pengertian dedicated hosting server

Pengertian Dedicated Hosting Server, Kelebihan, dan Waktu Terbaik Untuk Menggunakannya

Di luar sana ada banyak jenis hosting yang bisa dipilih, salah satu opsi populer yaitu dedicated hosting. Sebelum menggunakannya, developer perlu memahami pengertian dedicated hosting server beserta cara kerjanya. Dengan demikian, developer mampu mempertimbangkannya dengan baik.

Seperti halnya tipe hosting lain, dedicated hosting server memiliki waktu tertentu untuk menerapkannya. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja website supaya lebih stabil kecepatannya. Berikut informasi terkait dedicated hosting server yang bisa dipelajari terlebih dahulu:

Pengertian Dedicated Hosting Server

Tipe hosting ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan layanan satu server penuh. Bila digambarkan, dedicated hosting sama halnya ketika developer menyewa satu server beserta isinya. Itulah sebabnya, developer memperoleh kendali penuh pada server.

Ibaratnya user mempunyai rumah sendiri, sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas apapun di seluruh ruangan. Developer dapat memilih sistem operasi yang diinginkan, melakukan instalasi sendiri, dan memilih software tertentu. Kegiatan tersebut tentunya bebas dilakukan oleh user.

Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Setelah memahami pengertian dedicated hosting server, user perlu memahami cara kerjanya. Jenis hosting ini memberikan kendali penuh terhadap software maupun hardware yang digunakan. Mulanya developer akan diberikan server kosong, sebagaimana membangun website dari awal.

Melalui dedicated hosting, developer dapat menyesuaikan server berdasarkan RAM, jenis CPU, dan sistem operasi yang dipakai. Dapat dikatakan bahwa dedicated hosting lebih tepat untuk keperluan personalisasi. Jenis hosting ini juga menjadi pilihan terbaik untuk bermain game atau digunakan dalam website layanan keuangan.

Kelebihan Dedicated Hosting Server

Berdasarkan pengertian dedicated hosting server yang dijelaskan di atas, ada sejumlah kelebihan dari tipe hosting ini. Semua kelebihan tersebut bersifat relatif terhadap setiap kasus kebutuhan dan penggunaan user. Berikut kelebihan dedicated hosting yang perlu diketahui developer:

1. Tidak Berbagi Sumber Daya

Hosting ini memungkinkan pengguna untuk mengelola lebih dari satu domain sekaligus pada server. Manajemen tersebut akan tetap maksimal, sebab user tidak perlu berbagi sumber daya. Dengan penggunaan dedicated hosting, kejadian buruk yang dialami web lain tidak akan memperlambat server.

Baca Juga »  Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya

2. Akses dan Kontrol Penuh

Dedicated server memfasilitasi user untuk memberikan akses sepenuhnya. Ketentuan ini memudahkan user dalam melakukan konfigurasi sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Dedicated hosting memungkinkan user untuk memilih berapa banyak memori dan penyimpanan yang akan digunakan.

3. Lebih Aman

Selain karena akses yang mudah, dedicated hosting juga unggul dari segi keamanan. Apabila suatu saat terjadi kerusakan pada server, maka user tidak bertanggung jawab akan hal tersebut. Dengan demikian, layanan ini tergolong sangat aman bagi developer yang menggunakan hosting tersebut.

4. Efektif dan Mudah Dipantau

Perlu diketahui bahwa dedicated hosting bisa dikontrol melalui remote saja, sehingga terbilang sangat efektif. Dalam hal ini, user tidak perlu melakukan pengawasan setiap waktu pada fisik server yang mana akan merepotkan. Fleksibilitas tersebut memungkinkan user mengontrol perubahan persyaratan kinerja aplikasi.

5. Kecepatan Website Meningkat

Setiap developer tentunya ingin memiliki website dengan kecepatan yang baik agar pengunjung nyaman menggunakannya. Dari segi kecepatan website, kualitas server juga sangat berpengaruh. Itulah sebabnya, developer perlu memilih hosting yang tepat, salah satunya dedicated hosting.

Kecepatan website juga berkaitan dengan peringkat SEO, sebab website dengan kecepatan akses terbaik mampu mengurangi bounce rate. Perlu diketahui bahwa bounce rate merupakan persentase pengunjung yang memutuskan untuk keluar sebelum membuka halaman selanjutnya. Umumnya hal ini terjadi bila website terlalu lamban untuk diakses.

