Gadget  

Review Spesifikasi Oppo Reno 8 5G Beserta Kelebihan, Kekurangannya & Harga Terbaru 2024

Oppo reno8 5g diluncurkan di pasar Indonesia pada hari rabu, tanggal 3 agustus 2022, sebagai pilihan smartphone segmen menengah. Keunggulannya mencakup desain yang estetis dan bobot yang ringan, serta kemampuan mengambil gambar yang unggul baik untuk foto belakang maupun selfie yang memuaskan.

Sebagai generasi penerus dari oppo reno7 5g, smartphone ini menawarkan berbagai peningkatan signifikan termasuk dalam hal chipset dan kecepatan pengisian daya. Oppo reno8 5g ditawarkan dengan harga Rp7.999.000 untuk konfigurasi memori ram 8 gb dan penyimpanan internal 256 gb.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kelebihan dan kelemahan dari oppo reno8 5g, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Spesifikasi OPPO Reno8 5G

UMUM

Tahun Rilis2022
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

BODY

Dimensi160.6 x 73.4 x 7.7 mm
Berat179 gram
Ketahanan
Fitur Lainnya

LAYAR UTAMA

JenisAMOLED
Ukuran6.4 inci
Refresh Rate90 Hz
Resolusi1080 x 2400 piksel
Rasio20:9
Kerapatan409 ppi
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
Fitur Lainnya– 16.7 juta warna
– Touch sampling rate: 180 Hz (dua jari), 120 Hz (lima jari)
– Gamut warna: sRGB, 97% NTSC, 95% DCI-P3
– Tingkat kecerahan: 430 nit (khas), 600 nit (HBM), 800 nit (puncak)

HARDWARE

ChipsetMediaTek Dimensity 1300
CPUOcta-core (1×3.0 GHz Cortex-A78 & 3×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G77 MC9

MEMORI

RAM8 GB, 12 GB
Memori Internal256 GB
Memori EksternalTidak Ada

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera3
Konfigurasi50 MP (wide), f/1.88 MP (ultrawide), f/2.22 MP (macro), f/2.4
FiturMulti-directional PDAF, Dual-LED flash, HDR, panorama, Video: Hingga 4K@30fps, gyro-EIS

KAMERA DEPAN

Jumlah Kamera1
Konfigurasi32 MP (wide), f/2.4
FiturPanorama, HDR, Video: Hingga 1080p@30fps, gyro-EIS

KONEKTIVITAS

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD
InfraredTidak Ada
NFCAda
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
USBTipe-C 2.0, USB On-The-Go

BATERAI

JenisLi-Po
Kapasitas4500 mAh
FiturPengisian cepat 80W (klaim 1-100% dalam 28 menit), pengisian balik

FITUR

OS (Saat Rilis)Android 12, ColorOS 12.1
SensorFingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmTidak Ada
WarnaShimmer Gold, Shimmer Black
Fitur Lainnya

* Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika menemukan kesalahan.

Kelebihan OPPO Reno8 5G

Tak perlu bertanya-tanya lagi, sekarang anda bisa menemukan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh oppo reno8 5g, seperti yang dijelaskan berikut.

1. Desain Unibodi yang Stylish, Kompak dan Ramping

Dengan desain yang berbeda dari generasi sebelumnya, oppo reno8 5g kini hadir dengan desain bodi yang lebih menarik dan segar. Perangkat ini mengadopsi desain unibodi yang elegan untuk menciptakan tampilan yang seamless pada bagian bodi, pulau kamera dan bingkainya.

Dengan bentuk yang datar, perangkat ini menjadi lebih nyaman untuk dipegang dalam jangka waktu yang panjang tanpa risiko tergelincir. Kenyamanan ini ditingkatkan dengan desain yang slim, berkat ketebalan hanya 7,67 mm dan berat 179 gram, membuatnya tidak menyebabkan kelelahan pada tangan meski digunakan sepanjang hari.

Tersedia dalam pilihan warna shimmer gold, yang memberikan efek keemasan berkilauan yang bisa berubah-ubah tergantung sudut pandang dan shimmer black, yang memberikan tampilan elegan dan profesional.

