cara penggunaan microphone bluetooth

Seperti Ini Cara Penggunaan Microphone Bluetooth Pada Gadget

Microphone adalah alat untuk pengeras suara, tersedia jenis mic kabel dan mic wireless. Berbagai kegiatan yang memerlukan microphone seperti pentas seni, hajatan pernikahan, dan upacara bendera. Cara penggunaan microphone bluetooth wireless perlu diketahui agar acara-acara itu terselenggara dengan baik.

Mic ini menggunakan bluetooth, betapa mudahnya cara penggunaan mic ini dibandingkan jenis kabel. Berikut ini adalah cara mudah yang bisa dilakukan yaitu antara lain:

1. Mengecek Perangkat yang Akan Digunakan

Perangkat gadget yang akan disambungkan dengan microphone wireless bluetooth haruslah memiliki koneksi bluetooth. Jika perangkat tidak memiliki koneksi bluetooth, maka microphone wireless tidak akan bisa digunakan. Microphone ini dapat dipasang pada perangkat komputer, smartphone, dan tablet.

Masing-masing perangkat baik smartphone maupun PC memiliki cara penggunaan microphone yang berbeda. Pada PC atau komputer, jika bluetooth ada, maka sambungan dengan microphone akan bisa dilakukan. Begitu juga dengan smartphone dengan layanan bluetooth baru bisa menggunakan mic wireless.

Baca Juga »  Sangat Mudah Ini Dia 4 Cara Merekam Layar Hp Wajib Anda Praktekkan

2. Mengaktifkan Koneksi Bluetooth Pada Kedua Perangkat

Koneksi bluetooth pada mic lebih dulu diaktifkan, caranya tekan tombol ikon bluetooth pada mic. Setelah itu, aktifkan bluetooth, misalnya pada smartphone dengan menekan ikonnya di layar utama. Pada komputer atau PC bisa dengan mencari toolbar bluetooth di sisi bawah desktop.

Bluetooth yang aktif pada mic wireless memudahkan proses pencarian nama bluetooth di smartphone. Langkah ini menyebabkan ikon bluetooth berubah menjadi warna biru, biasanya muncul di layar. Jika ingin lebih mudah, pilih menu Pengaturan telepon dan aktifkan opsi koneksi bluetooth.

3. Melakukan Pencarian Perangkat Bluetooth

Cara penggunaan microphone bluetooth selanjutnya setelah bluetooth aktif, yakni muncul opsi pencarian nama. Pada gadget smartphone misalnya, akan muncul daftar nama bluetooth yang aktif di sekitar. Jika telah menemukan nama bluetooth milik microphone wireless, selanjutnya proses pairing siap dilakukan.

Baca Juga »  Inilah Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Pada komputer atau PC, apabila nama bluetooth microphone tidak ditemukan, coba muat ulang pencarian. Tak berbeda, pada smartphone jika belum ditemukan nama mic tersebut bisa refresh pencarian. Jika belum, hapus daftar nama bluetooth pada perangkat, kemudian coba muat ulang pencarian.

4. Menghubungkan Perangkat

Berikutnya yakni proses penyandingan perangkat mic dengan gadget atau PC. Proses pairing adalah menyandingkan kedua perangkat setelah nama bluetooth muncul di smartphone. Hanya pilih opsi pairing pada smartphone, bluetooth mic dan smartphone akan saling menyandingkan.

Proses ini terbilang yang paling penting jika dibandingkan dengan langkah menggunakan mic wireless sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh jaringan bluetooth sebagai syarat penyandingan perangkat mic dan smartphone. Tak hanya itu, jika tidak sama kode yang dimasukkan maka tidak bisa terkoneksi.

5. Memasukkan Pin untuk Koneksi Perangkat

Setelah itu pastikan pula telah memasukkan kode pin sesuai format pada smartphone. Misalnya, masukkan kode angka 1234, kemudian microphone dengan perangkat terkoneksi. Perlu diketahui, jarak antara mic dengan gadget atau PC tidak boleh terlalu jauh.

Baca Juga »  Tawarkan Harga Murah, Yuk Cari Tahu Cara Belanja Di Berrybenka

Microphone wireless yang sudah tersambung dengan perangkat bisa langsung digunakan untuk pengeras suara. Apabila volume yang dihasilkan kurang, bisa diatur penambahan volume suara pada speaker yang tersedia. Namun, jika suara yang dihasilkan terlalu nyaring, jauhkan jarak microphone dengan bibir pengguna.

Beberapa langkah di atas untuk menggunakan microphone bluetooth pada smartphone atau yang benar. Apabila jarak mic dengan smartphone atau PC jauh, maka bluetooth tidak bisa pairing. Cara penggunaan microphone bluetooth ini bisa dibilang mudah, bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.