Mengenal Web Hosting Server dan Cara Membuatnya! (pexels.com)
Mengenal Web Hosting Server dan Cara Membuatnya! (pexels.com)

Mengenal Web Hosting Server dan Cara Membuatnya!

Apabila Anda memiliki masalah dengan website Anda, seperti website sangat lambat pada saat diakses, di sini Anda membutuhkan web hosting server.

Perlu Anda ketahui, server merupakan suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu pada suatu jaringan komputer. Server juga mendapatkan dukungan dari prosesor yang sifatnya scalable serta RAM yang besar.

Tak hanya itu saja, server juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang dinamakan sebagai network operating system atau sistem operasi jaringan.

Sedangkan, hosting merupakan tempat untuk menyimpan data digital. Mulai dari text, gambar, maupun video. Seluruh informasi tersebut nantinya akan ditampilkan dalam bentuk website.

Perlu Anda tahu, jika server hosting terdiri atas gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi.

Perbedaan Web Server Hosting Indonesia, Singapura, dan USA

Apabila website Anda lambat saat diakses, maka Anda bisa menggunakan web hosting server. Baik itu dari Indonesia, Singapura, atau USA. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan. Lalu apa perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Web Hosting Server Indonesia

Server Hosting Indonesia bisa diartikan jika komputer web server yang dipergunakan untuk menyimpan data website atau datacenter yang ada di Indonesia, tepatnya di Jakarta.

Jika dilihat secara fisik, server yang ada di datacenter yang terdapat di Indonesia atau sering dikenal dengan sebutan Indonesia Internet Exchange (IIX). Web hosting server ini juga tidak terpengaruh dengan keadaan konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang dipakai oleh pengguna lain.

Keunggulan hosting Indonesia ini yaitu bisa dilihat dari aksesnya yang cepat apabila diakses oleh pengguna internet yang ada di Indonesia. Aksesnya lebih cepat, sebab memiliki jarak yang pendek. Sehingga, cocok sekali untuk website yang memiliki target pengunjung utama yang ada di Indonesia.

  • Web Hosting Singapura

Nah, jika server hosting Singapore ini artinya jika komputer web server yang dipakai untuk menyimpan datacenter atau data website lokasinya ada di Singapura.

Baca Juga »  Bandwidth Pada Hosting Adalah Hal Penting, Inilah Penjelasan Lengkapnya

Seperti yang kita tahu, jika akses internet Singapore memang dinilai lebih baik daripada negara lainnya. Dengan begitu, server hosting ini lebih cepat diakses di semua negara ASIA.

Bahkan, server ini juga dinilai bisa menjadi penghubung antara server di IIX dengan server US. Tak heran jika relatif cepat pada saat diakses, baik itu dari Indonesia, Asia, atau USA.

  • Web Hosting Server USA

Server Hosting USA secara fisik yaitu bisa diartikan komputer web server yang dipakai untuk penyimpanan datacenter atau data website lokasinya ada di USA.

Server dari USA ini juga sangat cepat jika diakses dari seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena pusat server internet dunia lokasinya ada di USA.

Nah, untuk web hosting server dari USA ini juga cocok untuk website yang pengunjung utama dari semua wilayah di dunia internasional.

Jadi, terpengaruh juga dengan kondisi konektivitas jaringan internasional dari ISP Indonesia yang dipakai oleh para pelanggan.

Pengiriman maupun penerimaan e-mail juga bisa sangat cepat atau realtime. Sebab, untuk  routing ke mail server relatif lebih pendek. Contohnya saja ke Gmail, Yahoo, Hotmail, serta pengguna server berbasis yang ada di USA lainnya.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Ketika sudah sampai pada server, maka yang akan kita bicarakan yaitu tidak berbeda jauh dari laptop pribadi atau komputer desktop.

Akan tetapi, server dinilai sedikit lebih besar dan lebih kuat. Namun tidak memiliki monitor dan keyboard sendiri. Pada dasarnya server ini sama halnya dengan komputer yang Anda pakai setiap hari.

Sebelumnya, jika ingin membuat server maka akan banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari skill hingga biaya yang mahal.

Baca Juga »  Simak 6 Cara Upload Website ke Hosting dengan Mudah

Akan tetapi, saat ini Anda dapat membuat server sendiri di rumah menggunakan PC ataupun HP Android. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil seperti indihome supaya server Anda dapat diakses dari internet.

Server yang dapat Anda buat sendiri juga sangatlah beragam. Dari mulai web server, server game online, hingga server hosting. Semuanya bisa Anda buat sendiri di rumah menggunakan PC atau Android.

Berbeda dengan dulu, saat ini membuat server web hosting cukup mudah. Bahkan untuk kelas pemula pun dapat membuat server sendiri.

Tersedia berbagai macam panduan serta penyedia layanan sewa hosting server yang akan memberikan fitur setup server hanya dengan satu kali klik untuk para pelanggannya.

Menariknya, Anda dapat membuat server sendiri di rumah dengan memakai windows yang selalu terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Anda dapat membuat server sendiri dengan memulainya dari nol. Dari mulai menentukan spek, mencari berbagai komponennya, menginstall, dan setting hingga bisa menjadi sebuah server.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat web hosting server sendiri yang bisa Anda coba di rumah!
  1. Membuat Server Sendiri Mulai dari Nol

Membuat server web hosting mulai dari nol ini direkomendasikan untuk orang yang mempunyai banyak pengetahuan tentang ilmu komputer.

Sehingga, mereka sudah paham dan mengerti akan kebutuhan spek komputer yang dibutuhkan untuk membuat server.

Cara ini memang dikatakan sulit, terlebih untuk para pemula. Sebab, mereka terlebih dulu harus setting dari nol.

Biaya yang dibutuhkan juga lumayan banyak, mulai dari biaya untuk beli komponen hingga untuk perawatan server.

  1. Sewa Layanan Hosting Server

Nah, jika Anda tidak bisa membuat web hosting server sendiri di rumah mulai dari nol, maka Anda bisa membuatnya dengan sewa layanan hosting server.

Baca Juga »  Wajib Coba Beberapa Daftar Hosting Unlimited Gratis Ini!

Cara ini memang cara yang paling dikatakan mudah dan murah untuk membuat web server. Bahkan, Anda tidak membutuhkan banyak keahlian dan pengetahuan tentang ilmu komputer.

Sebab, server telah disetting oleh pihak terkait, yaitu penyedia layanan hosting. Jadi, Anda hanya perlu mensetting sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu lagi mensetting dari nol.

Dengan menggunakan cara ini, maka Anda bisa memperoleh sebuah web hosting server dengan sangat cepat dan murah. Bahkan, bisa terselesaikan dalam hitungan menit saja.

Server sebenarnya mengacu pada mesin komputer yang menyimpan file dan database situs web Anda. Jadi, web server yaitu program software yang memiliki tanggung jawab penuh untuk menangani permintaan dari internet.

Ketika Anda mengetik URL pada bilah alamat browser Anda, nantinya akan diterjemahkan ke permintaan yang akan dihubungkan ke komputer yang menghosting situs web yang ingin Anda cari.

Jadi, pada dasarnya, web server akan membaca permintaan, kemudian mencari tahu aplikasi lain apa yang harus dijalankan atau file yang diakses. Lalu, apabila sudah selesai, web server tersebut akan mengirim tanggapan lagi ke browser.

Biasanya, tanggapan yang dikirim kembali yaitu berupa halaman situs web yang akan Anda lihat.

Jadi, pada dasarnya software web hosting server ini perannya sebagai mediator antara internet serta file-file yang ada di server.

Leave a Reply

Your email address will not be published.