Pengertian Iklan Kolom, Fungsi, Unsur dan Contohnya dalam Beragam Topik!

Pengertian Iklan Kolom, Fungsi, Unsur dan Contohnya dalam Beragam Topik!
Pengertian Iklan Kolom, Fungsi, Unsur dan Contohnya dalam Beragam Topik! ( ekrut.com )

Di era modern ini, kita seringkali dihadapkan pada berbagai bentuk iklan, baik itu melalui televisi, media cetak, atau platform digital. Iklan tak hanya muncul di layar kaca atau di dunia maya, tapi juga merambah ke media cetak seperti billboard, koran dan majalah.

Era media sosial yang kian berkembang membuat iklan menjadi semakin luas penyebarannya, termasuk melalui promosi online. Meski begitu, iklan kolom di media cetak tetap memiliki tempatnya sendiri.

Banyak metode yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa, namun penggunaan iklan kolom di media cetak masih tetap populer. Keunggulan iklan kolom terletak pada target pasarnya yang spesifik dan biaya produksinya yang lebih ekonomis.

Iklan kolom umumnya terdapat di koran atau majalah, berbeda dengan iklan baris. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan keduanya? Mari kita bahas secara rinci mengenai iklan kolom, termasuk fungsi, manfaat, komponen, serta contoh-contohnya.

Pengertian iklan kolom

Iklan kolom merupakan suatu metode periklanan dimana iklan tersebut disajikan dalam format kolom di berbagai media cetak.

Setiap kolom mengandung detail tentang produk atau layanan beserta gambar yang bertujuan untuk menarik minat pembaca. Jenis iklan ini sering digunakan di koran, majalah, buletin, tabloid dan katalog, terutama di kalangan konsumen yang masih memanfaatkan media cetak sebagai sumber informasi.

Ukuran iklan kolom ini bervariasi, mulai dari ukuran kecil yang hanya berisi teks penting, hingga ukuran besar dengan gambar atau foto berwarna yang lebih menonjol, dikenal sebagai iklan display.

Biaya iklan ini ditentukan berdasarkan ukurannya, dengan iklan yang lebih besar biasanya memerlukan biaya lebih tinggi. Sementara itu, biaya iklan baris ditentukan oleh jumlah baris atau kata.

Informasi yang disampaikan melalui iklan kolom biasanya mencakup promosi produk, informasi lowongan pekerjaan, pengumuman dari pemerintah, penawaran layanan, ucapan belasungkawa, selamat, terima kasih, atau peringatan hari besar.

Perbedaan iklan kolom dan iklan baris

PerbedaanIklan KolomIklan Baris
UkuranUkuran iklan kolom lebih besar, bahkan ada yang ukurannya mencapai satu lembar penuhMempunyai ukuran lebih kecil, sekitar 3 sampai 6 baris saja
TampilanBerbentuk kolom dan berisikan aset visual seperti gambar ilustrasi, lambang, simbol maupun tanda lainnyaBerbentuk kalimat atau baris yang memuat rangkaian kata saja
Biaya PemasanganBiaya pemasangannya lebih mahal yang dihitung berdasarkan ukuran kolomBiaya relatif lebih murah ditentukan berdasarkan jumlah baris yang digunakan
DesainDi lengkapi dengan ilustrasi gambar dan berwarna sehingga lebih menarik perhatian pembacaDidominasi oleh warna hitam dan putih saja sehingga kurang menarik perhatian pembaca

Fungsi dan tujuan iklan kolom

Setiap iklan yang dibuat memiliki peranan dan maksud yang spesifik. Suatu iklan dianggap efektif dan sesuai jika dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Berikut adalah beberapa fungsi dan tujuan dari pembuatan iklan kolom:

1. Memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak

Mempergunakan metode periklanan seperti ini sangat menguntungkan. Iklan yang diterbitkan dalam bentuk kolom akan mengisi seluruh halaman surat kabar atau majalah dan media cetak lainnya, memungkinkan para pembaca untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai produk yang ditawarkan.

2. Dapat mempengaruhi pembaca untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan

Iklan kolom di media cetak memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan iklan visual di media digital karena memberikan kesan lebih nyata dan autentik.

