Sering Kehabisan Daya Ikuti 5 Cara agar Baterai Hp Awet Simple Ini (pixabay.com)
Sering Kehabisan Daya Ikuti 5 Cara agar Baterai Hp Awet Simple Ini (pixabay.com)

Sering Kehabisan Daya? Ikuti 5 Cara agar Baterai Hp Awet Simple Ini!

Ketika kita sedang melihat penggunaan hp di jaman sekarang, sudah pasti rata-rata handphone dari mereka akan mengalami baterai boros. Karena memang di zaman sekarang hp sangat banyak digunakan baik di lingkungan sekolah, kerja, atau lingkungan masyarakat. Oleh karena itu tidak heran jika baterai hp sangat boros, dan rata-rata dari kamu harus membeli dengan yang baru. Sehingga untuk mengatasi terjadinya masalah tersebut, maka kamu harus paham bagaimana cara agar baterai hp awet. Biasanya langkah ini selalu dianggap sepele, dan berakibat dengan baterai yang mudah habis.

Beberapa Cara agar Baterai HP Awet dan Tahan Lama Ketika Digunakan

Saat ini juga banyak orang yang mengeluhkan baterai hpnya boros, sehingga sangat sulit jika akan dibawa aktivitas keluar. Hal tersebut tidak mungkin terjadi tanpa adanya faktor, biasanya dapat disebabkan oleh penggunaan kamu yang tidak benar. Karena semakin lama usia hp yang kamu miliki, maka hal tersebut juga akan berpengaruh ke sistem mesinnya. Oleh karena itu kamu harus pandai merawat baterai hp, supaya dapat awet dan tahan lama ketika digunakan.

Baca Juga »  Cara Membuat Bot di Telegram untuk Pengguna Awam

Terutama saat ini juga banyak handphone yang mampu menyimpan, beberapa aplikasi dengan kapasitas penyimpanan cukup besar. Sehingga aplikasi tersebutlah yang juga mempengaruhi daya baterai hp, dan berakhir dengan boros atau tidak awet. Penasaran supaya baterai tetap awet?

1. Usahakan Tidak Menggunakan Hp saat di Charger

Ketika hp kamu sedang di cas, maka pastikan jangan sambil dimainin. Karena saat hp kamu mengisi, maka hal tersebut juga akan meningkatkan temperatur pada baterai. Apabila temperatur tersebut semakin tinggi, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan pada baterai. Setelah itu akan membuatnya kehilangan efektivitas, dan menyebabkan baterai mudah boros.

2. Jagalah Siklus Pengisian Daya Baterai

Mungkin masih banyak orang beranggapan bahwa, ketika kamu mengecas hp semalaman maka hal tersebut dapat menyebabkan baterai menjadi boros. Padahal hal tersebut sudah tidak berlaku untuk beberapa merk hp, sebab ada produk yang sudah dibekali system untuk menghentikan pengisian baterai saat sudah penuh. Untuk mendapatkan baterai yang tetap stabil, pastikan kamu mengecasnya ketika baterai sudah berada di angka 40%. Setelah itu kamu dapat mencabutnya kembali saat hp sudah terisi 80%, hal ini penting untuk menjaga daya baterai.

Baca Juga »  4 Aplikasi VPN Terbaik Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

3. Gunakanlah Mode Battery Saving

Saat ini sudah banyak hp yang dilengkapi dengan low power mode, atau battery saving mode. Tujuannya adalah untuk membuat baterai menjadi lebih awet, karena fitur tersebut mampu menghentikan aplikasi yang berjalan pada background. Biasanya fitur tersebut akan diaktifkan secara manual, sehingga kamu dapat memastikannya sendiri melalui pengaturan hp masing-masing.

4. Aturlah Kecerahan Layar Hp

Cara untuk membuat baterai supaya tahan lama adalah, kamu harus bisa mengatur kecerahan layar hp. Pastikan kecerahan tersebut di posisi rendah, supaya baterai tidak menjadi boros. Sebab visual yang muncul di layar hp kamu, akan mempengaruhi daya baterainya. Untuk menghemat baterai yang selanjutnya adalah, kamu dapat mengatur time sleep hp maksimal selama 1 menit.

Baca Juga »  Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

5. Aktifkan Fitur Mode Pesawat

Jika kamu tidak membutuhkan layanan hp kamu, maka dapat mengaktifkan fitur mode pesawat jika sedang mengecasnya. Hal tersebut juga sangat efektif untuk menghemat baterai, sehingga dayanya lebih tahan lama. Terutama saat kamu sudah tidak membutuhkan fasilitas dari sim card, maka sebaiknya mode pesawat dapat diaktifkan untuk menghemat daya baterai hp.

Jangan lupa menyimak pembahasan mengenai beberapa cara agar baterai hp awet di atas, pastikan semua hal tersebut diterapkan mulai sekarang. Supaya daya baterai lebih tahan lama, dan semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.