Gadget  

Review Realme C35: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Realme C35: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya
Review Realme C35: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangannya ( ayosemarang.com )

Seri c dari realme diperkenalkan sebagai lini produk dengan harga paling terjangkau dibandingkan dengan seri-seri lain dari realme. Seri ini dirancang khusus untuk segmen pasar pemula dengan kisaran harga antara Rp1 hingga Rp2 juta. Umumnya, spesifikasi yang ditawarkan pada seri ini bersifat dasar.

Akan tetapi, realme c35 menunjukkan beberapa perbedaan signifikan. Smartphone ini memiliki sejumlah peningkatan dibandingkan dengan ponsel-ponsel seri c lainnya.

Ingin tahu peningkatan apa saja itu? Mari kita langsung saja membahas kelebihan dan kekurangan dari realme c35 tanpa menunda lebih lanjut.

Spesifikasi realme C35

SPESIFIKASI

UMUM

Tahun Rilis2022
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

BODY

Dimensi164.4 x 75.6 x 8.1 mm
Berat189 gram
Ketahanan
Fitur LainnyaSertifikasi keandalan tinggi TÜV Rheinland

LAYAR UTAMA

JenisIPS LCD
Ukuran6.6 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi1080 x 2408 piksel
Rasio20:9
Kerapatan401 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya– Tingkat kecerahan puncak 600 nit
– Touch sampling rate 180 Hz

HARDWARE

ChipsetUNISOC Tiger T616
CPUOcta-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MP1

MEMORI

RAM4 GB
Memori Internal64 GB, 128 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

KAMERA UTAMA

Jumlah Kamera3
Konfigurasi50 MP (wide), f/1.82 MP (macro), f/2.42 MP (depth), f/2.8
FiturLED flash, HDR, panorama, Video: 1080p@30fps

KAMERA DEPAN

Jumlah Kamera1
Konfigurasi8 MP (wide), f/2.0
FiturHDR, Video: 720p@30fps

KONEKTIVITAS

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USBTipe-C 2.0, USB On-The-Go

BATERAI

JenisLi-Po
Kapasitas5000 mAh
FiturPengisian cepat 18W

FITUR

OS (Saat Rilis)Android 11, realme UI 2.0
SensorFingerprint (samping), akselerometer, cahaya, giroskop, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaGlowing Black, Glowing Green
Fitur LainnyaRadio FM
* Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika menemukan kesalahan.

Kelebihan realme C35

Realme c35, yang dibanderol sekitar Rp 2 juta, memiliki sejumlah keunggulan menarik. Sebagai smartphone di kisaran harga tersebut, realme c35 menyuguhkan berbagai fitur unggulan.

1. Desain Keren dan Jadi Daya Tarik

Aspek yang paling memukau dari realme c35 adalah desainnya. Ini terlihat jelas dari struktur bodi ponsel yang dirancang dengan gaya flat. Gaya desain ini memberikan kesan mewah pada realme c35, dengan kesan smartphone high-end yang terasa saat digunakan.

Desain flat ini terintegrasi dengan bodi yang hanya berketebalan 8,1 mm, memberikan kesan lebih langsing pada ponsel. Tidak hanya itu, realme juga menghadirkan finishing plastik yang tampak seperti kaca, lengkap dengan pilihan warna hijau berkilau yang diberi nama glowing green.

Selain itu, ada pula varian glowing black yang meskipun menarik, namun warnanya kurang menonjol dibandingkan dengan yang hijau.

Unsur desain yang menawan ini dilengkapi dengan bumper kamera yang juga memberikan kesan premium. Ini menjadi keunggulan tambahan dari realme c35, yang harganya berada di kisaran Rp2 jutaan.

Desain flat di sisi samping dengan lengkungan pada setiap sudutnya, menambah keindahan realme c35. Lebih lagi, realme c35 mengintegrasikan sensor sidik jari pada sisi samping, bersatu dengan tombol power.

2. Durabilitas yang Baik

Selain memiliki desain yang menarik, realme c35 juga menawarkan keunggulan dalam hal ketahanan bodi. Realme c35 disebut-sebut telah memenuhi standar kualitas tuv rheinland, yang menjamin durabilitas dan ketahanan jangka panjang bagi penggunanya.

Salah satu metode pengujian yang dilakukan pada realme c35 adalah berdasarkan asumsi masa pakai smartphone selama tiga tahun. Ini mencakup 7 skenario pengujian dalam kondisi lingkungan yang ekstrem, 6 skenario uji keandalan komponen, serta 10 skenario pengujian sehari-hari.

Klaim tentang ketahanan bodi realme c35 ini cukup masuk akal, karena beberapa ulasan menyatakan bahwa realme c35 merupakan salah satu ponsel dengan ketahanan bodi yang impresif.

