Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

Umumnya para pengguna laptop atau PC lebih suka menggunakan partisi SSD (Solid State Drive) demi menghindari berbagai kendala. Salah satunya adalah demi mengantisipasi kehilangan data pada saat melakukan instal ulang sistem Windows. Apalagi kini banyak cara partisipasi SSD Windows 10 yang mudah diakses di internet.

Partisi ini sendiri berarti melakukan pembagian pada sebuah objek dalam beberapa bagian dengan adanya tujuan tertentu. Penggunaan fitur SSD lebih dipilih banyak pengguna karena kecepatan yang jauh lebih tinggi saat melakukan pencarian ataupun penggunaan laptop. Biasanya Windows original yang dibeli pengguna dari pabrikan yang telah diinstal hanya terdapat satu partisi pada storage, sehingga perlunya dilakukan partisi.

Menekan Windows +R

Cara pertama untuk melakukan partisi adalah dengan menggunakan fitur Windows + R. Pengguna cukup mencari di Windows bagian pojok kiri bawah dalam komputer atau laptop. Begitu fitur run terbuka, silahkan klik atau ketik perintah ‘diskmgmt.msc’.

Fitur ini berarti seorang pengguna mengaktifkan disk management dalam melakukan pembagian partisi pada Windows 10. Menariknya aplikasi yang satu ini dapat menawarkan berbagai keperluan berbasis Wizard bagi seorang pengguna. Berikut urutan langkah penggunaannya:

Baca Juga »  Pengertian Kabel Jaringan, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

1. Klik Shrink Volume

Berikutnya sebagai cara partisi SSD Windows 10 adalah dengan mengklik pada bagian shrink volume. Lakukan klik kanan pada bagian partisi ini apabila pengguna ingin mengecilkan ataupun membesarkan ukurannya. Setelah itu, akan ada pertanyaan yang harus diisi pengguna mengenai besaran partisi yang akan digunakan dengan total partisi sebelum dibagi.

Dua pertanyaan sebelum pembuatan partisi harus dijawab pengguna. Dengan cara memasukkan jumlahnya masing-masing sebelum mengklik tombol shrink. Apabila proses tersebut sudah dijalankan maka aka nada tampak partisi yang sebelumnya baru dibuat.

2. Membuat Partisi Baru

Usai proses tersebut dijalankan, akan ada partisi yang sebelumnya baru dibuat dibaca sebagai unallocated. Letaknya juga tidak terlepas di disk management. Selanjutnya barulah pengguna harus membuat sebuah partisi baru dari unallocated.

Cara pengerjaannya pun sangat mudah. Karena hanya perlu mengklik fitur New simple volume, selanjutnya dengan klik Next sebelum memilih karakter apa yang akan digunakan pengguna pada partisi baru. Setelah itu, pilihlah file system guna memulai proses pembuatan dari partisi baru ini.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Laptop Tanpa Harus Membongkar, Khusus Pemula!

Melalui Menu Properties

Pilihan kedua sebagai cara partisi SSD Windows 10 adalah melalui menu properties atau pengaturan. Tapi catatan yang perlu diingat pengguna, bahawa menu atau fitur yang satu ini tidak bisa dijalankan semua orang. Dengan kata lain hanya dapat digunakan secara khusus.

Fitur properties ini dapat ditempuh apabila laptop atau PC pengguna menggunakan hardisk dan SSD. Maka dari itu, cara yang satu ini tidak bisa sembarangan digunakan sebelum mengetahui kondisi komputer. Berikut langkah cara penggunaan fitur properties bila hendak melakukan partisi SSD:

1. Klik Fitur Properties

Cara partisi SSD Windows 10 dengan fitur ini adalah dengan memilih properties lalu lihat partisi hardisk atau partisi SSD. Usai mengetahui laptop/PC yang digunakan telah terpasang SSD baru bisa membuat partisi. Tetapi jika tidak terdapat, maka proses ini tidak bisa dilanjutkan.

Setelah terbuka, biasanya akan terlihat kapasitas serta tipe SSD yang sedang digunakan dalam suatu komputer atau perangkat. Apabila ingin memulai proses partisi, pengguna hanya perlu mengklik kanan pada bagian partisi yang telah dipilih. Lalu klik di bagian shrink volume.

Baca Juga »  Pengertian Printer, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

2. Memulai Proses Partisi

Selanjutnya klik pada fitur enter the amount. Pilih pada bagian space to shrink in MB. Setelah proses ini selesai maka pengguna harus memasukkan beberapa kalimat perintah. Hal ini biasanya mengenai berapa besaran partisi yang nantinya akan dibuat menggunakan besaran MB.

Setelah itu, maka akan berbuat sebuah partisi baru-baru yang bisa dilihat pengguna. Pilih menu new simple volume agar partisi yang baru saja dibuat terbaca. Jika langkah sesuai urutan, partisi baru langsung dikenali oleh Windows.

Itulah berbagai cara partisi SSD Windows 10 yang bisa dicoba pengguna. Pembuatan partisi ini dinilai cukup penting demi menghindari kehilangan data yang merugikan seorang pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.