Tips Membeli Laptop Bekas, Jangan Asal Pilih! (unsplash.com)
Tips Membeli Laptop Bekas, Jangan Asal Pilih! (unsplash.com)

Tips Membeli Laptop Bekas, Jangan Asal Pilih!

Sebaiknya Anda memperhatikan tips membeli laptop bekas, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Pengecekan secara mendetail tersebut bukan tidak lain karena untuk memastikan kondisi laptop agar Anda tidak tertipu. Sebenarnya tidak perlu ragu ketika Anda ingin membeli laptop bekas. Asalkan Anda sudah tahu bagaimana cara menentukan jenis laptop bekas yang masih bagus dengan benar.

Sekarang ini juga sudah banyak konter yang menjual laptop bekas dengan kualitas yang masih bagus. Sangat cocok untuk Anda yang sedang membutuhkan laptop bekas. Namun ada baiknya memang Anda tidak sembarangan dalam memilih laptop bekas. Pastikan laptop tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Tips Membeli Laptop Bekas agar Kualitasnya Tetap Terjamin

Anda harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas. Ada baiknya Anda juga asal membeli laptop bekas. Jangan membeli laptop bekas melalui media online kecuali Anda membuktikan sendiri kualitasnya. Jangan sampai justru Anda tertipu nantinya.

Baca Juga »  Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik!

Ketika Anda membeli laptop bekas yang harus Anda perhatikan adalah software dari laptop tersebut. Pastikan kondisinya masih baik. Selain itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika ingin membeli laptop bekas agar Anda tidak salah dalam memilih.

Pastikan Kebutuhanmu

Tips membeli laptop bekas yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan memastikan kebutuhan Anda terlebih dahulu, meskipun ada banyak laptop bekas murah di pasaran. Namun jika tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk apa membelinya? Makanya Anda harus memastikan terlebih dahulu kebutuhan laptop yang diinginkan.

Anda sebaiknya juga mencari tahu terlebih dulu spesifikasinya seperti prosesor dan RAM yang Anda butuhkan. Jika hanya untuk mengetik tidak perlu membeli laptop dengan RAM tinggi. Sehingga jika ada laptop yang memiliki prosesor dan RAM sesuai dengan kebutuhan tidak ada salahnya jika Anda langsung membelinya.

Baca Juga »  5 Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Cek Kondisi Bodi Laptop

Selanjutnya sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop bekas tersebut ada baiknya Anda tetap cek kondisi bodi laptop tersebut. Pastikan body laptop masih dalam kondisi yang baik tidak ada retakan dan masih mulus. Karena dari sini Anda bisa tahu pengguna sebelumnya memang merawat laptop tersebut.

Namun jika pada body laptop terdapat retakan, bisa jadi jika laptop tersebut sudah pernah terjatuh. Sehingga memungkinkan komponen lainnya juga mengalami kerusakan. Untuk itu, ada baiknya jangan memilih laptop dengan bodi yang sudah tidak baik untuk menghindari kerusakan komponen laptop tersebut.

Cek Kondisi Layar LCD

Tips membeli laptop bekas Anda juga harus cek kondisi layar LCD. Karena meskipun kondisi bodinya baik belum tentu layar LCDnya juga baik. Untuk itu, ada baiknya jika Anda tetap cek kondisi layar LCD-nya. Anda bisa mencoba menyalakan laptop untuk mengecek kondisi layar LCD tersebut.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error untuk Pengguna

Caranya cukup mudah untuk mengecek kondisi LCD ini Anda hanya perlu mengubah wallpaper laptop menjadi hitam kemudian lihat apakah ada warna selain hitam pada LCD. Jika ada maka sudah dipastikan ada masalah pada layar LCD tersebut. Intinya pastikan LCD laptop masih berfungsi dengan baik.

Cek Kondisi Baterai

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda lakukan ketika sedang memilih laptop bekas adalah dengan mengecek kondisi baterainya. Pastikan kondisi baterai laptop tersebut masih sangat baik untuk digunakan, Anda juga bisa mengecek kondisi charger-nya.

Tips membeli laptop bekas satu ini sangat dibutuhkan karena baterai dan charger tentunya akan sangat dibutuhkan laptop untuk memperlancar kinerjanya. Tanpa baterai dan charger tentu laptop tidak bisa dinyalakan. Untuk itu, sebaiknya periksa hal ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.