Penyebab Layar Laptop Mati Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Layar Laptop Mati Beserta Cara Mengatasinya

Screen atau layar merupakan sebuah komponen laptop yang menghubungkan manusia dengan mesin. Untuk dapat mengoperasikan sebuah laptop, manusia tidak bisa hanya menggunakan prosesornya saja. Pengguna memerlukan layar untuk melihat segala tampilan aktivitas yang sedang dilakukannya. Namun, seringkali hal ini menjadi kendala ketika layar tiba-tiba mengalami gangguan. Untuk itu, pengguna perlu mengetahui penyebab layar laptop mati dan cara mengatasinya.

Ada cukup banyak faktor yang bisa mendalangi gangguan atau kerusakan layar laptop. Berikut 7 penyebab utama layar laptop mati beserta solusi yang bisa dilakukan untuk menghidupkannya kembali:

1. Kerusakan Panel Display

Pada kondisi mesin laptop menyala, namun layar tidak menampilkan apa-apa, kemungkinan terbesar adalah adanya kerusakan pada panel display. Untuk memastikannya, pengguna dapat menghubungkan laptop dengan monitor eksternal. Jika muncul tampilan normal dan tidak ada masalah sistem, bisa dipastikan bahwa sumber masalah ada pada panel display. Panel display yang rusak harus diganti dengan pergi ke pusat reparasi.

Baca Juga »  4 Cara Mengganti Nama Account di Laptop Windows 10

2. Kerusakan Kabel VGA

Faktor kedua yang dapat menyebabkan layar laptop mati adalah kerusakan kabel VGA. Sayangnya, untuk memastikan hal ini pengguna perlu membongkar laptop karena kabel VGA biasanya tertanam pada motherboard. Jika ragu atau tidak bisa membongkar sendiri, sebaiknya bawa laptop ke pusat reparasi. Kabel VGA yang rusak juga perlu diganti. Pada beberapa model laptop penggantian mungkin perlu dilakukan pada keseluruhan motherboard.

3. Kerusakan Kabel Fleksibel

Selain kabel VGA, laptop juga dilengkapi dengan kabel fleksibel yang berfungsi untuk mentransfer gambar dari mesin ke layar. Jika kabel ini rusak, otomatis layar tidak bisa menampilkan apa pun. Sama seperti pada panel display, kerusakan kabel fleksibel dapat diperiksa dengan menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Setelah dipastikan rusak, kabel fleksibel pun perlu diganti.

4. Kerusakan Sistem Operasi

Ternyata bukan hanya kondisi komponen fisik yang bisa menjadi faktor penyebab layar laptop mati, melainkan juga sistem operasinya. Sistem operasi yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan layar tidak mau menampilkan apa-apa. Pada kondisi ini, pengguna mungkin perlu melakukan perbaikan atau bahkan instal ulang sistem operasi.

Baca Juga »  5 Penyebab Laptop Mati Mendadak yang Harus Diketahui

5. Kerusakan RAM

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan gangguan fungsi layar laptop adalah kerusakan RAM. Cara paling mudah untuk memastikan kondisi ini adalah dengan mencoba memasang RAM lain. Jika dengan begitu layar laptop kembali normal, maka bisa dipastikan masalah ada pada RAM. Namun untuk lebih pasti, pengguna bisa langsung datang ke tempat reparasi perangkat untuk melakukan pengetesan. Lagi-lagi, cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti RAM.

6. Gangguan pada BIOS

Gangguan pada BIOS ternyata juga bisa menyebabkan layar laptop tidak mau menampilkan gambar. Coba lakukan reset BIOS dengan cara mematikan laptop dan mengeluarkan baterainya. Setelah itu tekan tombol power dan tahan selama dua puluh detik guna menguras baterai.

Baca Juga »  Cara Mudah Mengirimkan Foto Dari IPhone ke Laptop

7. Laptop Terlalu Panas

Kondisi yang satu ini tampaknya sepele namun seringkali mendatangkan banyak masalah pada perangkat, tak terkecuali gangguan layar laptop. Mesin laptop yang terlalu panas akan mengacaukan keseluruhan sistem termasuk layar. Untuk itu, coba matikan laptop terlebih dahulu dan nyalakan kembali saat sudah dingin.

Demikianlah beberapa penyebab layar laptop mati beserta cara mengatasinya yang perlu diketahui bagi semua pengguna. Hal-hal di atas dapat terjadi pada merek perangkat manapun tanpa disadari. Oleh karena itu, selain memberi penjelasan, artikel ini juga menyarankan agar pengguna lebih rajin memeriksa dan merawat perangkat laptopnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.