Rekomendasi Aplikasi Cek Golongan Darah Android

Rekomendasi Aplikasi Cek Golongan Darah Android

Darah adalah komponen penting yang berada dalam tubuh, dikarenakan darah berfungsi sebagai penyalur zat-zat dan oksigen. Klasifikasi darah pada setiap manusia berbeda dan golongan darah dibagi menjadi O, B, A dan AB. Golongan darah penting diketahui, salah satu caranya dengan mengetahuinya melalui aplikasi cek golongan darah.

Manfaat mengetahui golongan darah masing-masing, yaitu apabila ada keadaan darurat yang membutuhkan transfusi darah penanganan akan cepat dilakukan. Serta, dewasa ini, golongan darah juga dipercaya dapat mengetahui karakteristik seseorang. Penasaran bukan, mari simak beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Blood Connection – Blood Type & Blood Test

Aplikasi yang dibuat oleh iMedical Apps pada 8 April 2020 ini memiliki ukuran lumayan ringan, yaitu 7.59 MB dan baru diperbaharui pada 20 Agustus 2021. Dapat digunakan dengan baik pada Android Lollipop dan seterusnya, serta sudah digunakan oleh sepuluh ribu pengguna.

Aplikasi ini pun dirancang untuk membantu pengguna dalam menentukan kategori golongan darah apabila mengetahui golongan darah orang tuanya. Keunggulan lainnya dapat mengetahui golongan darah berdasarkan gen sifat golongan darah ABO, memiliki perhitungan yang mudah dan akurat. Terdapat juga informasi untuk menentukan diet yang cocok untuk setiap golongan darah.

Baca Juga »  7 Aplikasi Penghitung Kalori yang Terbakar Saat Olahraga untuk Smartphone

2. Cek Golongan Darah

Cek Golongan Darah adalah aplikasi cek golongan darah yang direkomendasikan kedua. Aplikasi buatan anak bangsa yang berlokasi di Medan dengan nama MPTCamp – Medan Programming Training ini berkapasitas 5.2 MB dan dipublikasikan pada 3 Mei 2016. Tentu saja dapat digunakan pada Android Gingerbread dan di atasnya, serta sudah mengalami tiga kali pembaruan.

Fitur yang dimiliki berupa memprediksi golongan darah anak dari golongan darah orang tua. Dapat juga melihat sifat karakter berdasarkan golongan darah yang diberi penjelasan dengan singkat dan ringan. Aplikasi ini cocok dijadikan pembelajaran mengenai golongan darah karena memiliki tampilan yang sederhana dan berwarna.

3. Blood Type Calculator

Dirilis pada tanggal 14 Mei 2020 dan diperkenalkan ke publik oleh Sevoeshy.Apps, aplikasi ini memiliki jumlah pengguna sebanyak lima puluh ribu. Kapasitasnya pun terbilang ringan yaitu 8.29 dan mampu digunakan untuk Android Jelly Bean.

Baca Juga »  5 Aplikasi Desain Android Terbaik Pilihan Para Editor

Beberapa fitur mengenai golongan darah cukup lengkap, yaitu seperti kalkulator golongan darah, kalkulator faktor Rh, serta makanan yang cocok untuk golongan darah. Bahkan ada penjelasan penyakit berdasarkan golongan darah, kompatibilitas antar golongan darah dan frekuensi setiap jenis darah. Tentunya aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play dan tidak dipungut biaya.

4. Cara Cek Golongan Darah

Aplikasi cek golongan darah selanjutnya dikembangkan oleh LBArt Studio dan dapat diunduh dari tanggal 11 Agustus 2020. Sudah mengalami update versi sampai 23 kali pada 11 Maret 2022, aplikasi ini memiliki ukuran 6.88 MB dan seribu pengguna sampai hari ini. Android lollipop juga menjadi versi Android yang mulai dapat menggunakan aplikasi ini.

Fitur yang ditawarkan berisi panduan lengkap cara cek golongan darah, fitur share dan bisa dioperasikan secara offline. Terdapat juga beberapa informasi penting tentang golongan darah dan resiko golongan darah ibu berbeda dengan bayi. Ada pula cara memastikan ayah kandung tanpa tes DNA dan sifat unik dari berbagai golongan darah.

Baca Juga »  6 Aplikasi Jadwal Sholat Dengan Suara Adzan Terbaik

5. Personality Test: Blood Group

Dikembangkan oleh HunterDeveloper 23 pada 3 Agustus 2018, aplikasi ini telah mengalami pembaruan versi pada 30 Januari 2020 dan sudah digunakan seratus ribu pengguna. Personality Test ini pun dapat dioperasikan oleh Android Jelly Bean ke atas.

Keunggulannya pun tak kalah dengan aplikasi serupa yang berisi tentang kekuatan dan kelemahan golongan darah. Tersaji juga penjelasan secara terperinci tentang kepribadian golongan darah yang dibagi menjadi pria dan wanita. Namun kekurangan aplikasi ini memakan penyimpanan yang lebih besar daripada rekomendasi aplikasi lain.

Beberapa aplikasi cek golongan darah di atas hanya mengecek apabila sudah mengetahui golongan darah orang tua. Hasilnya pun belum tentu akurat, apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal bisa mendatangi dokter atau PMI terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.