3. Layar yang Mengesankan di Kelas Harganya

Seri c dari realme biasa memberikan tampilan hd+, namun realme c35 membawa sesuatu yang baru dengan resolusi full hd+ sebesar 1080 x 2408 piksel. Layar ini memiliki ukuran 6,6 inci dengan kepadatan 401 ppi.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, realme c35 ini dilengkapi dengan kecerahan maksimal hingga 600nits. Tingkat kecerahan yang tinggi ini sangat berguna saat digunakan di tempat terbuka yang terang.

Selain itu, terdapat fitur penyesuaian khusus untuk tampilan video yang meningkatkan kualitas warna pada video youtube. Tak lupa, smartphone ini juga memiliki sertifikasi widevine l1 yang memungkinkan pengguna menikmati konten hd di netflix.

Techradar juga memberikan komentar positif mengenai layar realme c35, menyebutnya mengagumkan walaupun menggunakan panel ips lcd. Plus, ukuran layarnya yang cukup besar menjadi nilai tambah.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan pelindung layar yang dikenal sebagai panda glass, sebuah pilihan yang tidak biasa mengingat kebanyakan ponsel menggunakan corning gorilla glass.

Namun, keberadaan pelindung ini memberikan rasa aman kepada calon pembeli bahwa realme tetap memperhatikan durabilitas layar. Akan tetapi, masih sedikit informasi yang membuktikan kualitas dari panda glass ini.

4. Daya Tahan Baterai Oke

Realme c35 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mah, yang kini telah menjadi standar umum di berbagai kelas ponsel, mulai dari yang premium hingga ponsel level pemula. Ukuran kapasitas baterai bukan lagi faktor utama, karena yang lebih penting adalah kinerja baterai dalam penggunaan sehari-hari.

Menurut informasi yang kami peroleh, realme c35 memiliki daya tahan baterai yang impresif. Berdasarkan uji benchmark pcmark’s battery 3.0, baterai ponsel ini tercatat memiliki daya tahan sekitar 14 jam 50 menit.

Uji coba yang dilakukan oleh techradar menunjukkan bahwa realme c35 mampu bertahan hingga satu hari penuh dalam penggunaan normal dan seringkali masih cukup energi hingga hari kedua. Penggunaan tersebut termasuk aktivitas seperti media sosial, fotografi dan sesekali mengunduh aplikasi.

Techradar juga menyatakan bahwa salah satu faktor yang membantu daya tahan baterai yang panjang pada realme c35 adalah layarnya yang hanya memiliki tingkat refresh 60 hz dan tidak adanya dukungan untuk jaringan 5g.

5. Kamera Utama Tergolong Oke

Realme c35 dilengkapi dengan tiga kamera, di mana kamera utamanya beresolusi 50 mp dan memiliki aperture f/1.8. Terdapat juga kamera makro 2 mp dan kamera depth 0.3 mp, namun kedua kamera tersebut tidak akan diulas lebih lanjut karena hanya dianggap sebagai tambahan kamera yang tidak esensial.

Fokus kita adalah pada kamera utama dari ponsel ini, yang menawarkan fitur seperti pdaf, led flash, hdr, panorama, serta perekaman video 1080p 30 fps.

Berdasarkan ulasan yang kami dapat dari beberapa situs, kinerja kamera ponsel ini dianggap memadai. Namun, ketajaman foto lebih terlihat di kondisi pencahayaan yang baik. Fitur menarik lainnya adalah adanya mode hdr otomatis yang bisa meningkatkan kualitas visual foto.

Selain itu, sistem ai pada ponsel ini juga berfungsi dengan efektif.

Mode malam pada kamera ini juga cukup handal, meskipun hasilnya sangat dipengaruhi oleh pantulan cahaya saat pengambilan gambar.

Untuk kamera depth, menurut beberapa situs yang kami dapat, penggunaan kamera ini terkadang kurang memuaskan. Sedangkan kamera makro seringkali menghasilkan foto yang kurang fokus. Oleh karena itu, kamera utama pada ponsel ini sejatinya memiliki kapabilitas yang lebih unggul.

6. Kamera Kurang Maksimal di Kondisi Gelap

Kamera depan realme c35 dilengkapi dengan sensor 8 mp. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, kamera ini menonjolkan fitur khas realme yang cenderung mengolah detail wajah secara ekstra namun tetap harmonis dengan tone kulit.

Di sisi lain, techradar menyatakan bahwa kamera selfie dari smartphone ini memenuhi kebutuhan dasar. Kamera ini cukup handal untuk menghasilkan foto yang tajam dan bersih. Namun, untuk hasil foto dengan detail yang sangat tinggi, mungkin tidak bisa diharapkan.

