Perkiraan Biaya Hosting Website Per Tahun dan Mengenal Jenis-jenisnya! (picjumbo.com)
Perkiraan Biaya Hosting Website Per Tahun dan Mengenal Jenis-jenisnya! (picjumbo.com)

Perkiraan Biaya Hosting Website Per Tahun dan Mengenal Jenis-jenisnya!

Ketika Anda akan membuat sebuah website, maka Anda membutuhkan layanan hosting, lantas berapa kira-kira biaya hosting website per tahunnya? Biasanya jika semakin besar penyimpanan yang akan kita sewa, maka akan semakin mahal pula harga tersebut.

Hosting web sendiri adalah faktor penting untuk situs website milik Anda, sebab tak hanya akan mempengaruhi potensi kinerja situs web saja. Melainkan juga mempengaruhi faktor ke dalam biaya secara keseluruhan dan Anda wajib bayar biasa hosting selama memiliki situs web.

Namun jika Anda akan memulai untuk membangun website maka jangan merasa khawatir, sebab harga sewa hosting sebenarnya cukup murah. Belum lagi akan ada sejumlah manfaat besar dari website yang akan Anda peroleh ke depannya.

Sebelum lanjut ke rincian biaya hosting, maka Anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian hosting. Jadi hosting ini merupakan layanan yang berguna untuk menyimpan data dan file website pada server khusus sehingga mudah diakses.

Kenali Rincian Biaya Hosting Website Berikut Ini Supaya Tak Salah Paham

Website sendiri merupakan sebuah sarana pemasaran yang sangat penting untuk proyek, brand maupun bisnis seseorang. Akan tetapi untuk membuat website, maka Anda juga harus mengetahui dulu estimasi biaya pembuatan website tersebut.

Biasanya harga pembuatan website ini bisa berkisar antara ratusan ribu bahkan sampai puluhan juta rupiah per tahunnya. Memang cukup mahal, namun semua itu ternyata tergantung dari kualitas dan bagaimana cara pengerjaan oleh jasa layanan yang profesional.

Akan tetapi jika merasa bahwa harga pembuatan website itu sangat mahal setelah memperkirakan kebutuhan, mungkin ada beberapa penyebabnya. Salah satunya Anda membutuhkan lebih banyak sumber daya maupun memberi estimasi yang terlalu tinggi.

Sehingga supaya penetapan budget tetap efektif, maka tentukan terlebih dahulu kebutuhan situs website Anda tersebut. Jadi dengan cara seperti ini Anda bisa akan lebih mudah untuk memperkirakan rincian biaya yang harus dikeluarkan nanti.

Baca Juga »  Panduan Cara Membuat VPS Sendiri, Mudah Dipelajari Pemula

Pengertian Hosting

Sebelum tahu berapa perkiraan biaya hosting website, akan lebih baik lagi jika Anda benar-benar memahami apa itu pengertian hosting. Karena pada kenyataannya ada beberapa orang yang justru belum tahu pengertiannya, mungkin termasuk Anda?

Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa hosting sendiri merupakan layanan untuk menyimpan data dan file website pada sebuah server. Sehingga dengan demikian akan memudahkan para penggunanya untuk mengaksesnya melalui jaringan internet.

Bahkan spesifikasi komputer server yang akan digunakan biasanya juga akan berbeda-beda dengan komputer rumahan pada umumnya. Karena server juga mempunyai spesifikasi hingga fitur yang jauh lebih lengkap dan memadai.

Apabila server hosting sampai mati, maka seluruh data dan file tidak bisa untuk diakses oleh para pengguna sebab website sudah hilang. Oleh karena itu pastikan bahwa Anda sudah memilih layanan server hosting dengan uptime server yang baik.

Jenis-jenis Hosting

Ternyata biaya hosting website ini juga tergantung dari setiap jenis-jenis hosting, sehingga ada yang murah dan ada yang mahal sekalipun. Meskipun dari segi penyimpanannya sama, ternyata harga yang harus dibayarkan pun juga akan berbeda-beda tergantung jenisnya.

Pertama ada Cloud Hosting ini adalah sebuah teknologi penyimpanan hosting dan data akan tersimpan dalam server cloud berbeda. Apabila salah satu server cloud ini bermasalah, maka masih akan ada backup dari server cloud yang lain.