Sejumlah perusahaan dan industri memilih untuk memanfaatkan iklan cetak ini dalam memasarkan produk atau layanan mereka, dengan keyakinan bahwa iklan tersebut lebih menarik perhatian pembaca dan meningkatkan minat mereka untuk melakukan pembelian.

3. Menarik minat pembaca

Orang biasanya lebih tertarik pada hal-hal yang tampak nyata. Bahkan dalam konteks iklan, iklan kolom sering kali lebih menawan daripada jenis iklan lain. Keunggulannya terletak pada ukuran yang lebih besar dan penggunaan ilustrasi serta gambar, yang efektif dalam menarik perhatian pembaca dan menjauhkannya dari kebosanan.

4. Sebagai strategi promosi offline

Sebagaimana sering kita amati, menggunakan iklan kolom dalam pemasaran offline terbukti sangat berguna. Para pengiklan memiliki kesempatan untuk menempatkan iklan kolom di media cetak, termasuk koran dan majalah.

Dengan biaya yang relatif terjangkau, pengiklan bisa memanfaatkan iklan kolom untuk mempromosikan produk, layanan, lowongan pekerjaan dan berbagai informasi lainnya.

Unsur – unsur iklan kolom

Iklan kolom juga mengandung beberapa elemen penting layaknya iklan jenis lain. Elemen-elemen tersebut dalam iklan kolom meliputi:

  • Tajuk
  • Nama barang
  • Uraian barang
  • Nomor kontak
  • Alamat surel

Contoh iklan kolom

Berikut beberapa contoh iklan kolom dalam berbagai situasi:

1. Iklan lowongan pekerjaan

Informasi tentang peluang karir tidak eksklusif terdapat di media digital atau situs pencari pekerjaan. Media cetak juga sering menyajikan berbagai informasi terkait kesempatan berkarir.

Biasanya, perusahaan-perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja mereka berada di sekitar wilayah distribusi media tersebut. Pada umumnya, iklan lowongan kerja ini mencantumkan detail kualifikasi yang dibutuhkan serta jenis posisi yang ditawarkan.

2. Iklan himbauan pemerintah

Iklan kolom himbauan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kebijakan penting yang mendukung kehidupan yang lebih bijaksana dan sehat. Ini termasuk informasi tentang cara menghindari virus covid-19, pencegahan terhadap demam berdarah dan topik kesehatan penting lainnya.

3. Iklan layanan masyarakat

Pemerintah dan berbagai instansi sering memanfaatkan iklan kolom di berbagai media untuk memberikan pendidikan kepada publik tentang berbagai program pemerintah yang sedang dijalankan.

Iklan kolom ini umumnya mengandung informasi krusial yang perlu diketahui oleh masyarakat, termasuk topik-topik seperti peringatan tentang virus covid-19, program keluarga berencana, upaya pencegahan narkoba, pentingnya imunisasi dan lain-lain.

Metode iklan layanan masyarakat ini telah terbukti efisien dalam menyebarluaskan informasi penting karena kemampuannya untuk menjangkau masyarakat secara luas dan cepat.

4. Iklan jualan produk

Iklan kolom menjadi pilihan yang lebih baik untuk memasarkan produk. Contoh berikut ini dapat dijadikan referensi. Tambahkan gambar dari produk yang ingin dijual beserta detail terkait keunggulan, fitur yang ditawarkan, serta informasi kontak atau akun media sosial untuk komunikasi lebih lanjut.

5. Iklan penawaran jasa

Iklan kolom tak hanya efektif untuk pemasaran produk, tetapi juga sebagai sarana untuk promosi berbagai layanan, termasuk laundry, perbaikan alat elektronik, kursus mengemudi dan lain-lain. Ini memberikan kesempatan untuk memaparkan ringkasan layanan yang ditawarkan beserta nomor kontak yang dapat dihubungi.

6. Iklan pengumuman kehilangan

Iklan kolom seringkali dimanfaatkan untuk menyampaikan pengumuman tentang kehilangan, baik itu barang maupun orang, sebagaimana contoh yang tertera di bawah.

Umumnya, iklan ini mencakup informasi mendetail mengenai karakteristik dari barang atau orang yang hilang serta menyertakan informasi kontak untuk dihubungi.