6. Tidak Terganggu Aktivitas dari User Lain

Bila menggunakan dedicated hosting, developer tidak akan terganggu oleh aktivitas dari user lain. Sebab, paket hosting yang dipilih bersifat pribadi atau hanya diperuntukkan satu user saja. Kondisi tersebut tidak akan mengganggu kinerja website bila terjadi peningkatan viewers.

Kekurangan Dedicated Hosting Server

Dalam membeli paket hosting, developer juga perlu mengetahui kelemahan dari dedicated server hosting. Salah satunya dapat ditinjau dari segi harga, di mana hosting ini termasuk kategori mahal. Harga tersebut tentunya diimbangi dengan spesifikasi server yang akan diperoleh user.

Baca Juga »  Pengertian VPS, Kelebihan Dan Jenis-Jenisnya

Di samping itu, ketika menggunakan dedicated hosting, user perlu mempunyai pengetahuan soal server. Sebab, wawasan tersebut sangat penting agar user mampu mengelola hosting dengan maksimal. Pastikan pemahaman tentang server dipahami dulu sebelum mulai menggunakan paket hosting tersebut.

Waktu Terbaik Menggunakan Dedicated Server

Ada waktunya seorang developer perlu berganti paket hosting apabila dirasa performa website semakin menurun. Ketidakstabilan yang terjadi pada website tersebut merupakan tanda-tanda harus berpindah ke dedicated hosting server. Berikut beberapa poin terkait waktu yang tepat untuk memakai dedicated hosting:

1. Pesan Error

Bagi developer yang sudah lama menekuni website tentunya sangat familiar dengan pesan error yang muncul di halaman WordPress. Sebetulnya ada sejumlah cara untuk mengatasi masalah pesan error yang terjadi. Salah satunya pindah ke hosting dedicated server yang menjadi solusi untuk menghindari error tersebut.

2. Saat Terjadi Downtime

Ciri-ciri server web sudah tidak mampu menampung blog atau website biasanya ditandai dengan terjadinya downtime. Situasi tersebut merupakan kondisi di mana blog atau website tidak bisa diakses lagi. Apabila terjadi hanya beberapa kali, maka bisa jadi hosting sedang melakukan maintenance.

Berbeda bila downtime sudah sering terjadi, bahkan sampai berhari-hari. Keadaan tersebut bisa sangat merugikan developer, salah satunya menurunkan penghasilan secara drastis. Downtime juga dapat mempengaruhi posisi website dalam browser, sehingga popularitasnya juga akan menurun.

3. Lemot

Kecepatan akses website atau blog merupakan poin penting yang tidak boleh diabaikan bagi developer. Sebab, hal ini terkait dengan kenyamanan pengunjung saat melihat halaman web untuk menemukan sumber informasi. Lambatnya website juga bisa terjadi karena file atau resource yang besar.

Baca Juga »  Cara Beli Hosting di Rumahweb, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Tidak bisa dipungkiri ketika sebuah website berjalan lambat juga dapat disebabkan oleh banyaknya pengguna dalam server tersebut. Pada kasus ini, solusi yang bisa diambil adalah dengan mempersiapkan diri mengambil paket hosting lainnya. Salah satunya dedicated hosting yang memiliki akses kontrol penuh.

4. Resource Tidak Mencukupi

Apabila website yang dimiliki sudah cukup populer, maka jumlah pengunjung juga akan bertambah banyak setiap hari. Bisa saja dalam satu hari website dikunjungi oleh puluhan ribu orang, sehingga membuat disk space meningkat. Apabila dibiarkan terus menerus maka dapat membuat website down.

Hasil dari resource yang tidak mencukupi tersebut akan mendatangkan peringatan suspend. Apabila sudah terjadi hal demikian, maka developer perlu menggunakan hosting dengan resource yang lebih besar seperti dedicated server. Dengan demikian, website terhindar dari down ketika pengunjung berdatangan.

5. CS Slow Respon

Salah satu poin yang harus dipertimbangkan untuk memilih jenis hosting yaitu bantuan support dari CS 24 jam. Layanan ini akan memudahkan setiap developer untuk berkonsultasi bila sewaktu-waktu terjadi masalah. Apabila hosting yang dipakai saat ini mempunyai pelayanan kurang cepat, maka disarankan untuk pindah ke dedicated server.

Demikianlah informasi tentang pengertian dedicated hosting server, kelebihan, serta waktu yang tepat untuk menjalankannya. Developer juga bisa mencari ulasan online dari para pengguna sebelumnya agar lebih meyakinkan. Tanyakan paket dedicated hosting terlebih dahulu pada tim penjualan sebagai bahan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.