Perbedaan Hosting dan Cloud yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami (unsplash.com)
Perbedaan Hosting dan Cloud yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami (unsplash.com)

Perbedaan Hosting dan Cloud yang Wajib untuk Anda Ketahui dan Pahami

Mengetahui apa saja perbedaan hosting dan cloud memang sangat menarik untuk kita ketahui secara bersama-sama. Apalagi bagi Anda yang ingin membangun sebuah website sendiri, maka penting mengetahui hal tersebut.

Meski demikian, ternyata kedua teknologi hosting itu juga berangkat dari pengertian yang serupa, hanya maknanya berbeda. Nah, hosting sendiri merupakan teknologi yang berguna untuk menyimpan data dalam sebuah website.

Data-data tersebut seperti video, gambar, dokumen, database, dan program. Sehingga saat publik ingin mengakses website Anda dengan mudah, maka tak akan mungkin untuk melupakan hosting .

Lantas apa perbedaan keduanya? Meskipun sekilas sama, ternyata ada beberapa perbedaan mencolok yang patut untuk Anda ketahui.

Ternyata Ini Sejumlah Perbedaan Hosting dan Cloud yang Wajib Anda Ketahui

Pada zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini, maka kita harus lebih selektif lagi dalam menentukan layanan hosting. Sebab kesalahan awal dalam memilih hosting ternyata bisa berakibat fatal untuk website bisnis kita sendiri.

Oleh karena itu, harus ada kecermatan khusus dalam menentukan layanan hosting yang sesuai supaya proses pengembangan bisnis berjalan lancar. Bahkan untuk saat ini juga sudah ada banyak pilihan layanan hosting dari provider dengan spesifikasi yang bermacam-macam.

Mulai dari harganya yang paling mahal hingga murah, semuanya ada, dan itu tergantung dari kebutuhan website yang pengguna perlukan. Misalnya saja seperti hosting dan cloud, ini adalah sebuah layanan yang bisa menjadi pilihan.

Walaupun sama-sama memiliki manfaat, namun keduanya ternyata berbeda. Sayangnya tak semua orang tahu apa saja perbedaan mendasarnya.

Hosting Vs Cloud

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sejumlah perbedaan hosting dan cloud, ada baiknya jika Anda memahami pengertiannya dulu. Terutama bagi Anda seorang pemula yang akan membuat website, maka Anda akan kesulitan untuk memilih layanan hosting.

Baca Juga »  Cek Hosting Website dengan Mudah dan Cepat

Sehingga dengan memahami layanan seperti itu, maka Anda bisa lebih yakin lagi dan mudah untuk menentukan pilihan terbaik. Jadi cloud hosting ini adalah sebuah teknologi terbaru dari layanan web hosting tradisional.

Hal seperti ini akan memungkinan semua penggunanya agar bisa menyimpan banyak data-data penting website dalam media awan (cloud). Mudahnya seperti itu, saat Anda menggunakan layanan cloud hosting, maka semua data website akan langsung tersimpan dalam server virtual.

Anda juga tidak perlu menggunakan media penyimpanan manual lagi, baik itu flashdisk maupun harddisk untuk menyimpan data website.

Pengertian Web Hosting dan Cloud

Sebelum bahas perbedaan hosting dan cloud lagi, maka pengertiannya juga harus Anda ketahui dan pahami. Web hosting merupakan layanan untuk penyimpanan data yang bisa diakses melalui website.

Selanjutnya web hosting juga bisa muncul terlebih dulu dan tetap akan digunakan sampai saat ini. Ada banyak jenis web hosting yang seringkali digunakan pengguna, misalnya shared web hosting dan dedicated web hosting.

Sedangkan cloud hosting ini mampu untuk menyimpan data-data website dalam sebuah awan alias cloud. Itu artinya, saat web hosting membutuhkan ruang penyimpanan yang berbentuk fisik, maka cloud sama sekali tidak memerlukan.

Kenapa? Hal ini karena semua data-data website tersebut bisa langsung tersimpan dalam internet saja. Sehingga layanan cloud ini juga akan memanfaatkan banyak server lain dan jumlah yang sangat banyak.

Kontrol Data

Salah satu perbedaan hosting dan cloud adalah dari faktor kontrol data. Karena kontrol data dalam web hosting sebenarnya akan membuat Anda untuk berbagi tempat dengan pengguna lain.

Sehingga tidak akan ada kendali penuh terhadap server itu sendiri, sebut saja seperti saat ada user dalam satu server yang sama. Nah, jika sudah seperti itu maka risikonya adalah website Anda akan lebih lambat dan susah untuk diakses.

Baca Juga »  Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya

Namun berbeda dengan cloud hosting, sebab tidak akan bekerja seperti itu, sebab Anda mempunyai kontrol data penuh terhadap cloud server. Apabila ada user lain ingin performa baik, maka data website Anda akan pindah ke server lain dan mudah diakses.

Faktor Performa

Perbedaan hosting dan cloud selanjutnya adalah dari faktor performa. Sebab performa yang diberikan web hosting ini ternyata dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus.

Akan tetapi kapasitas ruangan penyimpanan dan bandwidth yang tersedia justru malah menjadi lebih terbatas. Itulah sebabnya mengapa website menjadi lebih butuh lama lagi untuk bisa terbuka secara sempurna.

Namun cloud hosting tidak mempunyai ruang penyimpanan fisik, sehingga Anda akan tetap bisa berbagi layanan ini dengan pengguna lain. Akan tetapi saat ada masalah seperti loading lama, maka server cloud Anda akan langsung dipindahkan oleh sistem. Tetapi masalah seperti ini ternyata bisa terminimalisir sehingga performa website akan menjadi lebih baik.

Faktor Keamanan

Perbedaan hosting dan cloud berikutnya adalah dari segi faktor keamanan. Saat kebanyakan layanan web hosting mengalami sebuah masalah keamanan seperti kerusakan infrastruktur, downtime sampai serangan cyber sekalipun.

Sehingga layanan cloud hosting ini menawarkan keamanan serta kerahasiaan data, integritas data, sampai dengan kontrol akses data. Sementara itu hal terburuk yang bisa dirasakan oleh para pengguna yaitu tak akan ada yang bisa memperkirakan waktu dan lokasi sebelum bencana terjadi ke depan.

Itulah mengapa banyak yang justru pindah ke solusi yang ditawarkan oleh layanan cloud disaster recovery guna mengurangi ancaman seperti itu.

Faktor Biaya

Faktor biaya ternyata juga cukup mencolok dalam perbedaan hosting dan cloud seperti ini. Pasalnya web hosting ternyata bisa menjadi jauh lebih mahal saat Anda memutuskan untuk membeli atau menyewa tipe dedicated.

Baca Juga »  Mengenal Layanan Cloud Hosting Gratis, Apa Saja?

Semua ini biasanya dilakukan supaya Anda mempunyai kendali penuh untuk server tersebut. Sementara itu untuk faktor biaya cloud hosting, maka Anda hanya cukup mengeluarkan biaya sesuai layanan yang Anda peroleh nanti. Pembiayaan dalam cloud hosting sama halnya seperti tagihan listrik, maka Anda hanya akan membayar apa saja yang dibutuhkan.

Sebab web hosting merupakan layanan yang menyewakan space, yang mana Anda dapat menggunakan nama domain. Anda juga akan diberi fasilitas manajemen guna mengelola web Anda tersebut.

Sedangkan cloud akan memungkinan beberapa server yang kemudian dijadikan menjadi satu dan berguna untuk storage. Jadi cloud server ini tidak mempunyai batasan spesifikasi sehingga Anda bisa meningkatkan storage.

Setelah mengetahui sejumlah perbedaannya, mungkin Anda malah beranggapan bahwa cloud adalah pilihan terbaik untuk website. Benarkah? Namun ternyata pada kenyataannya ini juga masih tergantung dari beberapa pertimbangan.

Ada banyak pertimbangan yang membuat cloud menjadi layanan terbaik untuk Anda. Meski demikian juga masih ada beberapa kondisi yang membuat web hosting justru lebih baik.

Terutama bagi para pemula, maka web hosting akan sangat membantu sebab biayanya jauh lebih terjangkau dan dapat mengakomodasi kebutuhan.

Meski demikian dari sejumlah perbedaan hosting dan cloud seperti pembasahan sebelumnya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Keduanya memang sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

 

Keyword 13: 

 

https://smallseotools.com/plagiarism-report/6d4420d113e1b45ede83754793320b66/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.