7. Iklan ucapan selamat pencapaian

Iklan kolom seringkali dipilih oleh perorangan atau kelompok untuk mengungkapkan penghargaan mereka terhadap keberhasilan seseorang. Informasi yang terdapat dalam iklan ini meliputi ucapan selamat, identitas dan gelar penerima, isi pesan, serta identitas pengirim.

8. Iklan belasungkawa

Iklan kolom dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyatakan rasa duka cita atas kepergian seseorang.

Dalam iklan kolom yang bertujuan untuk belasungkawa, seringkali diisi dengan kata-kata duka cita, pembukaan berupa doa atau kutipan ayat, detail waktu kepergian, peranan orang tersebut dalam keluarga, identitas lengkap termasuk usia dan alamat, informasi tentang proses pemakaman, serta daftar anggota keluarga yang ditinggalkan termasuk pasangan, anak, menantu, cucu dan juga nama organisasi yang mengurus pemakaman.

9. Iklan pameran

Iklan kolom ini merupakan pemberitahuan mengenai sebuah pameran yang kerap terlihat di media cetak. Umumnya, iklan ini terpisah dari yang lain dan memiliki ukuran yang lebih besar. Tujuan dari pemasang iklan adalah untuk menginformasikan kegiatan ini agar banyak orang tertarik untuk hadir dan menyaksikan pameran tersebut.

10. Iklan pencegahan narkoba

Narkotika yang tersebar luas dan dikonsumsi secara tidak sah merupakan ancaman serius bagi pemuda, calon pemimpin masa depan negara kita. Kita harus bersama-sama mencegah peredaran dan penggunaannya agar generasi muda bisa mencapai aspirasi mereka.

Mari kita semua mendukung mereka untuk tumbuh menjadi individu beretika dan berprestasi dengan menjauhi pengaruh narkoba. Pesan layanan masyarakat ini dipersembahkan dengan dukungan dari badan narkotika nasional republik indonesia.

11. Iklan pencegahan demam berdarah

Demam berdarah telah menjadi masalah kesehatan yang sering terjadi di indonesia, yang memiliki iklim tropis. Kasus-kasus ini kebanyakan disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes penyebab dbd.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan, salah satunya dengan menerapkan metode 3m plus, untuk menghindari penyebaran lebih lanjut dari dbd. Marilah kita bersatu untuk memerangi demam berdarah, karena lebih baik mencegah daripada harus mengobati.

12. Iklan pendidikan

Iklan pendidikan menyerukan agar anak-anak semangat dalam menuntut ilmu dan melanjutkan studi mereka ke lembaga pendidikan yang mereka pilih. Contohnya, iklan dari universitas swasta yang mendorong para siswa lulusan sma untuk bergabung sebagai mahasiswa baru di universitas tersebut.

Penutup

Berikut adalah ulasan terkait contoh dan pengertian iklan kolom, termasuk perbedaan, fungsi dan elemennya.

Diharapkan, setelah memahami ulasan ini, anda telah mengerti perbedaan antara iklan kolom dan iklan baris, serta dapat menentukan jenis iklan yang sesuai untuk kebutuhan bisnis anda, termasuk memahami target pasar yang dituju.

Untuk memilih antara iklan kolom atau iklan baris, pertimbangan utama adalah keuangan dan target pelanggan anda. Iklan kolom lebih cocok untuk menampilkan produk dengan elemen visual yang menarik, sementara iklan baris lebih sesuai untuk jasa dengan deskripsi singkat dalam bentuk teks.

Untuk memasang iklan kolom di koran, pertama siapkan materi iklan anda. Kemudian, hubungi agensi koran yang diinginkan melalui email atau whatsapp. Informasi kontak dapat ditemukan di situs web atau media sosial koran tersebut. Setelah menghubungi, tunggu tanggapan dari agensi koran.

Iklan kolom dan iklan baris memiliki kesamaan, yaitu keduanya dipublikasikan di media cetak, seperti surat kabar, majalah, tabloid dan buletin.

Mengenai biaya pemasangan iklan kolom, hal ini bergantung pada jenis koran yang dipilih. Biaya bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis koran, dengan prinsip umum bahwa semakin besar ukuran iklan, semakin mahal biayanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *