cara cek iphone ori

Simak 5 Cara Cek Iphone Ori atau Tidak, Simak Sebelum Membeli iPhone

Jangan tergiur dengan harga iPhone yang murah dan langsung membelinya di distributor yang tidak resmi dari Apple iPhone itu sendiri. Pasalnya, iPhone tersebut kini sangat sulit diyakini keasliannya sehingga perlu diketahui cara cek iPhone ori atau tidak agar tak menyesal.

Ada banyak sekali iPhone yang dijual dengan kemiripan yang tinggi dengan hp iPhone asli dan dijual dengan harga yang murah. Meskipun belum tentu KW, ada baiknya untuk cek dahulu keasliannya dengan cara-cara yang bisa dilakukan seperti berikut agar hati tenang.

1. Cek Nomor IMEI

IMEI adalah kode yang membedakan perangkat satu dengan perangkat lainnya dan tak ada satu perangkat pun yang memiliki kesamaan IMEI. Apakah kode pada tubuh iPhone sama persis dengan kode IMEI pada box iPhone tersebut dan cara periksanya yaitu sebagai berikut.

  • Bukalah menu settings atau pengaturan
  • Ketuk menu “umum”
  • Ketuk bagian “mengenai”
  • Carilah ke bawah nomor IMEI iPhone yang sudah tertera
Baca Juga »  Perbedaan iPhone Inter dan iBox untuk Perbandingan Pembelian Aman!

2. Tak Ada Slot Eksternal Memori

Cara cek iPhone ori atau tidak selanjutnya adalah memeriksa ketidakhadiran dari slot untuk eksternal memori yang ada pada hp iPhone. IPhone yang asli tidak pernah memberi ruang atau slot berupa memori eksternal pada tiap seri iPhone manapun yang dijual resmi.

Jadi, jika tiba-tiba menemukan ruang atau slot untuk memori eksternal pada hp iPhone, bisa jadi iPhone tidak original atau palsu. IPhone telah menyediakan memori internal yang sangat besar yakni hingga mencapai 256 GB tergantung pada setiap seri yang dikeluarkan iPhone.

3. Aplikasi App Store

Menjadi salah satu poin penting, iPhone original sudah pasti memiliki aplikasi App Store bukannya Play Store yang merupakan bawaan Android. Maka dari itu, dengan adanya App Store sebagai aplikasi khusus bawaan Apple menjadikan indikator kuat bahwa iPhone tersebut adalah asli.

4. iTunes Dapat Terdeteksi

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa apakah iTunes yang terdapat ada pada iPhone bisa terdeteksi ke perangkat lain. Apabila iTunes disambungkan dengan perangkat seperti komputer dan lain-lain lalu iTunes bisa mendeteksi hp, maka iPhone tersebut bisa diyakini keasliannya.

Baca Juga »  Jangan Tertipu, yuk Simak Tips Membeli iPhone Bekas yang Benar!

Sedangkan apabila iTunes pada perangkat komputer justru tidak dapat mendeteksi ponsel, maka iPhone tersebut kemungkinan besar adalah KW alias palsu. iTunes memiliki kegunaan yang penting yaitu sebagai aplikasi yang bisa memasukkan data-data seperti video, lagu, dan file lain ke iPhone.

5. Perhatikan Cara Screenshot

Keaslian atau orisinalitas dari hp iPhone juga dapat diperiksa dengan sangat simple salah satunya yakni dengan mengecek bagaimana kelancaran screenshot-nya. Hp iPhone memiliki ciri khas tersendiri pada saat melakukan screenshot di dalamnya, dan berikut adalah cara melakukan screenshot di iPhone.

  • Tekan tombol atas dan tombol utama jika iPhone seri 5 ke bawah
  • Tekan tombol di samping dan tombol utama jika iPhone seri 6 ke atas
  • Selanjutnya tekan tombol volume naik dan tombol samping jika iPhone 13 dan lainnya
  • Tekan keduanya secara bersamaan
  • Tahan sebentar lalu lepaskan
  • Temukan hasilnya di sekitar layar atau galeri iPhone.
Baca Juga »  Begini Cara Cek Garansi iPhone Dan Jenis-Jenisnya

Apabila screenshot berhasil dilakukan dan lancar tanpa kendala, ponsel iPhone tersebut bisa diyakini bahwa itu iPhone original atau asli. Tetapi jika ponsel iPhone gagal dalam melakukan screenshot padahal caranya sudah benar, tak menutup kemungkinan kalau iPhone itu ternyata palsu.

Jadi, itu dia 5 cara cek iPhone ori atau tidak ori yang mudah untuk dilakukan hampir pada semua seri iPhone. Tetaplah selalu waspada dan usahakan untuk membeli iPhone langsung dari toko resminya seperti iBox, Erafone, dan lain-lain, sekian semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.