. Produk yang paling banyak dicari biasanya berkisar pada kebutuhan sehari-hari seperti makanan, rumah tangga, minuman, hingga rokok. Carilah supplier yang harganya murah namun tetap berkualitas sehingga diminati konsumen.

Bila memungkinkan, disarankan memilih supplier tunggal yang mewajibkan membeli barang berjumlah banyak sekaligus. Apabila belum memerlukan barang berjumlah banyak biasanya ada penyedia barang lainnya, namun dengan harga lebih mahal. Pastikan barangnya cukup lengkap, sehingga perputaran bisnisnya lebih lancar.

Baca Juga »  Peluang Usaha Export ke Jepang yang Menjanjikan Bagi UMKM

4. Menyiapkan Tempat Serta Perlengkapan

Langkah berikutnya untuk mempersiapkan usaha minimarket modal 19 juta adalah persiapan tempat dan kelengkapan yang dibutuhkan toko. Apabila masih bingung, bisa mencari referensi gambar minimarket yang sederhana namun isinya beragam dan ditata dengan menarik. Toko yang perlengkapannya memadai dapat membantu operasional bisnis.

Terkait lokasi, sebaiknya usaha ini berada di kawasan strategis yang terdapat banyak orang. Misalnya dekat dari kos-kosan, perumahan, dekat jalan raya, dan sebagainya. Perhatikan penerangannya agar memadai dan menggunakan cat tembok dominan putih agar memberi kesan terang. Pendingin ruangan, lahan parkir, serta kamera CCTV juga peru disiapkan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berbelanja.

5. Melakukan Marketing yang Efektif

Bagian yang tidak dapat dilupakan tentu kegiatan promosi. Lakukan promosi jauh sebelum minimarket tersebut mulai beroperasi. Di zaman maju seperti sekarang, pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial, apps minimarket dengan basis marketplace, dan lainnya untuk menjaring konsumen.

Baca Juga »  Melirik Potensi Usaha Baby Shop di Rumah yang Kian Asyik

Agar bisnis dapat bertahan lama, disarankan mengadakan cuci gudang terutama ketika menjelang akhir tahun. Keluarkan beberapa stok yang agak tertinggal zaman dan mendekati kadaluarsa dan dijual dengan harga murah. Ini dapat menarik lebih banyak pengunjung baru.

Sesuaikan juga stoknya dengan masyarakat yang umum mendatangi minimarket. Misalnya jika di area perkantoran, makanan serta minuman instan cukup disukai. Sedangkan jika ada di area perumahan, perbanyak persediaan camilan anak dan kebutuhan rumah tangga.

Demikian tips untuk memulai usaha minimarket modal 19 juta. Bidang usaha ini didukung dengan pola beli masyarakat yang suka berbelanja dalam jumlah kecil. Terlebih, minimarket yang ukurannya kecil membuat pembelinya tidak habis waktu karena terlalu banyak pilihan. Jika dikelola dengan serius, ini dapat menjadi usaha dengan hasil menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.