pengertian share hosting server

Pengertian Share Hosting Server, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya_

Share hosting merupakan salah satu bentuk hosting yang satu ini sering dipilih oleh para developer website. Sebenarnya apa pengertian dari share hosting server itu sendiri? Lalu apa saja yang membuatnya unggul dan apakah ada kekurangan yang dimiliki?

Jika penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai jenis hosting server yang satu ini, mari baca artikel ini sampai selesai. Pastikan paham betul jenis hosting yang akan digunakan sebelum mengeluarkan uang untuk membelinya.

Pengertian Share Hosting Server

Mari mulai dulu dari pengertian share hosting server itu sendiri. Dari namanya, bisa diketahui bahwa ini merupakan jenis hosting yang dipakai secara bersama-sama. Konsepnya adalah sharing atau berbagi dengan pengguna yang lain.

Jadi layanan hosting ini, menggunakan sistem dimana satu akun hosting akan diposisikan bersamaan dengan beberapa akun lainnya di satu server. Servis yang digunakan, juga sama dan dibagi ke akun-akun yang menggunakannya.

Share hosting juga bisa diartikan sebagai teknik hosting website pribadi, maupun website bisnis di dalam sebuah server yang juga meng-hosting website lain. Setiap website ini, memang berdiri secara independen namun berada di bawah kendali yang sama.

Perlu diketahui, bahwa jenis hosting ini sudah terbebas dari tugas pemeliharaan server. Jadi, pemilik website tidak perlu mengatur maintenance karena akan diurus langsung oleh server. Pemantauan hosting, juga bisa dilepas karena tidak bergantung pada pengelola website.

Lalu apa tugas utama dari pemilik website? Tugas pemilik atau pengelola website adalah bertanggung jawab dalam mengelola serta mengoperasikan laman website tersebut. Tidak perlu memikirkan pemeliharaan dan stabilitas maintenance server.

Kelebihan Share Hosting Server

Setelah paham pengertian share hosting server, mari cari tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan. Jenis hosting ini banyak dijadikan pilihan bukan karena tanpa alasan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari share hosting:

Baca Juga »  Hosting Domain Gratis, Cepat dan Stabil, Ini Cara Mendapatkannya

1. Mudah untuk Dimanfaatkan

Tipe hosting yang satu ini, banyak difavoritkan karena terbilang mudah untuk dimanfaatkan. Bahkan hosting jenis ini sangat direkomendasikan bagi para pemula. Tanpa pengetahuan mendalam mengenai hosting, para pemula bisa menggunakan hosting ini dengan mudah.

Bagi developer website yang masih pemula, share hosting server ini sangat praktis untuk digunakan. Tidak perlu lagi memikirkan masalah server dan pemeliharaan yang rumit. Semuanya sudah diatur sampai tuntas oleh pihak server yang menaungi website tersebut.

Menariknya lagi, sangat mudah bagi pengelola website untuk melakukan upgrade jika nantinya terjadinya peningkatan traffic. Sebagian besar pengguna share hosting biasanya akan memilih untuk upgrade ke dedicated hosting yang lebih spesifik ke satu orang pengguna.

2. Biaya Relatif Terjangkau

Dari segi biaya, share hosting server ini juga sangat menguntungkan. Biayanya relatif terjangkau, sehingga developer website tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar agar bisa menggunakan fasilitas hosting tersebut.

Harganya terjangkau bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengertian share hosting server tadi, disebutkan bahwa layanan hosting ini menggunakan sistem sharing. Jadi, satu server akan menangani beberapa website yang sifatnya independen.

Sama halnya seperti makanan, ketika dibagi ke banyak orang dan beban biaya juga dibagi sesuai jumlah orang tersebut maka akan terasa jauh lebih ringan. Hal inilah yang membuat share hosting begitu banyak diminati khususnya oleh para pemula.

3. Ada Akses Menuju Control Panel

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh share hosting server ini adalah adanya akses menuju control panel. Sebagai pengguna layanan share hosting, pengelola website bisa mendapatkan akses ke control panel secara mandiri.

Meskipun pemeliharaan server akan dilakukan oleh penyedia layanan secara langsung, namun pemilik website tetap punya kendali penuh. Ada control panel yang bisa digunakan untuk memberi berbagai jenis perubahan pada website sesuai kreativitas developer-nya.