Kekurangan realme C35

Dengan harga sekitar Rp2 juta, realme c35 memiliki beberapa aspek yang kurang memuaskan. Inilah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh realme c35.

1. Performa Bisa Lebih Baik Lagi, Terutama untuk Game

Realme c35 dilengkapi dengan chipset unisoc tiger t616, menawarkan ram 4 gb serta pilihan penyimpanan ufs berkapasitas 64 gb atau 128 gb. Sebelum kita menyelami lebih dalam tentang performanya, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu mengenai chipset unisoc tiger t616 itu sendiri.

Chipset unisoc tiger t616 ini dirancang dengan teknologi fabrikasi 12 nm. Chipset ini menggabungkan empat inti cortex-a55 yang hemat energi dengan kecepatan 1,8 ghz dan dua inti cortex-a75 yang lebih bertenaga dengan kecepatan 2,0 ghz untuk performa yang lebih maksimal. Untuk urusan pengolahan grafis, chipset ini menggunakan gpu mali-G57 mp1.

Lantas, bagaimana performa smartphone ini dalam praktiknya? Untuk melihat hasil benchmark sintetis dari perangkat ini, perhatikan gambar yang disajikan di bawah.

Hasil pengujian benchmark menunjukkan angka yang lumayan memuaskan untuk permainan yang tidak terlalu berat.

Namun, chipsetnya rupanya tidak sekuat yang diharapkan. Kemampuan smartphone ini memang tidak begitu mengesankan. Terdapat kejadian dimana smartphone menjadi hang atau tidak bereaksi saat membuka aplikasi dalam jumlah banyak.

Di sisi lain, techradar menyatakan bahwa smartphone ini tidak terlalu mengecewakan. Smartphone ini cukup responsif untuk navigasi dasar, seperti menggulir melalui menu dan menggunakan aplikasi media sosial serta memeriksa email. Akan tetapi, kinerja saat bermain game pada smartphone ini hanya terbilang standar.

2. Waktu Pengisian Baterai Kurang Cepat

Meskipun baterainya tahan lama, proses pengisian ponsel ini tidak termasuk yang paling cepat. realme menyatakan bahwa ponsel ini memang mendukung pengisian daya hingga 18 watt, namun pengisiannya terasa agak lambat.

Seperti yang diungkapkan oleh techradar, mengisi daya ponsel ini memerlukan waktu lebih dari satu jam. Memang bukan durasi terlama, tapi juga bukan yang tercepat.

3. Tidak Ada NFC dan Minimnya Isi Paket Penjualan

Saat ini, di pasaran sudah beredar beragam ponsel dengan harga sekitar Rp2 juta yang dilengkapi dengan fitur nfc. Namun, sayangnya realme c35 tidak termasuk di dalamnya. Kehadiran fitur nfc sebenarnya bisa menambah daya tarik ponsel ini.

Di sisi lain, kelengkapan paket penjualan ponsel ini juga terasa kurang. Sebagai contoh, tidak disertakan casing pelindung dalam paketnya. Meskipun begitu, realme masih menyertakan charger 18 watt dalam paket penjualannya.

4. Bagi Sebagian Orang, Mungkin Agak Kurang Nyaman Digenggam

Sayangnya, desain seperti ini mungkin menimbulkan reaksi yang beragam di antara penggunanya. Menurut beberapa situs, desain ini cukup menarik. Namun, kekurangannya terletak pada sisi tajamnya yang membuat pegangan kurang nyaman.

Techradar.com juga menyampaikan pandangan serupa mengenai kenyamanan saat memegang ponsel. Hal ini dikarenakan ukuran ponsel yang cenderung besar dan tepian yang datar, yang tidak mendukung ergonomis saat digenggam. Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan casing.

Simpulan

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, realme c35 dapat dikatakan sebagai smartphone yang fokus pada desain menawan dan menarik perhatian. Smartphone ini mungkin kurang sesuai bagi mereka yang mencari kinerja gaming yang tinggi.

Namun, untuk keperluan telepon dasar dan bermain beberapa jenis game, realme c35 cukup handal. Ditambah lagi, daya tahan baterai dan ketahanan fisiknya cukup memuaskan.

Apakah anda tertarik untuk mendapatkan realme c35? Jika ya, anda bisa membelinya. Namun, jika anda mencari pilihan lain, smartphone lain di kisaran harga Rp2 juta seperti redmi note 10s, vivo t1 5g, atau poco m4 pro juga bisa menjadi pilihan yang baik, meski mungkin ada perbedaan harga beberapa ratus ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *