Mudah! Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb! (unsplash.com)
Mudah! Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb! (unsplash.com)

Mudah! Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb!

Cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb sebenarnya cukup mudah, sehingga Anda tidak harus membuat account hosting baru untuk domain 2. Sehingga fakta seputar cara untuk beli di rumahweb juga tergolong sangat mudah dan sederhana.

Pasalnya supaya domain maupun server bisa terhubung maka Anda bisa mengarahkan DNS domain ke IP server tujuannya. Sehingga bagi Anda yang memesan domain saja terutama di rumahweb, maka manage DNS pada domain bisa dilakukan dengan mudah.

Meski demikian ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menghubungkan domain ke server ataupun VPS itu. Misalnya saja seperti mengarahkan nameserver pada domain ke NS hosting tujuan sampai melakukan pointing pada domain.

Anda jangan khawatir, karena pada panduan kali ini kita akan membahas sejumlah tips untuk menghubungkan domain termudah.

Begini Cara Menghubungkan Domain ke Hosting RumahWeb Paling Mudah

Seperti yang kita tahu, bahwa membuat sebuah blog dengan blogspot juga bisa menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Sebab blogspot ini juga bisa menjadi pilihan sebab kemudahan dalam proses pembuatannya itu.

Sementara itu alamat websitenya bisa lebih mudah untuk kita ingat, maka harus membeli domain berbayar dulu sebelum melakukannya. Jadi setelah domainnya sudah aktif, maka Anda bisa langsung melakukan custom domain blogspot dengan mudah.

Selanjutnya dengan menghubungkan email domain ke Gmail maka Anda juga akan lebih mudah lagi untuk melakukan pengelolaan domain. Jika sudah melakukan login dengan klik settings custom domain serta merubah nama server di domain supaya menunjuk ke web hosting Anda.

Account Hosting

Cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb bagi Anda yang masih mengalami kesulitan, maka kini jangan langsung panik. Karena kita akan membahas mengenai cara atau langkah-langkah untuk menghubungkan domain ke IP VPS server termudah.

Baca Juga »  Perbedaan Hosting dan Domain Paling Lengkap, Pemula Wajib Tahu!

Pasalnya nameservers pada setiap hosting juga bervariasi, sehingga untuk lebih detailnya Anda bisa bertanya kepada provider hosting. Walaupun terdengar cukup teknis, maka Anda wajib mengetahui bagaimana untuk menghubungkan domain dengan hosting ini.

Karena Anda tidak harus membuat account hosting baru lagi untuk bisa membuat domain 2, sehingga ini sangat praktis lagi. Apabila Anda menggunakan layanan domain rumahweb, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tutorialnya pula.

Hal ini sangat penting untuk Anda pelajari, terlebih jika Anda mempunyai lebih dari 1 domain dan ingin menambahkannya ke cPanel hosting. Karena server setiap hosting berbeda, jadi Anda bisa bertanya kepada provider hosting yang Anda gunakan itu.

Hubungkan Domain ke Web Hosting

Cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb sekilas memang seperti sesuatu atau hal yang sulit, padahal ini sangat mudah. Karena pada dasarnya nameservers sendiri memerlukan waktu propagasi antara 1 hingga 24 jam sehingga sesudah perubahan NS, maka domain tak akan langsung mengarah ke hosting.

Akan tetapi akan menunggu sampai proses propagasinya benar-benar sudah selesai semua dan memasang domain di blog juga memerlukan pembayaran. Nah pada bagian kolom Daftarkan Domain Baru, maka Anda bisa langsung mengisi nama domain Anda.

Selanjutnya Anda bisa menghubungkan email domain dan akun Gmail yang Anda miliki. Jangan lupa Anda juga membutuhkan name server sebagai proses menghubungkan nama domain dan server web hostingnya.

Caranya ini sangat mudah, lantaran sudah berbekal dengan fitur Addon Domains pada cPanel. Apabila ingin mengelola email di hosting maka Anda juga dapat menggunakan Webmail saja.

Menggunakan IP Record

Berikut ini juga ada beberapa cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb namun dengan menggunakan IP Record. Tentunya Anda wajib untuk memperhatikan hal ini, terutama jika Anda adalah seorang pemula sehingga harus tahu.

