Pengertian, Fungsi dan Klasifikasi Aplikasi Adalah (apple.com)
Pengertian, Fungsi dan Klasifikasi Aplikasi Adalah (apple.com)

Pengertian, Fungsi dan Klasifikasi Aplikasi Adalah?

Aplikasi adalah salah satu istilah yang pengertiannya mungkin terkadang kurang terlalu diperhatikan oleh para penggunanya.

Sebagai pengguna ponsel pintar atau perangkat komputer, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah aplikasi. Seperti Instagram, WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya yang merupakan beberapa contoh aplikasi yang sering kita gunakan.

Dengan adanya aplikasi tentu sangat memberikan kemudahan bagi pengguna. Mulai dari interaksi dengan sesama hingga mempermudah pekerjaan.

Beragam aplikasi saat ini banyak tersedia di layanan Play Store. Siapa saja dapat dengan mudah untuk memiliki serta menggunakan aplikasi yang mereka inginkan dengan cara mengunduhnya.

Lalu tahukah Anda arti dari istilah aplikasi tersebut. Untuk lebih memahaminya, berikut ini kita simak ulasan lengkap.

Pengertian dari Aplikasi Adalah?

Pengertian aplikasi dapat kita pahami sebagai suatu perangkat lunak atau software yang beroperasi pada suatu sistem tertentu.

Perangkat lunak ini dengan sengaja diciptakan dan dikembangkan dengan maksud untuk melakukan perintah tertentu. Sebenarnya, istilah aplikasi berasal dari bahasa Inggris “application” yang berarti sebagai penggunaan atau penerapan.

Baca Juga »  Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

Selanjutnya secara harfiah, aplikasi dapat kita artikan sebagai penerapan perangkat lunak atau software yang telah melalui proses pengembangan dengan tujuan untuk melakukan sejumlah tugas tertentu.

Sedangkan dalam ilmu komputer, aplikasi adalah perangkat lunak atau program komputer yang dioperasikan dalam sistem tertentu di mana perangkat lunak tersebut diciptakan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melakukan perintah dari pengguna.

Perlu Anda tahu bahwa aplikasi tidak hanya terdapat pada program di perangkat smartphone saha, akan tetapi juga program yang ada di dalam perangkat komputer juga disebut dengan aplikasi.

Aplikasi juga bisa disebut dengan penerjemah perintah yang dijalankan oleh para pengguna komputer atau ponsel yang nantinya akan diteruskan serta diproses oleh perangkat keras.

Baca Juga »  Rekomendasi 7 Aplikasi Convert Video Ukuran Besar Online, Untuk Mengurangi Ruang!

Fungsi Aplikasi

Pada masa serba digital saat ini, aplikasi mampu memberikan banyak manfaat baik bagi pengembang serta pengguna. Aplikasi memiliki fungsi yang tidak jauh dari tujuannya yakni memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam berbagai bidang kehidupan.

Dengan adanya aplikasi dapat mempermudah pekerjaan seseorang, sebagai sarana hiburan, media komunikasi, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Aplikasi

Adapun jenis-jenis dari aplikasi berdasarkan klasifikasi antara lain:

  1. Personal Computer Software

Merupakan jenis aplikasi yang digunakan sebagai perangkat pengguna resmi serta pribadi yang telah banyak digunakan hingga saat ini.

  1. Engineering and Scientific Software

Aplikasi yang dikembangkan untuk membantu manusia menyelesaikan permasalahan yang sifatnya non algoritmik.

  1. Web Based Software

Adalah jenis aplikasi yang memiliki fungsi sebagai media penghubung antara pengguna dengan internet secara langsung.

    1. Artificial Intelligence Software

Jenis aplikasi berikutnya yang digunakan untuk membantu memecahkan sebuah masalah yang bersifat non algoritmik, yang mana tidak sesuai dengan adanya perhitungan dan analisis secara langsung.

  1. System Software
Baca Juga »  Bosan Seharian Penuh Hilangkan dengan Tebak Gambar Aplikasi, Ini Rekomendasinya!

System software dapat kita pahami sebagai jenis aplikasi yang dapat mengelola serta mengendalikan proses operasi internal yang terdapat di dalam sistem komputer.

  1. Real Time Software

Real time software merupakan jenis aplikasi yang fungsinya untuk mengamati, menganalisa, serta mengendalikan suatu kejadian di dunia nyata saat sedang berlangsung.

  1. Business Software

Salah satu jenis aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk keperluan bisnis seperti untuk mengatur sistem keuangan.

Dengan kata lain, aplikasi adalah suatu komponen yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan beragam aktivitas bagi para pengguna. Ini juga dapat menjadi sistem yang digunakan dalam mengelola data yang selanjutnya dapat menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.