Varian warna ini diperkaya dengan teknologi oppo glow yang menambah efek berkilau pada bodi, serta kedua warnanya tahan terhadap noda sidik jari, menjaga penampilannya agar selalu terlihat baru.

Menurut ulasan dari gsm arena, walaupun bagian belakangnya terbuat dari plastik, teksturnya memberikan kesan seperti kaca dengan finishing matte.

Dilindungi oleh gorilla glass 5, layarnya dirancang untuk tahan terhadap goresan dan kerusakan akibat benturan. Kamera punch hole yang terletak di sudut kiri atas cukup kecil, sehingga tidak mengganggu saat penggunaan sehari-hari.

Namun, bezel di bagian bawah terlihat lebih tebal dibandingkan dengan sisi lainnya, yang lebih ramping, memberikan kesan tidak simetris yang mungkin mengganggu bagi beberapa pengguna.

Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa desain belakang perangkat ini termasuk salah satu yang paling indah di kelasnya, dengan bobot yang dirancang seminimal mungkin dibandingkan dengan kompetitor yang beratnya mendekati 200 gram atau lebih.

2. Kemampuan Kamera Belakang dan Depan yang Solid

Oppo reno8 5g menampilkan kamera depan dengan sensor utama sony imx709 yang memiliki resolusi 32 mp, ukuran sensor 1/2.74 inci dan bukaan f/2.4. Diklaim sebagai sensor eksklusif yang hanya terdapat pada oppo sampai saat ini, sony imx709 ini menawarkan kualitas gambar yang superior.

Berbeda dengan filter rgb tradisional, kamera depan pada oppo reno8 5g dilengkapi dengan filter rgbw yang meningkatkan kemampuan penangkapan cahaya hingga 60% lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya.

Hal ini berkontribusi pada pengurangan noise dan peningkatan kejernihan gambar pada foto yang dihasilkan. Lihat contoh hasil selfie di bawah ini untuk melihat perbedaannya.

Dari beberapa contoh yang ditampilkan, performa kamera belakang dari smartphone ini benar-benar mengesankan. Baik dalam mode standar maupun mode ultrawide, kualitas dinamika dan detail yang dihasilkan sangat memuaskan. Bahkan dalam pengambilan gambar di malam hari, hasil fotonya tampak seakan diambil di siang bolong.

Pada bagian pengambilan gambar selfie, kamera mampu menghasilkan foto yang berkualitas meskipun berada dalam kondisi backlight. Akan tetapi, mode portrait selfie kurang memuaskan karena hdr yang tidak berfungsi dan isolasi objek yang tidak terlalu baik.

Fitur unggulan kamera depan adalah kemampuannya dalam kondisi minim cahaya. Oppo sangat mempromosikan filter rgbw yang diklaim mampu menangkap cahaya lebih banyak daripada rgb biasa.

Efeknya pun terlihat jelas. Meski tanpa menggunakan mode malam, subjek foto tetap terlihat jelas dan terang, seolah-olah diambil dalam kondisi yang sangat terang.

Untuk menambah kualitas pengambilan gambar, kamera depan juga dilengkapi dengan mode malam yang bila diaktifkan bisa mengatasi masalah flare. Dengan demikian, cahaya tampak lebih terkontrol dan ini menunjukkan peningkatan dalam rentang dinamis.

3. Baterai Awet dengan Fast Charging yang Meningkat dari Sebelumnya

Oppo memilih untuk tidak menambah kapasitas baterai di model reno8 5g, yang tetap memiliki baterai 4.500 mah sama seperti model reno7 5g, yang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan sejumlah smartphone lain yang telah menggunakan baterai 5.000 mah.

Hal ini dianggap sebagai kompromi untuk menciptakan sebuah ponsel yang lebih ringan dan tipis. Namun, tidak perlu khawatir karena daya tahan baterai pada smartphone ini masih cukup memadai.

Menurut laporan dari gizbot.com, oopo reno8 5g mampu bertahan selama satu hari penuh dengan sekali pengisian baterai. Gsm arena menunjukkan bahwa smartphone ini memiliki endurance rating sebesar 105 jam, dengan kemampuan melakukan panggilan hingga 24 jam 13 menit, browsing internet selama 15 jam 56 menit dan memutar video hingga 18 jam 27 menit.

Lebih lanjut, jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki kapasitas baterai serupa sebesar 4.500 mah, oppo reno8 5g terbukti lebih superior. Terungkap bahwa poco f4 memiliki endurance rating 101 jam sedangkan samsung galaxy s21 fe 5g hanya mencapai 92 jam.

Walaupun kapasitas baterainya tidak ditingkatkan, oppo menyertakan kemampuan pengisian cepat yang lebih efisien dengan daya 80 w. Diklaim bahwa smartphone ini bisa diisi dari 0-50% hanya dalam waktu 11 menit.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh gsm arena, oppo reno8 5g mampu terisi hingga 90% dalam waktu 30 menit dan memerlukan waktu 42 menit untuk terisi penuh.

Ini menjadikannya salah satu smartphone dengan kecepatan pengisian tercepat di segmennya, sangat ideal untuk penggunaan di luar ruangan seperti fotografi tanpa harus khawatir kehabisan baterai dengan cepat.

4. Antarmuka ColorOS 12.1 yang Kaya akan Fitur dan Kustomisasi Mendalam

Setiap rilis seri oppo reno selalu mempertahankan fitur khas mereka, air gesture, yang memungkinkan pengguna mengendalikan navigasi tanpa perlu menyentuh layar.

Dengan air gesture, pengguna dapat menggeser layar di aplikasi populer seperti instagram dan youtube, menjawab atau menolak panggilan, menunda alarm dan lain-lain.

Oppo reno8 5g yang tersaji dengan coloros 12.1 berbasis android 12 menawarkan berbagai fitur menarik. antarmukanya sangat mirip dengan oppo find n, smartphone pertama yang mengadopsi coloros 12.

Di dalamnya, pengguna dapat melakukan personalisasi ekstensif, termasuk mengubah tampilan always on display, mengatur tampilan notifikasi, mengelola privasi di berbagai fitur dan aspek antarmuka dan masih banyak lagi.

Fitur smart notification hiding yang ada memungkinkan untuk menyembunyikan detail notifikasi ketika kamera depan mendeteksi orang lain berada di sekitar pengguna.

Fitur privacy dashboard, yang merupakan bagian penting dari android 12, juga tersedia untuk memperlihatkan aplikasi mana saja yang telah mengakses mikrofon, lokasi dan lain-lain dalam periode waktu tertentu.

Tidak ketinggalan, fitur android 12 lainnya seperti smart sidebar yang berfungsi sebagai pintasan untuk membuka aplikasi dengan cepat dan flexible window yang memungkinkan aplikasi ditampilkan dalam bentuk jendela pop-up.

Secara keseluruhan, coloros 12.1 di oppo reno8 5g menawarkan pengalaman penggunaan yang efisien dan menyenangkan, dengan penekanan kuat pada keamanan dan privasi yang intuitif.

5. Konektivitas Unggul dengan Versi Bluetooth Kekinian dan 12 Jaringan 5G

Keterhubungan merupakan elemen krusial lain dari sebuah ponsel pintar. Dalam konteks ini, oppo reno8 5g menawarkan diri sebagai alternatif yang patut dipertimbangkan.

Smartphone ini dilengkapi dengan dukungan jaringan 5g yang mampu mengakses hingga 12 frekuensi jaringan (SA/NSA), termasuk n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n77 dan n78.

Dari semua frekuensi tersebut, n1, n3 dan n40 khususnya mendapatkan dukungan dari penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia seperti telkomsel, xl dan indosat, memastikan oppo reno8 5g siap beroperasi di Indonesia dengan jaringan 5g.

