Perbedaan Hosting dan VPS, Lebih Bagus yang Mana (unsplash.com)
Perbedaan Hosting dan VPS, Lebih Bagus yang Mana (unsplash.com)

Perbedaan Hosting dan VPS, Lebih Bagus yang Mana?

Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan hosting dan VPS yang sebenarnya. Sehingga mereka kerap kebingungan untuk memilih yang mana. Ketika memilih layanan hosting, mungkin Anda pernah menemukan banyak jenis dan harga yang hampir sama sehingga akan menambah kesulitan dalam menemukan layanan hosting yang benar-benar tepat.

Misalnya yaitu seperti layanan Cloud Hosting pada paket medium hingga level high yang memiliki harga seperti layanan VPS Hosting. VPS sendiri jika dilihat dari segi fitur dan performa memiliki juga banyak keunggulan.

Apa Saja Perbedaan Hosting dan VPS?

Saat sedang mencari layanan hosting di internet, maka tentunya Anda akan menemukan banyak pilihan layanan hosting yang berasal dari berbagai provider yang tersedia. Mulai dari Shared Hosting yang lebih murah hingga layanan WordPress Hosting yang memang dikhususkan penggunaannya untuk Cloud Hosting, Dedicated Server, VPS, dan WordPress.

Semuanya tentunya memiliki keunggulan tersendiri dan berbeda peruntukannya. Harganya pun pastinya juga berbeda. Dari semua jenis tersebut terdapat layanan yang memiliki kemiripan harga yaitu layanan VPS dan Cloud Hosting. Nah, sebelum membahas tentang perbedaan hosting dan VPS, kita akan membahas kedua layanan tersebut dahulu.

VPS

VPS yang merupakan kepanjangan dari Virtual Private Server ini merupakan sebuah layanan server yang menggunakan teknologi visualisasi. Sehingga dalam satu server fisik ini terbagi kedalam beberapa server virtual yang memang khusus hanya digunakan untuk satu user saja.

Dengan begitu maka dalam satu akun Virtual Private Server ini tidak digabungkan dengan akun lain yang berada dalam layanan shared hosting. Anda pun bebas menggunakan ruang yang tersedia dalam VPS ini, mulai dari panel hosting, sistem operasi, dan juga aplikasi yang diinstal.

Baca Juga »  Mengenal Perbedaan Domain dan Hosting dalam Pengelolaan Website

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal maka akan lebih baik jika Anda menggunakan layanan VPS ini karena tidak memiliki batas kustomisasi dari pihak provider hosting. Namun tentunya Anda harus menguasai hal teknik mengenai server agar nantinya hasil yang didapat menjadi lebih maksimal.

VPS memiliki beberapa kelebihan, yaitu pertama konfigurasi keamanan dikelola secara penuh oleh pemilik VPS sehingga bisa memodifikasi konfigurasi keamanan yang lebih ketat. Kemudian penggunanya bisa mendapatkan akses ke root yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhannya.

Lalu terakhir pengguna bisa mengembangkan kapasitas VPS jika diperlukan seiring dengan berjalannya waktu. Selain memiliki kelebihan, VPS juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan pengetahuan yang lebih mengenai server dan sistem Linux beserta lebih mahal dibandingkan dengan Cloud Hosting.

Cloud Hosting

Setelah mengetahui mengenai pengertian VPS dan sebelum menuju ke perbedaan hosting dan VPS maka Anda juga perlu memahami pengertian dari Cloud Hosting. Cloud Hosting sendiri merupakan sebuah layanan komputasi awan yang bekerja melalui beberapa server virtual sekaligus.

Beberapa server tersebut digabungkan menjadi satu. Kekurangannya yaitu dalam satu server dapat digunakan oleh beberapa user. Meskipun begitu, Anda hanya tinggal menggunakannya saja dan tidak perlu memikirkan atau memiliki keahlian khusus mengenai hosting.

Hal ini karena hosting telah dikelola dari penyedia hosting sehingga nantinya pengguna hanya tinggal menggunakan dan membayarnya saja. Cloud Hosting juga memiliki beberapa kelebihan. Pertama menggunakan beberapa server sehingga jika terjadi masalah masih ada server yang membackup tidak seperti hosting lain yang hanya menggunakan server tunggal.

Kedua, lebih skalabilitas dan fleksibel sehingga penggunanya bisa menambah sumber daya sesuai dengan kebutuhan. Kemudian pengguna bisa mendapatkan performa server seperti VPS dengan mudah sehingga lebih hemat biaya dan tenaga. Kelebihan yang terakhir yaitu tidak memerlukan kemampuan teknis karena bersifat fully managed.

Baca Juga »  Pengertian Control Panel Hosting dan Control Panel Terpopuler

Perbedaan

Setelah membahas tentang pengertian dan penjelasan singkat soal VPS dan hosting, selanjutnya kita akan membahas soal perbedaan hosting dan VPS. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya yang perlu Anda ketahui:

  • Performa

Perbedaan pertama dari segi performa, VPS lebih unggul daripada hosting. Hal ini karena VPS memungkinkan penggunanya bebas untuk melakukan kustomisasi server virtual yang dimiliki. Namun terdapat catatan khusus yaitu terkecuali jika Anda bisa melakukan settingan VPS dengan benar.

Selain itu, karena sifatnya yang tidak bisa dikelola ini maka juga mengharuskan penggunanya untuk dapat melakukan konfigurasi secara mandiri. Jika Anda tidak ingin repot untuk mengatur server maka akan lebih baik jika Anda memilih Cloud Hosting.

  • Kapasitas

Menilik kapasitasnya, VPS dan hosting memiliki kapasitas yang hampir sama. Perbedaannya yaitu terdapat pada spesifikasi hardware yang digunakan. Contohnya pada layanan VPS sudah menggunakan teknologi RAID SSD yang memiliki kelebihan empat kali lebih cepat daripada SSD biasanya.

  • Keamanan

Perbedaan hosting dan VPS selanjutnya yaitu dari segi keamanan. Untuk keamanan Hosting semuanya telah dikelola oleh pihak provider hosting. Akan tetapi dalam satu server ini akan saling terhubung antara satu server dengan server lainnya. Sedangkan untuk VPS memiliki keunggulan dengan satu virtual server yang hanya dapat digunakan oleh satu akun saja.

  • Kustomisasi

Jika menggunakan Cloud Hosting maka penggunanya tidak bisa melakukan kustomisasi server karena semuanya sudah tersedia dan tinggal digunakan. Sedangkan, dengan menggunakan VPS maka akan lebih bebas karena penggunanya dapat melakukan install sistem operasi sendiri, aplikasi yang diinstal dan juga panel hosting. Namun penggunanya hanya bisa menginstal aplikasi yang penting saja sehingga tidak akan membebani server virtual.

  • Harga
Baca Juga »  Cara Hosting WordPress dari Localhost Menggunakan Plugin dan Manual

Dari segi harga Cloud Hosting lebih murah daripada VPS. Namun biaya berlangganan VPS hosting terbilang lebih mahal karena memiliki kelebihan dan keunggulan yang tentunya tidak bisa diremehkan. Selain itu harga layanan Cloud Hosting paket tinggi juga sudah bisa digunakan untuk menyewa VPS yang memiliki lebih banyak kelebihan.

Lebih Bagus Hosting atau VPS?

Setelah mengetahui perbedaan hosting dan VPS tersebut mungkin Anda akan merasa bingung antara keduanya lebih bagus yang mana. Sebenarnya keduanya sama-sama bagus namun dalam memilihnya Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki kriteria yang trafik website-nya besar dan Anda paham dengan server maka akan lebih baik jika Anda menggunakan layanan VPS.

Layanan VPS ini juga cocok untuk Anda yang sudah pernah menggunakan Shared Hosting dan Anda menginginkan sumber daya dedicated yang besar dengan kustomisasi yang fleksibel. Sementara itu, jika Anda memiliki kriteria yang kurang paham dengan teknik server dan tidak paham mengenai pengelolaan hosting maka Anda lebih baik memilih layanan Cloud Hosting.

Layanan Cloud Hosting ini juga cocok untuk digunakan perusahaan atau pemilik website dengan trafik yang cukup tinggi serta website baru yang sedang dalam proses pengembangan. Layanan ini pun sesuai untuk segala jenis ukuran bisnis karena memiliki jangkauan yang luas dan performa yang baik.

Itulah perbedaan hosting dan VPS, semoga penjelasan ini bisa membantu untuk menemukan layanan yang tepat untuk Anda, baik menggunakan hosting maupun VPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.