Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal yang Sayang untuk Dilewatkan

Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal yang Sayang untuk Dilewatkan

Banyak orang yang enggan membuka usaha sendiri karena terkendala masalah modal, padahal ada peluang usaha menjadi distributor tunggal. Tidak butuh modal besar untuk bisa membuka usaha menjadi distributor tunggal. Hanya saja butuh waktu serta keuletan dalam menekuni dan menjalankan usaha.

Menjadi distributor tunggal pun sebenarnya cukup fleksibel. Usaha ini bisa dimulai secara part time di sela-sela kesibukan lainnya. Meski demikian, bagi yang serius dan ingin 100% fokus untuk membesarkan usaha distributor tunggal juga bisa dilakukan.

Apa Itu Distributor Tunggal?

Sebelum membahas lebih jauh tentang peluang usaha menjadi distributor tunggal, mari ketahui dulu apa pengertiannya. Distributor tunggal ini memiliki hak eksklusif untuk mendistribusikan suatu produk barang atau jasa. Jadi produsen tidak memiliki agen distributor lain dan hanya menggunakan satu distributor saja pada satu wilayah tertentu.

Sebagai bukti, hak eksklusif ini dibuat dalam bentuk perjanjian hitam diatas putih antara produsen dengan yang akan menjadi distributor tunggal. Jika nantinya ditemukan kesalahan, maka perjanjian pun bisa dijadikan sebagai bukti yang berkekuatan hukum.

Baca Juga »  Memulai Usaha Kopi Botolan, Persiapkan Beberapa Hal Ini

Bagaimana Cara Menjadi Distributor Tunggal?

Untuk menjadi distributor tunggal, pastikan terlebih dahulu produk apa yang akan didistribusikan. Produk berjenis barang seperti apa atau jasa pelayanan yang bagaimana yang perlu didistribusikan. Setelah memilih jenis produknya, selanjutnya tinggal mencari supplier atau produsen yang tepat.

Kemudian, perlu juga ditentukan sejak awal, apakah usaha akan dijalankan dalam bentuk badan usaha atau perorangan. Selain itu, urus pula segala perizinan yang diperlukan agar usaha yang akan dijalankan tidak menemui masalah di kemudian hari.

Mengapa Menjadi Distributor Tunggal

Dari awal sudah dibahas mengenai peluang besar yang dimiliki dengan menjalankan usaha sebagai distributor tunggal. Lalu, keuntungan seperti apa yang bisa diperoleh dari menjalankan usaha ini? Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Produk Sudah Ada

Dari sisi produksi, menjadi distributor tidak perlu lagi memikirkan masalah produk apa yang akan didistribusikan. Menjadi distributor hanyalah sebagai penyalur produk dari produsen ke konsumen. Jadi tidak perlu ikut pusing memikirkan mengenai proses produksi produk.

Baca Juga »  Cara Membuat Analisa Swot Bisnis Beserta Pengertian Dan Manfaatnya

2. Tidak Ada Persaingan

Sebagai distributor tunggal, produsen sudah terikat kewajiban untuk tidak mencari distributor lain di wilayah tersebut. Perjanjian tersebut dibuat hitam di atas putih dan bisa jadi bukti yang berkekuatan hukum. Oleh karena itu, hampir mustahil rasanya jika menemukan adanya saingan dalam menjalankan usaha.

3. Tidak Bertanggung Jawab pada Kualitas Produk

Satu hal lain yang tidak perlu dipusingkan oleh distributor adalah kualitas produk yang didistribusikan. Konsumen tidak akan komplain kepada distributor jika kualitas produk ternyata tidak sesuai yang diharapkan. Resiko terkait komplain konsumen terhadap kualitas produk sepenuhnya menjadi tanggung jawab produsen.

4. Tidak Perlu Memikirkan Masalah Marketing

Untuk urusan marketing produk, jelas bukan menjadi tanggung jawab dari distributor. Sekali lagi, tugas dari distributor hanyalah mendistribusikan produk. Jadi pemasaran produk dan pengenalannya kepada konsumen masih menjadi urusan produsen sepenuhnya.

Baca Juga »  Syarat dan Cara Urus Izin Usaha Sabun Cair yang Perlu Diketahui

5. Bisa Dimulai dengan Modal Minim

Yang menarik dari menjalankan usaha ini adalah minimnya modal yang dibutuhkan. Menjadi distributor tunggal berarti hanyalah mengurusi masalah pendistribusian produknya saja. Nantinya distributor akan dibayar oleh produsen untuk biaya pengiriman produk.

Itulah penjelasan dari peluang usaha menjadi distributor tunggal yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Usaha ini bisa tetap berjalan meskipun tidak memiliki modal dalam memulai usaha. Melihat keuntungan yang ditawarkan, jenis usaha ini jelas patut dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.