penyebab batrai hp cepat habis

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Apa aja sih penyebab baterai hp cepat habis? Pastinya banyak pengguna smartphone yang sering bertanya-tanya terkait hal tersebut. Baterai yang cepat habis cenderung membuat mood pengguna menjadi kacau. Pastinya pengguna akan sangat kesal dan tidak nyaman dengan hal tersebut.

Terkait dengan masalah tersebut, pengguna akan memilih mengganti baterai atau bahkan membeli hp baru lagi. Agar baterai hp tidak boros, pengguna harus mengetahui penyebab-penyebab mengapa terjadi hal seperti itu. Nah, berikut penyebab baterai hp bisa cepat habis, yaitu antara lain:

1. Aplikasi Terus Beroperasi

Penyebab pertama baterai hp cepat habis yaitu penggunaan aplikasi yang terus beroperasi di latar belakang. Banyaknya aplikasi yang terus aktif dan beroperasi di belakang layar juga penyebabnya.

Aplikasi media sosial seperti Facebook, messenger dan masih banyak lagi itu akan menguras banyak daya baterai hp. Untuk menangani hal tersebut pengguna menyarankan baterai untuk menutup widget dan aplikasi tersebut agar lebih hemat dan tidak mudah boros.

Baca Juga »  Kesal HP Lamban? Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini!

2. Pengaturan Kecerahan Layar

Penyebab baterai Hp cepat habis kedua yaitu karena pengaturan layar hp yang terlalu tinggi. Pengaturan layar pada perangkat yang membutuhkan daya baterai yang cukup banyak. Jika kecerahannya terlalu tinggi maka akan semakin banyak membutuhkan daya baterai. Oleh karena itu, maka lebih disarankan untuk pengguna untuk mengurangi kecerahan layar hp.

3. Penggunaan Fitur Pada Perangkat Yang Terus Menerus

Penggunaan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang kuat seperti GPS, Bluetooth dan Wi-Fi juga salah satu menyebabkan baterai mudah habis. Bahkan tidak hanya menyebabkan baterai hp akan tetapi juga bisa menyebabkan hp gampang rusak. Penggunaan fitur tersebut akan membuat hp cepat panas. Dan belum lagi koneksi yang tersambung belum tentu aman untuk perangkat atau hp.

4. Beranda Di Area Dengan Penerima Sinyal Yang Buruk

Sinyal yang buruk menjadi penyebab baterai hp lebih cepat habis. Sinyal ketidakstabilan membuat hp bekerja keras agar tetap bisa beroperasi. Itulah sebabnya mengapa buruk menyebabkan baterai cepat habis.

Baca Juga »  Sering Kehabisan Daya? Ikuti 5 Cara agar Baterai Hp Awet Simple Ini!

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna hp yang ada di dalam atau jauh dari sinyal baterainya mudah sekali habis. Untuk mengatasi jarak pengguna tersebut untuk mengaktifkan pesawat Mido pada hp untuk meningkatkan sinyal.

5. Software Belum Update

Penyebab baterai hp cepat habis selanjutnya yaitu tidak seringnya memperbarui aplikasi atau perangkat lunak pada perangkat. Penggunaan versi yang lama cenderung banyak memakan baterai pada perangkat.

Pembaruan perangkat lunak itu biasanya dilakukan sistem untuk mengoptimalkan masa pakai baterai karena beberapa bug akan terus diperbarui dan yang lama dihapus. Terkait hal tersebut pengguna diharapkan untuk selalu mengupdate software pada perangkat.

6. Charger Hp Rusak

Kadang habis baterainya dipengaruhi oleh charger hp yang rusak. Keadaan ini sering terjadi pada saat mengisi daya, akan tetapi justru datanya semakin meningkat bukan bertambah. Charger yang rusak membuat pengisian daya semakin lama.

Selain itu, akan menyebabkan kualitas baterai menurun. Untuk masalah ini, pengguna dianjurkan untuk mengganti charger yang baru. Untuk menjaga kualitas baterai agar tetap bagus, maka gantilah dengan jenis charger yang original.

Baca Juga »  Cara Download Video Youtube di HP Android dan Komputer

7. Penggunakan Widget Yang Terlalu Banyak

Untuk penyebab baterai hp cepat habis lainnya yaitu mengenai penggunaan widget yang berlebihan. Penggunaannya yang terlalu berlebihan menjadi penyebab baterai gampang atau cepat habis. Untuk masalah ini, pengguna disarankan untuk tidak menggunakan widget terlalu banyak pada perangkat. Karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi daya pada baterai.

Itulah beberapa penyebab baterai hp cepat habis. Tidak ada sesuatu yang dapat menyebabkan agar baterai hp tidak mudah habis atau boros. Lakukan berbagai cara tersebut agar baterai tahan lama dan tidak mudah boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published.