Tips Jual NFT di OpenSea Agar Mendapatkan Banyak Keuntungan!

Komen 01

NFT atau Non Fungible Token merupakan suatu produk investasi yang masih merupakan dalam keluarga kripto. Untuk menjual produk NFT ke OpenSea ternyata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Banyak hal yang perlu Anda perhatikan supaya transaksi Anda tidak melanggar undang-undang yang telah ditetapkan.

NFT kini hadir sebagai tempat untuk para seniman yang ingin menjual aset digital yang mereka miliki dalam bentuk NFT. Penjualan NTF sudah termasuk cukup tinggi. Bahkan pada tahun 2021 penjualannya sudah mencapai  25 miliar USD atau setara dengan Rp 357 triliun.

Untuk merekam berbagai macam transaksi yang ada didalamnya, NFT hadir dengan menggunakan teknologi blockchain.

Mengenal Lebih Jauh Marketplace OpenSea

Platform OpenSea merupakan salah satu platform marketplace yang sudah berdiri sejak tahun 2017 di New York, Amerika Serikat. Terdapat berbagai macam marketplace NFT lainnya yang dapat Anda pakai sesuai dengan kebutuhan aset digital.

Kini Indonesia sudah punya beberapa marketplace NFT lokal. Diantaranya seperti Enevti, Baliola, TokoMall, Paras.id, serta Kolektibel. Dengan menggunakan marketplace tersebut, Anda dapat menjadikan aset digital sebagai aset NFT yang dapat dijual.

Pada dasarnya, marketplace NFT mempunyai skema penjualan seperti halnya lelang, termasuk NFT.

Tidak berbeda jauh dengan marketplace pada umumnya, marketplace NFT juga menjadi suatu tempat dimana pihak penjual dan juga pembeli aset NFT bisa bertemu dan melakukan transaksi antara satu dengan yang lainnya.

Perlu Anda ketahui, OpenSea termasuk salah satu marketplace NFT terbesar hingga saat ini. Bahkan, pengguna platform marketplace ini sudah lebih dari 300.000 pengguna.

Tak hanya itu saja, OpenSea juga mempunyai lebih dari 34 juta aset yang terdiri atas berbagai macam aset. Adapun aset tersebut bisa berupa seperti foto, video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Untuk menjual NTF di OpenSea, maka Anda harus sudah memiliki akun. Jika Anda sudah memiliki akun, maka untuk menjual NFT disini, Anda bisa mengikuti langkah seperti berikut in:

  • Pertama buka menu “My Collection” di bagian profil akun Anda
  • Setelah itu, pilih barang atau aset NFT yang hendak dijual
  • Selanjutnya klik “Sell”
  • Pilih skema penjualan yang ingin Anda pakai untuk menjual barang atau aset NFT tersebut pilihlah  “Fixed Price” jika Anda ingin langsung menjual, atau pilih “Time Auction” jika Anda ingin menggunakan skema lelang.
  • Masukan harga aset NFT dengan mata uang Ethereum
  • Klik  “Duration”untuk mengatur barang tersebut terlihat siap dijual.
  • Klik “Complete Listing”setelah selesai.
  • Selanjutnya OpenSea akan memastikan barang tersebut

Daftar OpenSea disini https://opensea.io/, Atau install aplikasi nya di Google Playstore, Klik Disini

Tips Menjual NFT di OpenSea Agar Sukses

Ketika Anda ingin menjual aset NFT di OpenSea, maka ada berbagai macam hal yang perlu Anda ketahui agar penjualan Anda bisa menjadi sukses dengan hasil yang memuaskan.

  1. Harus Original

Ketika Anda ingin menjual NFT. Aka pastikan dulu jika aset NFT tersebut original hasil dari Anda sendiri. Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan.

Ketika aset NFT yang Anda jual bukan hasil karya dari Anda sendiri, maka itu bisa melanggar hak cipta. Terlebih Anda menjualnya dengan tanpa izin.

  1. Punya Keunikan dan Ciri Khas

Ketika akan menjual NFT di OpenSea, maka Anda harus menjual sebuah karya, barang, atau aset yang punya ciri khas atau memiliki keunikan tersendiri. Jadi, pada dasarnya barang yang akan Anda jual sebaiknya memiliki unsur kelangkaan.

Aset NFT dengan unsur unik dan langka bisa menarik perhatian banyak orang. Selain itu, kemungkinan aset tersebut terbeli juga akan menjadi semakin banyak.

  1. Ikut Bergabung Dalam Komunitas

Untuk menjual NFT, Anda juga perlu bergabung pada sebuah komunitas. Hal ini juga bisa menentukan kesuksesan Anda dalam bisnis NFT.

Sebab, Anda bisa mendapatkan berbagai  macam info yang lengkap tentang bisnis NFT dari komunitas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan wawasan tentang bisnis NFT ini dengan baik.

  1. Personal Branding

Personal branding penting sekali untuk Anda ketahui, tak terkecuali bisnis NFT. Jika Anda bisa mempunyai personal branding yang baik, maka bisa dipastikan karya, barang, atau NFT Anda bisa menjadi laris terjual.

Personal branding yang baik juga bisa meningkatkan kepercayaan para pembeli aset NFT Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui lebih dalam tentang bagaimana cara menjual NFT di OpenSea yang tepat.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan personal branding yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

  1. Memahami Kebutuhan Pembeli

Tips sukses untuk menjual NFT di OpenSea selanjutnya yaitu dengan cara memahami pembeli. Harus Anda pahami, jika pembeli aset NFT pada umumnya terbagi menjadi dua tipe.

Untuk tipe yang pertama yaitu tipe orang yang membeli sebuah aset NFT karena dia memang merupakan seorang kolektor.

Sedangkan, untuk tipe kedua yaitu tipe yang membeli sebuah aset NFT untuk memperoleh keuntungan. Sebab, pembeli tersebut merupakan seorang investor.

Pada umumnya, para kolektor akan mencari barang atau NFT yang di dalamnya terdapat nilai-nilai seni. Aset atau produk NFT tersebut bisa seperti karya seni gambar dalam bentuk gambar, foto, lukisan dan lain sebagainya.

Para kolektor pembeli aset ini tujuannya memang untuk mengoleksi barang atau aset NFT ini untuk kepuasan pribadi. Bahkan, mereka juga tidak akan menjual kembali aset tersebut.

Sedangkan untuk para investor, orang-orang tersebut akan membeli sebuah aset NFT karena memang pembeli tersebut mengetahui adanya potensi untuk memperoleh berbagai keuntungan pada saat menjual kembali aset NFT yang telah mereka beli tersebut.

Tipe pembeli seperti ini biasanya akan melihat dalam skala jangka waktu yang panjang. Terutama tentang tingkat harga suatu barang atau aset NFT yang dia beli tersebut.

Dengan menjalankan tips ini, maka Anda bisa menjual aset NFT dengan sukses di marketplace OpenSea. Unduh aplikasinya dari Google Playstore, Klik Disini.