manfaat microsoft office excel

Ternyata Ini Beragam Manfaat Microsoft Office Excel, Sudah Tahu_

Manfaat Microsoft Office Excel ada banyak sekali. Microsoft Office Excel memang mempunyai banyak manfaat yang bisa membantu pekerjaan sehari-hari. Manfaat utama Microsoft Office Excel biasanya berhubungan dengan mengolah angka dan keuangan. Microsoft Office Excel mempunyai fungsi untuk menghitung olahan angka yang dimasukkan.

Aplikasi Microsoft Office Excel adalah pengolah data secara otomatis. Bisa berupa penggunaan rumus, perhitungan dasar, pembuatan grafik, pemakaian fungsi dan lain-lain. Berikut ini adalah manfaat lain dari Microsoft Office Excel:

1. Mempermudah Pekerjaan di Bidang Akuntansi

Manfaat Microsoft Office Excel yang pertama adalah bidang akuntansi. Microsoft Office Excel bisa digunakan untuk mengurusi akuntansi. Banyak yang memakai Microsoft Office Excel untuk melakukan pekerjaan akuntansi.

Misalnya seperti menghitung nilai laba/rugi sebuah perusahaan, menghitung gaji karyawan, mencari besarnya keuntungan pada satu periode. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah melakukan pekerjaan.

2. Mempercepat Perhitungan dengan Kalkulasi Matematis

Manfaat dari Microsoft Office Excel yang kedua adalah di bidang kalkulasi matematis. Microsoft Office Excel dapat melakukan pekerjaan untuk menghitung perhitungan dasar. Tentunya ini akan sangat memudahkan urusan dalam menghitung angka.

Baca Juga »  Macam-Macam Sistem Operasi Smartphone Selain Android

Perhitungan atau kalkulasi matematis yang bisa dilakukan oleh Microsoft Office Excel adalah mengolah angka dari hasil pengurangan, penjumlahan, pembagian dan perkalian. Bahkan Microsoft Office Excel bisa digunakan untuk memvariasikan kalkulasi matematis angka.

3. Mempermudah Pengelolaan Data

Manfaat dari Microsoft Office Excel yang ketiga adalah pengelolaan data. Microsoft Office Excel bisa digunakan untuk mengelola data yang diperlukan. Tentunya data ini adalah yang berupa angka dan grafik.

Penggunaan Microsoft Office Excel untuk mengelola data bisa berupa pengelolaan data base statistik, mencari rata-rata nilai, mencari nilai tengah, mencari nilai maksimum dan mencari nilai minimum serta lain sebagainya.

4. Lebih Cepat Membuat Grafik

Manfaat dari Microsoft Office Excel yang keempat adalah pembuatan grafik. Microsoft Office Excel memang terkenal dapat digunakan untuk membuat grafik. Hal ini tentunya akan sangat membantu pekerjaan.

Grafik yang dapat digunakan oleh Microsoft Office Excel adalah grafik perkembangan angka penduduk setahun, grafik kunjungan murid ke perpustakaan, grafik perkembangan jumlah murid di lembaga pendidikan, grafik kelulusan siswa serta lain sebagainya.

Baca Juga »  6 Software Edit Video Terbaik Gratis Untuk Pemula

5. Operasi Tabel Dapat Dilakukan dengan Singkat

Manfaat Microsoft Office Excel yang kelima adalah membuat operasi tabel. Microsoft Office Excel diketahui bisa melakukan operasi tabel. Dengan begini, maka para pengguna akan merasa dimudahkan untuk membuat tabel.

Mempunyai jumlah baris sebanyak 1.084.576 serta jumlah kolom sebanyak 16.384 membuat para pengguna bisa membuat tabel. Para pengguna pun tidak perlu khawatir jika melakukan pemasukan data yang memerlukan banyak jumlah baris dan kolom.

6. Bisa Melakukan Organisasi Data

Manfaat Microsoft Excel yang keenam adalah melakukan organisasi data. Microsoft Office Excel diketahui memang bisa membuat organisasi data. Dengan adanya fungsi ini maka diharapkan dapat membantu para penggunanya.

Salah satu kegunaan dari Microsoft Office Excel adalah kebiasaan untuk mengatur data secara teratur. Data tersebut berupa spreadsheet yang mempunyai grafik dan kelogisan yang cukup baik.

Baca Juga »  Microsoft Office Hilang Setelah Reset, Bagaimana_ Ini Cara Mengatasinya!

Adanya data yang terorganisir bisa meringankan analisa data dan mengolah hasil pekerjaan. Apalagi jika dipakai untuk pembuatan grafik serta presentasi data secara visual.

7. Adanya Rumus Formula Excel

Manfaat dari Microsoft Office Excel yang berikutnya adalah melakukan formula Excel. Microsoft Office Excel memang diketahui bisa melakukan pekerjaan formula Excel. Dengan adanya fungsi ini maka diharapkan dapat mempermudah pekerjaan para penggunanya.

Microsoft Office Excel bisa menghitung angka-angka yang banyak dalam sekejap. Menggunakan perhitungan dengan Microsoft Office Excel lebih mudah ketimbang menggunakan kalkulator.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai manfaat Microsoft Office Excel yang digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya fungsi-fungsi di atas tentunya menjadikan Excel sebuah program software yang berguna bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.