kelebihan dan kekurangan shared hosting

Simak Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Cocok Untuk Website Bisnis Online

Bila saat ini pembaca berencana memilih layanan hosting, maka kelebihan dan kekurangan shared hosting perlu diketahui. Hosting merupakan hal penting yang disarankan bagi pengelola website. Setiap hosting mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan perbandingan.

Seperti diketahui, website mempunyai peran penting sebagai wadah untuk mempublikasikan informasi sekaligus promosi. Untuk membuat website profesional, pembaca membutuhkan hosting yang tepat berdasarkan kebutuhan. Berikut informasi tentang shared hosting, salah satu jenis hosting yang direkomendasikan:

Apa yang Dimaksud Shared Hosting?

Sebelum beranjak lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan shared hosting, akan lebih baik bila pembaca memahami pengertiannya terlebih dahulu. Perlu dipahami bahwa shared hosting termasuk salah satu tipe web hosting yang bekerja dengan menempatkan sejumlah website dalam satu server, sehingga pemakaian server harus berbagi.

Oleh karena pemakaian server yang dilakukan bersama-sama, maka pemilik website tidak perlu berpikir lebih jauh dalam mengatur server. Pemilik website juga tidak memiliki wewenang untuk mengakses fungsi dari web hosting yang digunakan. Sebab, memori, bandwidth, serta penyimpanan akan digunakan bersama.

Sebagai perumpamaan, shared hosting ibarat sebuah rumah kosan yang mempunyai beberapa kamar. User menempati kamar masing-masing, namun beberapa fasilitas digunakan bersama, seperti kamar mandi dan dapur. Apabila ada seorang user yang memakai dapur terlalu lama, maka akan menghambat aktivitas user lain.

Shared hosting sangat tepat dipakai untuk website dengan trafik tidak terlalu tinggi atau jumlah pengunjung sedikit. Sebab, layanan dalam hosting ini dipakai banyak user, maka biayanya juga ditanggung bersama. Itulah alasannya layanan hosting ini memiliki harga lebih murah dari tipe lainnya.

Meski berbagi sumber daya, jenis hosting ini menawarkan performa yang optimal bagi pemula. Melalui tarif terjangkau, maka pemilik website tidak terlalu memikirkan permasalahan server. Waktu yang dimiliki dapat difokuskan untuk mengelola website, seperti membuat artikel dan unggahan lainnya.

Baca Juga »  Web Hosting Murah Terbaik dan Terpercaya

Kelebihan Penggunaan Shared Hosting Untuk Website

Mengetahui kelebihan dan kekurangan shared hosting tentunya akan membuat pembaca semakin mantap untuk menggunakan layanan ini. Secara umum, ada sejumlah kelebihan penggunaan shared hosting dibandingkan jenis lain. Agar pembaca mengetahuinya dengan detail, berikut poin-poin yang perlu disimak:

1. Pemakaian yang Mudah

Khusus bagi website yang baru saja dibentuk, maka memakai shared hosting tentunya akan sangat memudahkan. Sebab, segala operasional yang terdapat dalam server diambil alih oleh provider. Bagi pemula terutama yang masih belum memahami pemrograman, hal tersebut akan sangat memungkinkan.

Dalam kondisi lain, apabila pengunjung web sudah banyak dan trafik yang dihasilkan tinggi. Maka pengelola website dapat mempertimbangkan untuk melakukan upgrade layanan hosting ke level di atasnya, misalnya VPS. Bila memilih layanan tersebut maka pengelola web harus sudah menguasai pemrograman.

2. Harga Lebih Ekonomis

Apabila melihat jenis layanan hosting lain, maka shared hosting mempunyai harga yang paling murah. Sebab tarifnya akan ditanggung bersama oleh seluruh user, sehingga tidak terlalu memberatkan. Misalnya shared hosting diumpamakan sedang menyewa rumah kontrakan, biayanya lebih hemat karena ditanggung bersama.

Adapun pengelolaan shared hosting dilakukan oleh penyedia layanan sepenuhnya. Oleh sebab itu, pengguna tidak perlu khawatir tentang kinerja layanan hosting tersebut. Tidak salah, apabila layanan ini menjadi hosting yang diperuntukkan bagi para pengelola website yang baru dirintis.

3. Maintenance Lebih Mudah

Selain soal harga, shared hosting lebih unggul dari segi penggunaan. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa server akan dikelola langsung oleh penyedia jasa web hosting. Dengan demikian, user tidak perlu mengatur masalah server yang membutuhkan pemahaman lebih luas tentang pemrograman.

Shared hosting mempunyai maintenance yang lebih mudah dan praktis. Bila memilih shared hosting, maka user hanya perlu duduk manis mengelola website yang dimiliki tanpa perlu mengatur server. Pemilihan shared hosting membuat user punya waktu lebih banyak untuk fokus menghasilkan konten.

Baca Juga »  Perkiraan Biaya Hosting Website Per Tahun dan Mengenal Jenis-jenisnya!

4. Memperoleh Akses Control Panel

Bagi setiap user yang menggunakan shared hosting, maka pengelolaan website akan lebih mudah dikarenakan mempunyai akses control panel. Melalui control panel, user dapat memanfaatkan berbagai fitur, seperti mengupload file, menginstal CMS, mengelola e-mail, dan sebagainya.

5. Cocok Digunakan Untuk Website Bisnis

Bagi pemilik website bisnis, tentunya sebisa mungkin menurunkan pengeluaran, termasuk saat melakukan promosi melalui website. Layanan shared hosting yang mempunyai harga ekonomis akan lebih cocok untuk memulai website bisnis. Di samping itu, layanan ini akan sangat tepat bagi pebisnis yang mempunyai anggaran lebih kecil.

Alasan selanjutnya mengapa shared hosting lebih cocok untuk website bisnis yaitu berkaitan dengan pemahaman seseorang dalam mengelola hosting. Bagi seseorang yang baru dalam dunia pemrograman, maka akan kesulitan menjalankan hosting. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah masalah bila memilih shared hosting.

Kekurangan dari Shared Hosting yang Perlu Diketahui

Berbagai kelebihan dan kekurangan shared hosting memang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum mulai mencoba layanan tersebut. Terlepas dari keuntungan-keuntungan yang dijelaskan di atas, shared hosting mempunyai kekurangan yang dijelaskan sebagai berikut:

1. Pemakaian Aplikasi Lain Terbatas

Dengan memilih layanan shared hosting, maka user tidak bisa mengoperasikan aplikasi yang lain dalam satu waktu. Namun, hal tersebut bisa dilakukan apabila aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang ditawarkan oleh provider hosting. Pemakaian aplikasi yang terbatas tentu dapat menyulitkan user.

2. Kontrol Server Terbatas

Pihak penyedia shared hosting tidak memberikan banyak akses pada user untuk mengatur server. Dapat dikatakan bahwa user mempunyai kontrol yang terbatas, sebab akses sepenuhnya hanya diambil alih penyedia layanan hosting. Bila ada pengguna yang mengalami overload, maka user lain turut berdampak.

3. Berpotensi Mengalami Crash

Karena digunakan banyak user dalam satu server, maka tidak mengherankan apabila suatu saat terjadi crash. Kondisi seperti ini memungkinkan terjadi apabila ada beban berat terutama saat trafik meningkat, sehingga mampu menurunkan kinerja website pengguna lain yang mengaksesnya dalam waktu yang sama.

Baca Juga »  Mengenal Jenis-Jenis VPS dan Masing-Masing Kegunaannya

4. Keamanan Data Kurang Terjamin

Shared hosting memberikan ruang yang cukup luas dalam satu server, ketentuan tersebut justru menimbulkan potensi penyalahgunaan fitur. Apabila aktivitas tersebut benar terjadi, maka dapat mempengaruhi kinerja server, sehingga keamanan data cukup rentan.

5. Kurang Mumpuni Dalam Memanajemen Website Dengan Trafik Tinggi

Walaupun shared hosting menawarkan sumber daya yang cukup memadai, namun jenis hosting ini kurang mumpuni dalam memanajemen website dengan trafik tinggi. Misalnya saat website toko online di serbu oleh pengunjung ketika mengadakan event flash sale, sehingga mampu meningkatkan trafik dalam waktu drastis.

Misalnya terdapat jutaan orang yang mengunjungi website dalam satu waktu, hal ini dapat membuat akses web semakin lambat. Situasi tersebut bisa menjadi salah satu alasan viewer malas mengunjungi website kembali. Untuk mengatasinya bisa mengupgrade ke jenis hosting yang lebih mumpuni.

Demikian pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan shared hosting yang beraneka ragam dan perlu diketahui terlebih dahulu. Hanya memilih layanan web hosting yang selaras dengan kebutuhan maka akan membuatnya optimal. Bila website tidak terlalu banyak pengunjung, maka shared hosting sangat tepat untuk digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.