Baca Juga »  Tips Memilih Hosting Tepat Dengan Harga Bersahabat

Langkah yang pertama Anda bisa melakukan login dulu ke halaman Clientzone kemudian klik opsi Domain> Manager Domain. Jika sudah lalu klik opsi DNS Management dan jika belum mengaktifkan fitur DNS Management, klik saja opsi Active Update. Lalu lanjutkan lagi dengan cara mengklik menu atau opsi pilihan Add New Record.

Seperti yang kita tahu bahwa A Record sendiri bermanfaat untuk mengarahkan domain ke web server tujuan. cname Record juga bisa disebut juga sebagai Aliases Record dan biasanya akan menggunakan www.

Jika setting DNS selesai, maka domain pun akan langsung mengarah ke server Anda sekitar 1 hingga 24 jam kemudian, BIasanya proses propagasi seperti ini akan tergantung dari seberapa lama penyedia layanan internet yang digunakan dalam menyimpan informasi DNS pada cache.

Setting Custom Domain Blogspot

Tidak hanya tahu bagaimana cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb saja, namun juga setting custom domain blogspot pula. Ini merupakan cara yang sederhana untuk Anda ketahui kemudian lakukan.

Langkah yang pertama Anda bisa melakukan login ke Account blogger milik Anda kemudian klik opsi Settings> Custom Domain. Selanjutnya klik pilihan Add a Custom Domain lalu isilah kolom menggunakan nama domain milik Anda, contohnya risa.my.id, maka cara penulisannya adalah www.risa.my.id dan klik Save.

Nantinya juga akan langsung menampilkan cname yang harus dipasang di domain manager milik Anda. Kemudian Anda bisa masuk lagi ke menu domain dengan mengklik Manager dan Nameserver Setting.

Klik Change Nameserver, DNS Management dan buat A Record dengan mengisi ketentuan yang berlaku. Lalu membuat cname Record dengan memasukkan informasi seperti yang ada di blogger sebelumnya.

Membeli Nama Domain

Selain hanya cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb maka penting bagi Anda untuk mengetahui darimana membeli nama domain sebenarnya. Jadi apabila belum mempunyai nama domain, maka Anda bisa membelinya melalui rumahweb sekitar 15 ribuan saja.

Baca Juga »  Cara Mudah Mendapatkan Hosting Domain Termurah dan Manfaatnya

Seperti yang kita tahu bahwa Addons domain sendiri merupakan cara menambahkan nama domain baru pada hosting. Sehingga dengan demikian akan memungkinkan satu hosting dapat digunakan hingga lebih dari satu domain.

Langkah-langkah yang harus ditempuh adalah dengan mengklik opsi Domain, List Domain Saya, Active, DNS Management, Start sampai tak ada tombol update lagi. Sedangkan pada bagian kolom domain, Anda bisa klik submenu Update Nameserver pada domain yang akan Anda ubah nameservernya.

Sementara itu sebelum akhirnya melakukan custom domain, mungkin ada beberapa orang yang telah memiliki nama domain sendiri. Akan tetapi jika Anda belum memilikinya maka harus membelinya terlebih dahulu.

Seperti pembahasan awal, bahwa agar alamat website bisa lebih mudah untuk diingat kembali, maka Anda dapat membeli domain berbayar. Sebab setelah domain Anda berhasil aktif, maka Anda bisa langsung melakukan custom domain seperti melalui Clientzone atau lainnya.

Pada dasarnya membuat sebuah blog atau website adalah salah satu pilihan bagi sebagian besar orang karena banyak keuntungan. Selain itu blogspot pun juga bisa jadi ;pilihan sebab kemudahan dalam proses pembuatannya.

Meski demikian setelah website dibuat, maka alamat website biasanya juga masih akan menggunakan embel-embel seperti [dot] blogspot.com. Sehingga Anda harus custom domain blogspot itu agar bisa menjadi domain sendiri.

Jadi cara menghubungkan domain ke hosting rumahweb akan menjadi tidak sia-sia, apalagi jika menyimak tutorial kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.