Sangat Mudah Ini dia 2 Cara Unistal Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root (pixabay.com)
Sangat Mudah Ini dia 2 Cara Unistal Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root (pixabay.com)

Sangat Mudah Ini dia 2 Cara Unistal Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Kamu pasti penasaran dengan hal bagaimana cara uninstall aplikasi bawaan Android tanpa root? Pertanyaan ini sering kali muncul dan masih ada beberapa orang yang bingung mengatasinya. Selain itu, kamu pasti sudah tidak asing dengan aplikasi bawaan? Karena memang rata-rata Android akan mengalami hal itu namun banyak yang ingin menguninstall aplikasi tersebut. Mungkin dengan alasan memori penuh atau ingin diganti dengan aplikasi lainnya.

Biasanya aplikasi bawaan tersebut adalah Asisten Google, UC Mini, dan masih banyak lainnya. Sehingga banyak orang ingin menguninstal aplikasi bawaan tersebut, karena memang dianggap tidak penting untuk digunakan. Bahkan perbincangan ini sedang banyak diperbincangkan, terutama untuk kalangan remaja yang menggunakan Android.

Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root?

Aplikasi bawaan memang seringkali membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Itulah mengapa banyak yang ingin menghapusnya. Namun karena itu aplikasi bawaan ketika awal membeli, beberapa orang beranggapan bahwa tidak dapat diunistall. Padahal ada beberapa cara untuk menguninstal aplikasi tersebut, meskipun memang belum banyak yang mengetahuinya.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahkan WA dari Android ke iPhone Paling Praktis

Bahkan ada juga aplikasi bawaan yang justru mengganggu pengguna. Sehingga mereka bingung mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun apakah benar bahwa aplikasi bawaan tidak dapat dihapus? Semua pembahasan tersebut akan kita bahas bersama-sama, supaya orang di luar sana tidak terus kebingungan mencari solusi.

Nah, biasanya aplikasi bawaan di Android, justru akan membuat HP menjadi lemot. Apalagi jika banyak aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus, maka HP sering mengalami nge-lag. Contohnya ketika HP kamu penuh dengan iklan tidak penting. Tentu hal tersebut sangat mengganggu bagi penggunanya.

Penasaran bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? Jika iya, silakan simak baik-baik artikel uninstall aplikasi bawaan Android tanpa root di bawah.

Apakah Aplikasi Bawaan di Android Dapat Kita Hapus?

Mungkin jawabannya bisa, tapi tidak secara langsung. Untuk dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut, biasanya kamu akan disuruh melakukan root pada device tersebut. Namun karena aktivitas root mempunyai risiko yang sangat berbahaya, banyak orang ingin dapat menguninstalnya tanpa melalui root. Beberapa risiko dari root antara lain semua data pribadi diretas hacker atau garansi HP akan hangus.

Baca Juga »  3 Cara Cek Paket Nelpon Simpati Cepat dan Mudah

Cara Menguninstal Aplikasi Bawaan di Android Tanpa Root

Berikut ini kita akan membahas, cara menguninstal aplikasi bawaan tanpa melewati root. Karena dengan menggunakan cara ini, maka kamu tidak perlu repot-repot mengaktifkan sistem Super-User.

  1. Dengan Menggunakan Aplikasi CCleaner

Untuk kamu yang akan menghapus aplikasi bawaan namun bingung bagaimana caranya, maka dapat mencoba salah satu cara ini. Karena aplikasi ini akan membantu kamu dalam membersihkan memori atau cache HP. Cara menggunakan aplikasi ini, antara lain.

  • Silahkan download aplikasi CCleaner terlebih dahulu, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Pilih ikon 3 garis, lalu klik App Manager.
  • Berikutnya kamu klik System, dan tekan tombol tong sampah.
  • Lalu nanti akan muncul peringatan penghapusan, dan tekan “Continue”.
  • Berikutnya silakan kamu pilih aplikasi yang akan dihapus, lalu tekan “Unistall”.
  1. Menghapus Aplikasi Melalui Settings

Ketika aplikasi bawaan kamu tidak dapat dihapus menggunakan CCleaner, maka dapat mencoba cara kedua ini. Caranya dengan menonaktifkan aplikasi tersebut, caranya yaitu dengan.

  • Silahkan kamu buka pengaturan atau settingan, dan tekan Apps.
  • Lalu pilih “Manage Apps”, lalu silahkan cari aplikasi yang akan dinonaktifkan.
  • Setelah itu silahkan klik opsi “Nonaktifkan”, dan tekan OK.
Baca Juga »  Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

Sangat mudah bukan untuk kamu lakukan? Sekian pembahasan mengenai bagaimana cara uninstall aplikasi bawaan android tanpa root. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.