Tidak hanya itu, gadget ini juga kompatibel dengan protokol wifi 6, yang menawarkan kecepatan maksimum yang signifikan lebih cepat dibandingkan dengan wifi 5 dual band standar.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan versi bluetooth yang lebih maju, yaitu bluetooth 5.3, yang menawarkan latensi yang lebih rendah, cakupan yang lebih luas dan efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan dengan bluetooth 5.2, membuatnya lebih cocok untuk penggunaan perangkat tws dan aksesori nirkabel lainnya.

Sebagai produk kelas menengah dengan harga yang lebih premium, oppo reno8 5g juga telah dilengkapi dengan nfc (Near field communication) yang memungkinkan transaksi digital dan pengecekan/isi ulang saldo emoney hanya dengan menempelkan kartu ke bagian belakang ponsel.

Fitur konektivitas tambahan juga disertakan, seperti port usb type-c 2.0 yang mendukung fungsi otg (on the go), serta kemampuan pengisian daya terbalik yang memungkinkan perangkat ini digunakan sebagai power bank.

Kekurangan OPPO Reno8 5G

Meskipun ideal untuk pengambilan foto, oppo reno8 5g tampak kurang sesuai bagi beberapa kelompok pengguna tertentu karena adanya beberapa kelemahan berikut.

1. Chipset Kalah Saing

Oppo reno8 5g diperkuat oleh chipset mediatek dimensity 1300 yang memiliki kemampuan cukup mumpuni dengan proses fabrikasi 6 nm. Meskipun demikian, chipset ini kurang kompetitif jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain yang berada di kisaran harga yang sama.

Untuk detailnya, mediatek dimensity 1300 (6 nm) ini dilengkapi dengan susunan prosesor delapan inti yang terbagi dalam tiga klaster, yaitu satu klaster utama dengan satu inti cortex a78 berkecepatan 3 ghz, klaster performa tinggi dengan tiga inti cortex a78 berkecepatan 2.6 ghz dan klaster efisiensi energi dengan empat inti cortex a55 berkecepatan 2 ghz.

Chipset dimensity 1300 ini juga termasuk gpu mali-g77 mc9 yang mendukung kinerja grafis yang baik untuk aktivitas seperti gaming dan editing video.

Di sisi penyimpanan, oppo reno8 5g menawarkan peningkatan dengan memori internal bertipe ufs 3.1, meningkat dari ufs 2.2 yang digunakan oleh model sebelumnya, oppo reno7 5g. Namun, kapasitas ram yang digunakan tetap sama, yaitu lpddr4x.

Fitur lain dari oppo reno8 5g adalah sistem pendinginan super-conductive vc liquid cooling system yang telah ditingkatkan, dengan peningkatan luas grafet sebesar 25%, area pendinginan cair yang 2,5 kali lebih besar dan rangka tengah super konduktif yang ditingkatkan sebesar 13,5% dari model sebelumnya.

Dalam pengujian benchmark sintetis yang dilakukan oleh gizbot, oppo reno8 5g mencatat skor 648 untuk pengujian single core dan 2621 untuk pengujian multi-core di geekbench 5. Untuk pengujian 3d mark test, perangkat ini mendapat skor total 4608.

Berdasarkan analisis benchmark antutu 9 dan geekbench yang dihimpun oleh gsm arena, ternyata oppo reno8 5g tidak mampu bersaing dengan performa beberapa kompetitornya.

Dalam pengujian antutu versi 9, oppo reno8 5g hanya meraih 619.610 poin, sedangkan iqoo neo 6 berhasil mencatatkan 730.223 poin dan realme gt neo3t mencapai 726.007 poin.

Selain itu, berdasarkan laporan dari gizbot.com, oppo reno8 5g juga kerap mengalami gangguan atau glitch ketika menjalankan game asphalt 9, menandakan bahwa ponsel ini mungkin kurang ideal untuk keperluan gaming.

Meskipun ponsel ini masih cukup layak untuk digunakan dalam gaming, terdapat berbagai alternatif lain di kisaran harga yang sama atau bahkan lebih murah dengan performa yang lebih unggul.

Namun, harus diakui bahwa dimensity 1300 yang menjadi otak oppo reno8 5g masih memiliki keunggulan dibandingkan dengan dimensity 900 yang digunakan oleh oppo reno7 5g.

