Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard! (youtube.com)
Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard! (youtube.com)

Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

Cara restart laptop dengan keyboard dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Kadangkala ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan memakai laptop ada kendala yang mengganggu, seperti keyboard tak berfungsi, layar hang, kursor tidak bisa diarahkan, dan sebagainya.

Nah, cara gampang untuk mengatasi permasalahan tersebut umumnya dengan melakukan restart laptop. Namun, apabila yang terjadi layar hang atau kursor yang tidak berfungsi, maka tidak bisa melakukan restart seperti pada umumnya. Alternatif yang biasanya dilakukan yaitu dengan memanfaatkan tombol keyboard untuk melakukan restart.

Cara Restart Laptop dengan Keyboard, Temukan Disini! 

Restart laptop punya beberapa kegunaan yang bisa membantu penggunanya menyetel ulang sistem. Apalagi restart laptop tidak menyebabkan data-data di dalamnya terhapus. Sehingga, merestart laptop dapat menjadi solusi saat mengalami kendala pada sistem, baik software error maupun kinerjanya.

Masing-masing laptop punya usia sampai batasan kinerja yang bergantung pada performa dari kombinasi hardware dan softwarenya. Beberapa kondisi menyebabkan laptop hang dan memungkinkan fitur melambat. Tentunya, salah satu cara untuk mengatasi kondisi itu dapat Anda lakukan dengan restart laptop melalui keyboard.

Baca Juga »  Ini 7 Aplikasi Ekstrak RAR Online Paling Bagus Dan Mudah Digunakan

Yuk, simak beberapa cara restart laptop menggunakan keyboard berikut ini!

1. Gunakan Ctrl + Alt + Del

Cara restart laptop dengan keyboard yang pertama ini sebetulnya cukup cepat untuk dilakukan. Namun, apabila Anda tengah membuka banyak software, kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del ini justru akan menutup dulu software yang terbuka sebelum beralih ke opsi shut down.

Caranya yaitu cukup dengan menekan Ctrl + Alt + Del, kemudian akan muncul opsi di pojok kanan bawah. Selanjutnya pilihlah “Restart” dan laptop Anda akan restart secara otomatis.

2. Gunakan Start Menu

Cara yang kedua ini termasuk paling umum untuk dilakukan. Anda dapat melakukan restart laptop melalui Start Menu, namun memakai keyboard sebagai navigasi.

Pada Windows 7, caranya hanya cukup dengan menekan tombol “Windows” di keyboard, lalu tekan tombol arah kanan dua kali. Selanjutnya pilihlah Restart dengan cara menekan tombol arah atas. Sementara itu, di Windows 8, tekanlah Windows + C, lalu navigasikan kursor ke ikon “Power”, berikutnya pilihlah Restart.

Baca Juga »  Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

3. Gunakan Alt + F4

Cara restart laptop dengan keyboard pada umumnya hampir sama dengan menonaktifkan laptop lewat keyboard. Caranya yakni Anda tekan Alt + F4 secara bersamaan, lalu akan muncul pilihan.

Hal yang membedakan yaitu Anda tidak memilih shutdown, namun Restart. Jangan lupa untuk menekan Enter, maka secara otomatis laptop akan restart.

4. Gunakan Menu Run

Ada juga yang merestart laptop dengan memakai Run yang jadi fitur bawaan. Adapun cara merestart laptop melalui menu Run ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan cari fitur Window Run pada laptop atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows + R.
  • Secara otomatis akan muncul kolom di fitur Run.
  • Ketik Shutdown/r dan klik OK.
  • Maka, laptop Anda akan melakukan restart.

5. Pakailah Kombinasi Tombol yang Lain

Selain memakai beberapa cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cara cepat restart laptop dengan menekan kombinasi tombol keyboard pada masing-masing OS. Apabila laptop ANda memakai Windows XP, maka Anda bisa memakai kombinasi tombol keyboard sebagai berikut:

  • Start + R
  • Alt + F4 + R
Baca Juga »  5 Penyebab Layar Laptop Hitam dan Cara Mengatasinya

Sementara itu, di laptop yang terinstal Windows 7, Anda bisa memanfaatkan kombinasi tombol keyboard:

  • Start >> arah kanan 2x >> R
  • Alt + F4 >> R >> Enter

6. Gunakan Windows + X

Terakhir, cara merestart laptop melalui tombol keyboard yaitu dengan kombinasi logo Windows dan X.

  • Pastikan laptop Anda masih dalam keadaan menyala.
  • Lalu klik logo Windows + X pada laptop dan pilihlah shutdown or Sign Out.
  • Selanjutnya klik Restart dan tunggu sampai proses restart laptop selesai.

Nah, itu tadi beberapa cara restart laptop dengan keyboard yang mudah dan lengkap. Semoga bisa membantu Anda yang ingin merestart laptop dengan cara yang praktis dan simpel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.