Baca Juga »  Panduan Cara Membuat VPS Sendiri, Mudah Dipelajari Pemula

Selain mudah digunakan dan murah, jenis server ini juga memberikan fasilitas yang lengkap. Pengaturan halaman website, jadi jauh lebih praktis dan mudah dengan control panel tersebut. Ini bisa menjadi media yang tepat bagi pemilik website untuk mengembangkan skill yang dimiliki.

Kekurangan Share Hosting Server

Selain punya kelebihan, jenis hosting ini juga punya kekurangan tersendiri. Sebelum mantap membeli hosting server tersebut, pertimbangkan dulu apa saja kekurangannya. Berikut adalah beberapa kekurangan dari share hosting server:

1. Keamanan Server Tidak Begitu Kuat

Poin pertama, dari segi keamanan memang jenis server ini kurang begitu baik. Hal ini disebabkan oleh sistem penggunaan server yang bersama-sama atau sharing. Jadi keamanan dan stabilitas server-nya kurang begitu kuat, apalagi jika dibandingkan dengan server yang individual.

Seringkali terjadi penyalahgunaan akses pada jenis hosting server semacam ini. Tentu saja hal ini bisa membahayakan kondisi website. Jadi memang sebaiknya dicari layanan penyedia share hosting server yang benar-benar kredibel dan bisa memastikan keamanan bagi para akun yang menggunakannya.

2. Kontrol Server-nya Terbatas

Share hosting ini akan mengizinkan dua atau lebih akun untuk bergabung. Secara logika, semua akun tersebut bisa mengoperasikan satu server dalam waktu bersamaan. Hal ini akan memicu adanya keterbatasan akses untuk mengontrol server secara langsung.

Mari lihat sebuah perumpamaan dimana lebih dari 2 orang menempati 1 kamar. Akses orang-orang tersebut, tentu akan terbatas karena harus dibagi ke 2 orang lainnya. Inilah yang terjadi pada share hosting server, sehingga pengguna harus siap betul menghadapi kondisi tersebut.

Hal ini bisa memicu terjadinya down atau error pada website yang ikut bergabung di server tersebut. Terutama saat ada salah satu pengguna yang mengalami peningkatan traffic secara signifikan. Stabilitas server akan terganggu dan akhirnya terjadilah down.

Baca Juga »  Cloud Hosting Indonesia Maksimalkan dan Amankan Data Website Anda

3. Cenderung Kurang Fleksibel

Dari segi fleksibilitas, jenis share hosting server ini juga tidak begitu baik. Apalagi jika traffic website sudah terbilang tinggi. Tidak ada opsi yang fleksibel untuk mengimbangi perkembangan dari website tersebut.

Share hosting server belum memiliki pilihan upgrade CPU dan RAM. Jadi pilihan upgrade-nya, hanya terbatas pada kapasitas penyimpanan dan fitur-fitur tambahan. Hal ini kurang fleksibel dan akan membatasi pemilik website dalam mengelola halamannya sendiri.

Apakah Share Hosting Server Layak untuk Digunakan?

Dari pengertian share hosting server lengkap dengan kelebihan dan kekurangan tadi, kini waktunya mengambil kesimpulan. Apakah layanan hosting ini layak untuk digunakan?

Sebenarnya share hosting server masih sangat layak untuk dimanfaatkan. Apalagi bagi pengelola website pemula yang masih harus banyak belajar. Jika memang masih merintis dan laman website juga belum terlalu banyak traffic, maka jenis hosting ini bisa jadi pilihan.

Namun, jika website yang dikelola semakin banyak traffic dan keterampilan developer juga semakin meningkat maka sebaiknya lakukan upgrade. Dari sini bisa dipahami bahwa jenis hosting ini bisa diandalkan sebagai starter atau pemula.

Pengertian share hosting server beserta pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangannya ini bisa dijadikan sebagai acuan. Pastikan untuk memilih jenis hosting yang paling sesuai kebutuhan. Jika memang jenis hosting ini sesuai kebutuhan, maka pilihlah layanan yang paling terpercaya dan kredibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.