Kedua ada Dedicated Server, ini adalah salah satu layanan tentang penyewaan server fisik khusus. Jadi satu server ini hanya akan digunakan untuk Anda saja. Bahkan layanan yang satu ini cocok bagi Anda yang mempunyai website dengan resource besar.

Baca Juga »  Inilah Beberapa Cara Memilih Hosting Web yang Paling Mudah dan Simpel

Ketiga ada Shared Hosting dan biaya hosting website ini tentu juga berbeda daripada sebelumnya itu walaupun segi penyimpannya sama. Sebab shared hosting ini adalah layanan berupa satu server hosting yang akan digunakan secara bersama-sama.

Jadi resource dalam satu server ini akan dibagi kepada seluruh website seperti RAM, storage sampai dengan CPU sekalipun. Sehingga dalam satu server ini akan ada banyak website dari pemilik yang berbeda-beda pula.

Keempat ada Unlimited Hosting, ini adalah layanan hosting yang mempunyai penyimpanan tidak terbatas jumlahnya. Sehingga layanan yang satu ini cocok bagi Anda jika mempunyai website dengan kebutuhan penyimpanan besar.

Kelima ada VPS yang merupakan sebuah layanan hosting dan Anda akan diberikan akses penuh ke virtual server. Salah satu kelebihannya adalah Anda bebas untuk melakukan setting VPS sesuai kebutuhan Anda sendiri.

Terakhir ada WordPress Hosting ini adalah jenis server hosting dan dikhususkan untuk mereka para pengguna CMS WordPress saja. Sehingga hosting yang akan Anda gunakan telah dioptimalkan secara khusus untuk WordPress.

Perkiraan Biaya

Biaya hosting website ini memang sebenarnya sangat bervariasi dan akan terus meningkat sampai dengan $400 per bulan dari $0.83 (VPS). Meski demikian, pada kenyataannya harga juga akan tergantung dari jenis web hosting yang akan Anda daftarkan itu.

Sementara itu Shared Hosting sendiri merupakan yang paling murah, akan tetapi ini hanya memiliki kapasitas server yang cukup rendah. Sedangkan Hosting Khusus merupakan yang paling kuat namun mahal dan hosting VPS juga berdiri antara hosting bersama dan khusus ini.

Selanjutnya area yang belum kita lihat lebih dekat lagi adalah tentang kebangkitan meteorik pembuatan situs web contohnya Zyro. Pasalnya perusahaan seperti itu menawarkan perspektif yang unik di pasar web hosting.

Baca Juga »  Mudah! Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb!

Tentunya fungsionalitas seret dan lepas sudah memperluas jangkauan pembuatan situs web ke dalam segmen pelanggan yang baru dan luas. Sehingga Anda harus bisa menemukan fitur serta harga yang tepat dengan memilih penyedia hosting terkemuka dengan dukungan konsumen yang baik.

Biaya Hosting Per Tahun

Jika Anda penasaran dengan biaya hosting website per tahun, maka juga harus mengetahui sejumlah rinciannya. Karena pada dasarnya hosting memang memiliki banyak jenisnya sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan budget serta kebutuhan website tersebut.

Misalnya paket hosting Indonesia seperti Value Hybrid Performance telah dirancang khusus untuk keperluan toko online maupun UKM. Untuk biaya per tahunnya bisa mulai dari 414 ribu rupiah per tahun dan storage dapat lebih fleksibel mulai dari 3GB hingga 25GB.

Lantas sebenarnya berapa sih biaya untuk membuat website seperti ini? Jawabannya kembali lagi ke dana dan tujuan Anda dalam membuat website. Jika membutuhkan rincian biaya, maka jangan lupa untuk melakukan simulasi harga pembuatan web sesuai kebutuhan.

Apabila Anda mencari keseimbangan antara harga murah namun tetap memiliki keleluasaan sumber daya. Maka rata-rata harga pembuatan webs itu sekitar 26 ribu rupiah saja per bulannya. Cukup murah bukan?

Bahkan Anda pun juga sudah bisa mendapat server VPS dengan spek yang sangat tinggi. Salah satunya adalah dengan CLoud VPS Paket Starter dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah per bulannya.

Kesimpulannya bahwa biaya hosting website ini tergantung dari jenis-jenisnya. Jika semakin mahal maka juga akan semakin bagus kualitasnya, begitu juga sebaliknya jika dengan harga murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.