2. Tanpa IP Rating

Memang sudah menjadi standar bagi smartphone mid-range ke premium untuk memiliki sertifikasi ip rating. Akan tetapi, yang menarik adalah oppo reno8 5g tidak dilengkapi dengan perlindungan ingress protection sama sekali.

Kondisi ini membuat penggunaannya menjadi sedikit berbahaya di area dengan curah hujan yang lebat atau di lingkungan dekat dengan air, seperti di kamar mandi atau di pinggir kolam renang.

3. Tanpa Stereo Speaker

Sayangnya, oppo reno8 5g tidak dilengkapi dengan fitur speaker stereo ganda, sebuah fitur yang biasanya sudah tersedia di ponsel kelas menengah. Perangkat ini hanya memiliki satu speaker di bagian bawah, yang mengakibatkan kualitas audio yang kurang memuaskan.

Menurut gsm arena, kualitas suara dari oppo reno8 5g tergolong tidak terlalu keras dan hanya mendapat nilai rata-rata dengan tingkat kekerasan suara sebesar -28.7 lufs. Selain itu, suara bass yang dihasilkan juga kurang mendalam dan kualitas suara cenderung buruk saat memainkan nada tinggi.

4. Layar Hanya 90 Hz

Oppo reno8 5g hadir dengan layar amoled 6,4 inci beresolusi full hd+ (1080p). Layar ini menggunakan rasio aspek 20:9 dan memiliki densitas piksel 411 ppi.

Namun, kecepatan refresh rate-nya terbatas pada 90 hz, yang biasanya ditemukan pada ponsel dengan harga 2-3 juta rupiah, sedangkan ponsel mid-range premium kebanyakan menawarkan refresh rate 120 hz yang lebih tinggi.

Kecerahan maksimal layar ini adalah 439 nit saat pengaturan kecerahan diatur maksimal dan meningkat menjadi 633 nit dalam mode auto brightness, berdasarkan pengamatan dari gsm arena.

Namun, kecerahan ini masih belum sebanding dengan beberapa kompetitornya, seperti realme gt neo3t yang dapat mencapai kecerahan maksimum otomatis hingga 803 nit dan vivo iqoo neo 6 dengan kecerahan maksimum otomatis 772 nit.

Dengan demikian, dari segi layar, oppo reno8 5g tidak termasuk dalam kategori terbaik karena memiliki refresh rate dan kecerahan yang kurang kompetitif dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.

5. Tanpa Slot Memori Eksternal dan 3.5 mm Jack Audio

Tentu saja, diharapkan oppo reno8 5g membawa peningkatan dari seri reno7 5g sebelumnya. Namun, terdapat beberapa fitur yang ternyata dihilangkan pada model terbaru ini.

Dibandingkan dengan model sebelumnya yang masih menyediakan slot untuk memori eksternal dan port jack audio 3.5mm, fitur tersebut tidak lagi tersedia pada oppo reno8 5g. Sepertinya oppo mengikuti tren yang sedang berlangsung di industri smartphone kelas menengah, yang cenderung mengeliminasi slot memori eksternal dan port audio.

Dengan demikian, konsumen tidak punya pilihan selain menggunakan aksesori tws, yang biasanya lebih mahal dan memerlukan pengisian daya secara rutin. Selain itu, pengguna juga tidak dapat lagi membagi ruang penyimpanan antara aplikasi dan game dengan file multimedia seperti foto, musik dan video.

Simpulan

Ini adalah beberapa informasi yang bisa anda peroleh tentang keunggulan dan kelemahan oppo reno8 5g. Dengan pengetahuan ini, anda dapat membuat keputusan apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

Jika kita merinci poin-poin di atas, oppo reno8 5g lebih sesuai untuk kebutuhan fotografi tingkat tinggi daripada untuk pengalaman gaming yang optimal.

Dengan desainnya yang unik, oppo reno8 5g cocok untuk mereka yang menghargai aspek estetika dan kenyamanan saat menggenggam ponsel. Apakah anda tertarik untuk memilikinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *