Gadget  

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya
Review Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya ( superhanov.life )

Samsung mengumumkan peluncuran samsung galaxy a03 core, sebuah produk baru dalam seri galaxy a, pada november 2021. Penting untuk diperhatikan bahwa smartphone ini bukan samsung galaxy a03 core, yang sebenarnya adalah nama lain dari samsung galaxy a01 core. Sebagai informasi, galaxy a01 core merupakan model sebelumnya dari galaxy a03 core.

Dengan harga yang terjangkau, sekitar satu juta rupiah, galaxy a03 core menawarkan fitur-fitur dasar yang serupa dengan pendahulunya, galaxy a01 core.

Selain itu, galaxy a03 core dikenal sebagai smartphone samsung pertama yang menggunakan soc unisoc. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini, anda dapat langsung mencari informasi lebih lanjut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A03 Core

UMUM

Tahun Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

BODY

Dimensi164.2 x 75.9 x 9.1 mm
Berat211 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya

LAYAR UTAMA

JenisTFT
Ukuran6.5 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan270 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya

HARDWARE

ChipsetUNISOC SC9863A
CPUOcta-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
GPUIMG8322

MEMORI

RAM2 GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera1
Konfigurasi8 MP (wide), f/2.0
FiturAF, LED flash, Video: 1080@30fps

KAMERA DEPAN

Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.2
Fitur

KONEKTIVITAS

WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothAda
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
GPSGPS, A-GPS
USBmicroUSB 2.0

BATERAI

JenisLi-Ion
Kapasitas5000 mAh
Fitur

FITUR

OS (Saat Rilis)Android 11 (edisi Go)
SensorAkselerometer, proksimitas, cahaya
Jack 3.5mmAda
WarnaHitam, Biru
Fitur Lainnya

* Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika menemukan kesalahan.

Kelebihan Samsung Galaxy A03 Core

Bisakah samsung galaxy a03 core memikat anda sebagai pilihan smartphone ekonomis? Simak berbagai keunggulannya berikut ini.

1. Layar Lebar di Kelasnya

Walaupun berada dalam segmen harga yang terjangkau, galaxy a03 core hadir dengan desain modern berupa layar infinity-v, yang juga dikenal sebagai waterdrop notch, menandai perkembangan dari pendahulunya, galaxy a01 core, yang masih mengandalkan desain fullview dengan bezel yang lebih lebar.

Oleh karena itu, ukuran layarnya pun mengalami peningkatan, dari 5.3 inci pada model a01 core menjadi 6.5 inci pada model ini. Untuk jenis panel layarnya, perangkat ini menggunakan teknologi tft dengan resolusi hd+ (720p).

Meskipun belum jelas apakah perangkat ini dilengkapi dengan gorilla glass, mengingat harganya, dapat diasumsikan bahwa layar smartphone ini kemungkinan besar tidak dilengkapi dengan pelindung layar dari produsen.

2. Hadir dengan Baterai 5.000 mAh

Jangan biarkan aktivitas anda terhambat akibat daya baterai ponsel yang cepat habis. Beruntung, saat ini ponsel dengan harga sejutaan sudah banyak yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar hingga 5.000 mah, termasuk di antaranya adalah samsung galaxy a03 core.

Ini tentu menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan model sebelumnya, samsung galaxy a01 core, yang hanya memiliki baterai 3.000 mah.

Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, ponsel ini dapat digunakan dari pagi hingga malam dalam sekali pengisian, tergantung pada intensitas penggunaan.

Namun, untuk urusan pengisian baterai, ponsel ini masih belum menggunakan port usb type-c yang kini menjadi standar umum. Sebagai gantinya, samsung galaxy a03 core masih menggunakan port microusb dengan kemampuan pengisian daya 10w.

3. Desain Bodi yang Simpel namun Tetap Menarik

Berbeda dengan kebanyakan smartphone di kisaran harga satu jutaan yang cenderung “menutupi” kenyataan bahwa mereka hanya dilengkapi dengan satu lensa, samsung galaxy a03 core malah unjuk keunikan.

Perangkat ini menampilkan sebuah modul kamera dengan hanya satu lensa utama tanpa lensa-lensa hias tambahan, yang tidak umum di antara pesaing-pesaingnya di segmen harga yang sama.

Di bagian bawah modul kamera, terdapat sebuah lingkaran kecil yang merupakan led flash untuk membantu penerangan dalam kondisi kurang cahaya, sehingga foto-foto malam hari bisa terlihat lebih terang. Meskipun desain modul kameranya terkesan minimalis, hal ini justru menonjolkan aspek positif tertentu.

Samsung galaxy a03 core tampaknya menyajikan kesan yang sederhana namun menarik, dengan desain bergaris diagonal pada modul kameranya yang menambahkan efek visual yang menarik.

Keindahan desain bodi ini tentu subjektif dan tergantung pada selera masing-masing. Anda mungkin lebih menyukai desain seperti yang ditawarkan oleh infinix smart 6, yang menghadirkan lensa tambahan sebagai elemen dekoratif? “Selera orang berbeda-beda,” itulah ungkapan yang tepat.

Oh dan untuk informasi, smartphone ini hanya tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan biru.

4. Performa yang Tergolong Lancar untuk Keseharian

Umumnya, kita tidak mengharapkan performa tinggi dari ponsel dengan harga yang hanya sedikit di atas satu juta, termasuk samsung galaxy a03 core yang menggunakan chipset unisoc sc9863a.

Chipset ini sering ditemukan pada ponsel dengan harga ekonomis, seperti infinix smart 6 yang juga merupakan kompetitornya. Dikemas dengan konfigurasi octa core, chipset ini terdiri dari empat core cortex a55 dengan kecepatan 1.6 ghz dan empat lagi berkecepatan 1.2 ghz.

Dengan teknologi fabrikasi 28 nanometer dan kartu grafis img8322, chipset ini memberikan kinerja yang cukup untuk kebutuhan dasar. Samsung melengkapi galaxy a03 core dengan ram 2 gb dan penyimpanan internal 32 gb bertipe emmc 5.1.

Perlu dicatat bahwa unisoc sc9863a tidak dilengkapi dengan klaster cortex a7x, yang menandakan bahwa samsung galaxy a03 core bukanlah pilihan untuk permainan bergrafis berat.

Meskipun demikian, perangkat ini masih cukup handal untuk penggunaan sehari-hari dan permainan ringan seperti mobile legends bang bang, walaupun mungkin akan mengalami penurunan frame atau lag dari waktu ke waktu.

5. Hadir dengan 3-card Slot

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, perangkat ini hanya dilengkapi dengan ram berkapasitas 2 gb dan memori internal sebesar 32 gb. Pada era awal dekade 2010, kapasitas semacam ini mungkin masih dianggap memadai.

Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan masyarakat akan aplikasi-aplikasi beragam dari play store, mulai dari aplikasi transportasi online, situs pencarian kerja, platform streaming seperti netflix dan banyak lagi, semakin meningkat.

Dengan hanya memiliki memori internal 32 gb, ruang yang tersedia menjadi sangat terbatas, khususnya ketika harus membagi ruang untuk penyimpanan file seperti gambar dan video.

Beruntungnya, anda dapat menyimpan file berukuran besar di kartu memori eksternal tanpa perlu mengurangi kapasitas memori internal.

Lebih menggembirakan lagi, gadget ini dilengkapi dengan slot 3-kartu yang memungkinkan penggunaan dual sim lte dan satu slot microsd yang terpisah.

Kekurangan Samsung Galaxy A03 Core

Namun demikian, samsung galaxy a03 core tetap terkait dengan persepsi sebagai ponsel murah yang menonjolkan kesederhanaan dalam fiturnya. Mari kita tinjau beberapa aspek kekurangannya berikut ini.

1. Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari

Ketika melihat desain dari ponsel hp dengan harga sejutaan ini, mungkin anda akan merasa lumrah jika samsung tidak memasang sensor pemindai sidik jari sebagai salah satu fitur untuk membuka kunci layarnya.

Namun sebenarnya, tidaklah begitu tak mungkin bagi ponsel dengan harga sejutaan untuk memiliki pemindai sidik jari. Contohnya, anda bisa melihat infinix smart 6 yang menyediakan fitur tersebut di bagian belakangnya.

Di era saat ini, sensor pemindai sidik jari sudah menjadi suatu keharusan. Anda memang bisa menggunakan fitur pemindai wajah sebagai alternatif, namun hal ini tidak selalu dapat diandalkan sepenuhnya.

Terkadang, face unlock bahkan lebih kurang tepat dibandingkan dengan pemindai sidik jari, terutama jika anda sering keluar rumah menggunakan masker.

2. Hanya Memiliki Satu Kamera Belakang

Salah satu kekurangan yang terkait dengan desain bodi belakangnya adalah bahwa jika anda membawa ponsel ini ke tempat umum, anda mungkin tidak akan merasa sepercaya biasanya ketika membawa ponsel dengan banyak kamera.

Tidak hanya itu, jumlah kamera yang sedikit juga membuat pengalaman fotografi kurang memuaskan dan terbatas dalam variasi mode pemotretan.

Kamera belakang memiliki resolusi 8 mp (f/2.0) dengan fitur autofokus dan led flash. Ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada frame rate 30 fps. Namun, sebagai ponsel yang lebih terjangkau, tidak ada fitur gyro-eis untuk menjaga stabilitas rekaman video.

Sementara itu, samsung galaxy a03 core juga dilengkapi dengan kamera depan 5 mp yang memiliki diafragma f/2.0. Kamera depan ini juga mendukung rekaman dengan resolusi 1080p pada frame rate yang sama, yaitu 30 fps.

3. Bodi Agak Tebal

Hingga saat artikel ini ditulis, berat samsung galaxy a03 core masih belum diumumkan. Yang dapat dipastikan adalah ukuran fisiknya yang mencapai 164.2 x 75.9 x 9.1 mm.

Ya, tebalnya mencapai 9.1 mm, yang termasuk dalam kategori bobot yang lebih berat yang sering ditemui pada perangkat smartphone. Dengan ketebalan ini, anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan saat menggenggamnya dalam waktu yang lama, terutama jika HP ini akan diberikan sebagai hadiah kepada anak-anak yang masih kecil.

4. Sensor Cukup Minim

Samsung galaxy a03 core dilengkapi dengan beberapa sensor utama. Sensor pertama adalah akselerometer yang berguna untuk mendeteksi orientasi ponsel, baik dalam mode lanskap maupun potret, yang penting untuk mendukung fitur auto rotate.

Selanjutnya, terdapat sensor cahaya atau light sensor yang digunakan untuk mengenali perubahan intensitas cahaya di sekitar layar. Fungsi ini memungkinkan ponsel untuk secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar.

Sensor ketiga adalah sensor proksimitas, yang berfungsi untuk mendeteksi ketika telinga anda berada dekat dengan ponsel selama panggilan. Sehingga, ketika anda melakukan panggilan, sensor ini akan secara otomatis mematikan fitur touchscreen pada layar.

Namun, sayangnya, samsung galaxy a03 core tidak dilengkapi dengan kompas atau gyroscope. Tanpa kompas, anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam melakukan navigasi dengan aplikasi seperti google maps.

Selain itu, tanpa gyroscope, beberapa fitur ponsel yang bergantung pada sensor ini akan tidak berfungsi, seperti penggunaan fitur augmented reality (AR) pada pokemon go atau penggunaan kontrol gerakan saat bermain pubg mobile.

5. Kapasitas Memori Kalah Saing

Meskipun hp ini memiliki slot memori eksternal yang tersedia secara terpisah, kapasitas memori internal yang hanya sebesar 32 gb terasa kurang memadai. Demikian pula, ram sebesar 2 gb juga tidak memberikan pengalaman multitasking yang memuaskan, terutama ketika mengakses banyak aplikasi secara bersamaan.

Samsung galaxy a03 core memang dikenal sebagai ponsel dengan harga terjangkau, sehingga spesifikasinya cukup sederhana.

Namun, jika anda bersedia menambahkan sedikit budget, anda dapat memilih advan gx yang dilengkapi dengan ram 4 gb dan memori internal sebesar 64 gb. Ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam penggunaan sehari-hari, bahkan advan gx juga cocok untuk bermain game.

Simpulan

Samsung galaxy a03 core, meskipun bukan yang terbaik dalam kelas harganya, jelas memiliki beberapa kelebihan yang dapat dihargai. Ini terlihat dengan jelas ketika kita membandingkannya dengan beberapa pesaingnya yang menawarkan lebih banyak fitur, seperti pemindai sidik jari, sensor yang lebih lengkap dan sebagainya.

Namun, perlu dicatat bahwa perangkat ini merupakan peningkatan signifikan dari galaxy a01 core yang dirilis setahun sebelumnya.

Perubahan dari desain layar fullview menjadi infinity-v adalah inovasi yang menyegarkan. Sayangnya, samsung masih belum menyediakan opsi ram dan penyimpanan internal yang lebih besar untuk seri core ini.

Jadi, jika anda mencari ponsel yang solid untuk kebutuhan dasar seperti whatsapp, instagram, menonton youtube dan melakukan panggilan telepon, samsung galaxy a03 core merupakan pilihan yang layak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *