Gadget  

Review Vivo Y12s: Spek, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru 2024

Review Vivo Y12s: Spek, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru 2024
Review Vivo Y12s: Spek, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Serta Harga Terbaru 2024 ( youtube.com )

Pada november 2020, vivo meluncurkan ponsel y12s yang termasuk dalam kategori harga terjangkau. Seri y dari vivo terkenal dengan penawaran harga yang kompetitif. Di indonesia, vivo y12s ditawarkan dengan harga Rp1.899.000,-, harganya tidak berbeda signifikan dengan vivo y12 dan y12i.

Menariknya, dalam seri y, vivo seringkali menawarkan model yang hampir serupa dengan versi aslinya. Perbedaan umumnya terletak pada kapasitas ram atau jumlah kamera. Hal ini juga berlaku untuk vivo y12s, yang merupakan versi lebih sederhana dari vivo y12 yang lebih dulu hadir di pasar pada juni 2019.

Pertanyaannya kemudian, apakah vivo y12s pantas mendapatkan perhatian dari penggemar vivo? Untuk menjawab hal ini, ada baiknya mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan diuraikan berikut ini.

Spesifikasi vivo Y12s

UMUM

Tahun Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

BODY

Dimensi164.4 x 76.3 x 8.4 mm
Berat191 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya

LAYAR UTAMA

JenisIPS LCD
Ukuran6.51 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan270 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya

HARDWARE

ChipsetMediaTek Helio P35
CPUOcta-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

MEMORI

RAM3 GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera2
Konfigurasi13 MP (wide), f/2.22 MP (depth), f/2.4
Fitur[“PDAF”,”panorama”,”LED flash”,”Video: 1080p@30fps”]

KAMERA DEPAN

Jumlah Kamera1
Konfigurasi8 MP (wide), f/1.8
Fitur[“Video: 1080p@30fps”]

KONEKTIVITAS

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

BATERAI

JenisLi-Po
Kapasitas5000 mAh
Fitur[“Charging 10W”,”Reverse Charging 5W”]

FITUR

OS (Saat Rilis)Android 10, Funtouch 11
Sensor[“Fingerprint (side)”,”Accelerometer”,”Proximity”,”Compass”,”Ambient Light”]
Jack 3.5mmAda
WarnaPhantom Black, Glacier Blue
Fitur LainnyaRadio FM

Kelebihan vivo Y12s

Bagaimana vivo y12s dapat memikat para penggemar vivo y12sivo dengan keunggulan-keunggulannya? Mari kita bahas beberapa aspek menarik dari ponsel ini!

1. Layar Berukuran Lebar

Seperti yang dapat diharapkan, smartphone vivo y12s yang diluncurkan pada tahun 2020 ini telah dilengkapi dengan layar yang mendukung aktivitas menonton film.

Tampaknya, perangkat ini adalah versi terbaru dari vivo y12 yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal ini terlihat dari peningkatan ukuran layar dari 6,35 inci pada vivo y12 menjadi 6,51 inci pada vivo y12s.

Meskipun begitu, ketajaman layar tetap tidak berubah, karena vivo y12s masih menggunakan resolusi hd plus, atau lebih spesifiknya 720 x 1600 piksel dengan aspek rasio 20:9.

Meski tidak terlalu mengejutkan untuk smartphone di kisaran harga Rp2 jutaan, ini tetap merupakan poin plus karena memberikan pengalaman visual yang lebih luas dengan layar yang cukup besar.

2. Baterai Awet

Tak perlu khawatir membawa power bank jika anda memilih vivo y12s. Smartphone ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mah yang tahan lama, memungkinkan penggunaan hingga lebih dari satu hari, bahkan mencapai hari kedua dengan sekali pengisian.

Kapasitas baterai yang besar ini turut mendukung waktu bermain game yang lebih panjang. Vivo y12s diklaim mampu digunakan untuk bermain game hingga 8,9 jam. Selain itu, anda dapat menikmati streaming film hd selama 16,3 jam. Sungguh waktu penggunaan yang impresif, bukan?

3. Punya Fitur Reverse Charging

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang baik, vivo y12s juga menawarkan fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah kemampuan reverse charging.

Fitur ini sangat praktis bagi anda yang sering membawa dua smartphone atau bepergian dengan teman. Jika ponsel kedua atau ponsel teman anda kehabisan baterai, anda bisa mengisi dayanya menggunakan kabel otg yang tersambung ke vivo y12s, yang berfungsi sebagai power bank darurat.

4. Side-Mounted Fingerprint

Vivo y12s juga menawarkan fitur menarik pada sensor biometriknya. Tidak hanya dilengkapi dengan face unlock, smartphone vivo yang ekonomis ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power di sisi samping.

Posisi pemindai ini sangat unik untuk sebuah ponsel pintar, memberikan kemudahan dan kepraktisan saat jempol menyentuh sensor.

5. Desain Warna Trendi

Penempatan sensor sidik jari di sisi ponsel memberikan dampak signifikan pada desain keseluruhan bodi. Hal ini membuat tampilan belakang ponsel tampak lebih simpel karena sensor sidik jari tidak terlihat. Selain itu, vivo y12s tersedia dalam dua pilihan warna yang modis, yaitu glacier blue dan phantom black.

Khusus untuk warna glacier blue, bagian belakang ponsel ini sangat menawan dengan gradasi warna yang berkilau, menggabungkan nuansa biru muda yang mirip dengan es dan sentuhan pink.

Sementara itu, bagi mereka yang menginginkan kesan profesional, pilihan warna phantom black menawarkan nuansa hitam yang elegan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya.

Kekurangan vivo Y12s

Saat ini merupakan kesempatan untuk memahami berbagai kelemahan yang ada pada vivo y12s. Ada lima aspek utama yang menjadi kekurangan dari seri y vivo ini, yang terangkum dalam poin-poin berikut.

1. Tanpa Fast Charging

Dalam era kecepatan teknologi saat ini, vivo y12s tampaknya kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan penggunanya karena tidak dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Perangkat ini hanya dilengkapi dengan charger 10w yang memerlukan waktu lebih lama untuk mengisi ulang baterai berkapasitas 5.000 mah.

Akibatnya, pengguna mungkin akan beralih ke ponsel lain yang menawarkan fitur pengisian lebih cepat, seperti redmi 9 yang sudah menyediakan kapasitas pengisian 18w.

2. Masih Pakai MicroUSB

Pada saat sebagian besar ponsel telah menggunakan port usb tipe-c, vivo y12s malah menawarkan port microusb yang bentuknya tidak simetris, seringkali membuat pengguna kesulitan saat ingin memasukkan kabel ke dalamnya.

Ini merupakan kekurangan yang tampaknya sulit diterima, terutama jika membandingkannya dengan redmi 9 yang harganya sedikit lebih rendah dari vivo y12s namun sudah dilengkapi dengan usb tipe-c, port yang lebih canggih dan efisien dalam mentransfer atau menggandakan data ke pc.

3. Ukuran RAM dan Memori Internal Kecil

Di tengah melimpahnya ragam aplikasi android yang dapat dipasang pada smartphone, vivo y12s ternyata memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas penyimpanan.

Smartphone ini hanya tersedia dalam varian 32 gb untuk memori internal, dengan pilihan ram 3 gb atau 4 gb. Lebih lagi, ram yang digunakan masih bertipe lpddr3 single channel dengan kecepatan 933 mhz.

Selain itu, memori internal vivo y12s menggunakan standar emmc 5.1, yang tidak hanya terbatas kapasitasnya, namun juga kurang optimal dalam hal kecepatan transfer data.

4. Hanya Pakai Rear Dual Camera

Kamera menjadi elemen integral dari setiap smartphone. Sementara sebagian besar ponsel saat ini dilengkapi dengan tiga atau empat kamera di bagian belakang, vivo y12s hanya menawarkan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa 13 mp (wide) dan 2 mp (depth).

Untuk bagian depan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera selfie 8 mp yang mampu menghasilkan foto selfie yang cukup baik. Dalam hal kualitas kamera, vivo y12s masih dianggap memadai untuk kisaran harganya.

Namun, ketiadaan fitur kamera tambahan seperti lensa ultra-wide atau makro membuatnya kurang menarik bagi sebagian konsumen.

5. Kinerja Kurang Bertenaga

Kinerja dalam bermain game juga menjadi faktor penilaian yang penting. Vivo y12s terlihat kurang mumpuni untuk menjalankan game bergrafik tinggi.

Hal ini dikarenakan perangkat ini ditenagai oleh chipset mediatek helio p35 yang terdiri dari delapan inti, meliputi empat inti arm cortex a53 dengan kecepatan maksimal 2,35 ghz dan empat inti arm cortex a53 lainnya berkecepatan 1,8 ghz. Tidak adanya arm cortex a7x menjadi indikasi bahwa vivo y12s bukanlah pilihan ideal untuk gaming serius.

Sebagai perbandingan, redmi 9 yang memiliki harga lebih terjangkau dibekali dengan chipset helio g80 dan mencatat skor antutu sebesar 200 ribu, sementara vivo y12s hanya mencapai skor 100 ribu. Ini menunjukkan bahwa performa redmi 9 lebih unggul dua kali lipat dibandingkan vivo y12s dalam hal gaming.

Simpulan

Menghargai usaha vivo dalam mempertahankan lini seri y bagi remaja dengan keterbatasan anggaran adalah sesuatu yang layak.

Namun, sayangnya, vivo y12s tampak kurang berfokus pada aspek kinerja, yang ironisnya merupakan faktor penting bagi kelompok sasaran mereka. Kondisi ini menjadi lebih menonjol mengingat kecenderungan remaja yang suka bermain game.

Di sisi lain, vivo telah membangun nama baik dalam hal kemampuan kamera. Namun, yang mengejutkan adalah pada vivo y12s, jumlah kamera belakang malah berkurang menjadi hanya dua.

Kondisi ini semakin buruk mengingat harga vivo y12s berada di kisaran Rp2 juta, sebuah segmen pasar yang sangat kompetitif. Terbukti, banyak ponsel dari merek lain di segmen ini yang menawarkan spesifikasi lebih unggul.

Namun, jika beberapa kekurangan tersebut dianggap sebagai masalah kecil, vivo y12s setidaknya memiliki beberapa keunggulan, seperti fitur reverse charging, kapasitas baterai yang besar dan desain yang modis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *