37. penyebab vpn tidak bisa connect

Penyebab VPN Tidak Bisa Connect yang Wajib Diketahui Oleh Banyak Orang

Banyak orang yang saat ini memilih beralih menggunakan VPN dikarenakan pemblokiran besar-besaran terhadap situs ataupun aplikasi di tanah air. Hal ini memaksa orang-orang berbondong-bondong memasang aplikasi satu ini. Namun tentu saja ada kalanya banyak orang menemui permasalahan tentang penyebab VPN tidak bisa connect yang kadang mengganggu akhirnya menghambat kegiatan banyak orang.

Lantas apa saja penyebab dari kegagalan koneksi yang terjadi pada VPN? Tentu saja orang-orang yang sangat mengandalkan aplikasi ini wajib mengetahui agar tidak lagi terganggu dan dapat melakukan tindakan selanjutnya agar tidak membuang waktunya lagi. Simak penyebab-penyebabnya yang akan diuraikan dibawah ini :

1. Aplikasi VPN Minta di Perbarui

Jika VPN selalu gangguan saat dikoneksikan, kemungkinan yang terjadi adalah VPN yang terpasang di HP pengguna sudah expired dan minta di upgrade. Hal ini sangat mungkin terjadi, dan terkadang pengguna aplikasi malah menguninstallnya, padahal dengan mengupgrade maka bug yang terdapat dan permasalahan koneksi sudah dapat teratasi. Oleh karena itu, trik ini boleh untuk dicoba.

Pada intinya, pengguna harus memeriksa secara berkala apakah aplikasi sudah saatnya diperberbarui ataukah belum. Karena terkadang memang aplikasi tertentu atau setelan pengaturan pada HP tidak memberitahu secara otomatis tentang pembaruan aplikasi. Jika memang benar VPN tidak dapat terkoneksi karena hal ini, sudah dapat dipastikan setelah aplikasi terupdate pengguna sudah dapat mengkoneksikan VPN seperti sebelumnya.

Baca Juga »  5 Aplikasi Penghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Diperlukan di Smartphone

2. Aplikasi VPN yang Tidak Sesuai dengan Tipe OS

Permasalahan ini kemungkinan terjadi pada pengguna yang baru saja mengunduh aplikasi dan memasangnya tanpa memeriksa jenis OS yang didukung oleh aplikasi VPN. Hal ini juga dapat menjadi penyebab VPN tidak bisa connect dan akhirnya aplikasi tidak dapat dipakai sebagaimana mestinya. Baiknya, sebelum mendownload aplikasi apapun harus memeriksa detail syarat aplikasi yang dicantumkan oleh pihak developer.

Cara mengatasi permasalahan ini sebenarnya juga cukup sepele, hanya uninstall aplikasinya saja dan mencari aplikasi VPN lain yang sesuai dengan OS perangkat yang digunakan. Banyak aplikasi lain dengan beragam jenis OS yang pastinya dapat digunakan serta sesuai dengan OS pengunduh.

3. Permasalahan Persetujuan Pengaturan Jaringan VPN

Untuk permasalahan ini, terkadang banyak merek smartphone yang membebaskan para penggunanya untuk menyetujui ataupun menolak izin aplikasi yang akan digunakan. Hal ini juga dapat terjadi jika pengguna aplikasi ini mengizinkan aplikasi yang tersambung hanya dalam jaringan paket data seluler ataupun koneksi WIFI saja, akhirnya saat menggunakan koneksi yang lain, aplikasi gagal terkoneksi.

Baca Juga »  Download Aplikasi Playstore Berbayar Jadi Gratis dengan Langkah Mudah!

Permasalahan ini dapat diatasi dengan menyetujui izin koneksi jaringan dari paket data seluler maupun WIFI sehingga saat menggunakan salah satunya, tidak perlu mengubah izinnya lagi. Saat VPN tidak dapat tersambung setelah berkali-kali dicoba untuk dikoneksikan, agaknya para pengguna VPN bisa memeriksa izin aplikasi di setelan pengaturan HP.

4. Aplikasi VPN yang Minta di Root

Terkadang aplikasi yang terdapat pada Google Play Store mengindikasikan harus meroot HP terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi. Hal ini menjadi salah satu penyebab VPN tidak bisa connect yang yang perlu diperhatikan. Untuk menemukan aplikasi yang tidak perlu di root memang susah-susah gampang, namun bukan yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Ada beberapa aplikasi VPN yang dapat diunduh oleh pencari VPN yang tidak perlu di root seperti Turbo VPN dan VPN Proxy. Aplikasi tersebut dapat didownload dengan gratis di Android dan dapat melakukan pembelian secara premium jika berkenan.

5. Server atau Lokasi Negara yang Tidak Mendukung

Untuk penyebab kegagalan koneksi VPN yang terakhir ini dikarenakan oleh permasalahan internal dari aplikasi VPN itu sendiri. Terkadang para pengguna aplikasi VPN menggunakan aplikasi dan memilih server sama yang digunakan oleh banyak orang sehingga VPN tidak bisa terkoneksi. Pada jam-jam sibuk orang-orang dapat mengunjungi aplikasi secara bersamaan dan terkadang memilih server yang sama secara bebarengan.

Baca Juga »  Rekomendasi Aplikasi Nonton Tv Offline Indonesia

Hal ini sangat mungkin terjadi karena kelebihan pengguna pada server tertentu akan menyebabkan kecepatan internet berkurang drastis dan down server. Akhirnya, pihak VPN membatasi jumlah pengguna servernya agar tidak terjadi permasalahan lain. Cara mengatasinya juga terbilang mudah, pengguna aplikasi VPN cukup memilih server lain yang tersedia di aplikasi.

Nah itulah 5 penyebab VPN tidak bisa connect yang bisa jadi perhatian. Cara untuk mengatasi masalahnya juga cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun asalkan paham pokok permasalahannya. Dengan mengetahui penyebab-penyebab ini pastinya permasalahan VPN yang gagal terkoneksi bukan lagi masalah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.