Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya (pexels.com)
Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya (pexels.com)

Mengenal Pengertian Cloud Hosting Google dan Keunggulannya

Cloud Hosting Google merupakan suatu data center server dari Google. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan data center ini untuk mengelola bisnis yang mereka jalankan. Hal ini dilakukan karena untuk menunjang kesuksesan bisnis yang mereka jalankan.

Pada zaman yang sudah serba digital ini, sebagian besar perusahaan banyak yang ke sistem digital atau online agar operasional perusahaan bisa meningkat.

Sebenarnya, website dalam hal ini tidak hanya berfungsi untuk media informasi para konsumen saja. Akan tetapi, website juga digunakan sebagai media untuk membentuk branding.

Mengenal Cloud Hosting Google

Cloud hosting merupakan jenis web hosting yang menggunakan banyak server, salah satunya yaitu Google. Tujuannya yaitu untuk menjaga keseimbangan load dan juga memaksimalkan uptime.

Selanjutnya, website Anda nantinya tidak akan mengakses menggunakan single server. Akan tetapi memakai cluster, diantaranya dengan memanfaatkan resource pool terpusat.

Apabila nanti terdapat server yang gagal, maka akan ada server lainnya tetap bisa berfungsi dengan baik. Jadi server lain tidak ikut akan ikut terpengaruh dan gagal seperti yang lainnya.

Dalam cloud hosting, nantinya Anda akan mendapatkan bagian yang namanya cloud cluster. Bagian ini berbeda dengan web hosting lainnya. Sebab, Anda dapat memperoleh space dengan jumlah tertentu untuk single server.

Tak hanya itu saja, cloud hosting juga hadir dengan berbagai macam kelebihan. Mulai dari fokus utama di uptime, alamat IP dedicated, mempunyai resource sendiri, hingga kemudahan dalam scaling.

Keunggulan Menggunakan Cloud Hosting Google

Saat ini banyak perusahaan yang mengelola bisnisnya dengan menggunakan cloud hosting Google. Di era digital seperti saat ini, mengelola bisnis juga harus disesuaikan dengan kemajuan teknologi terkini. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalankan bisa menjadi lebih berkembang.

Baca Juga »  Cek Hosting Website dengan Mudah dan Cepat

Cloud Hosting Google merupakan salah satu layanan yang telah tersedia dalam Google Cloud Platform. Ada banyak sekali alasan mengapa banyak orang yang menjadikan hosting ini sebagai pilihan terbaik mereka untuk menjalankan aplikasi serta website.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Cloud Hosting Google yang bisa Anda ketahui.

  1. Memiliki Layanan yang Lengkap

Dalam hal layanannya, GCP atau Google Cloud Platform mempunyai layanan yang sangat lengkap. Dengan demikian, bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengelola situs perusahaan.

Tak hanya itu saja, Google Cloud Hosting juga mempunyai berbagai macam layanan menarik. Diantaranya seperti App Engine, Cloud Storage, DNS, CDN, BigQuery, dan lain sebagainya.

  1. Menawarkan Live Migration

Layanan Cloud Hosting Google juga menawarkan live migration. Nah, kelebihan dari live migration ini yaitu engineer Google.

Dimana, bisa mengatasi berbagai macam masalah seperti repairing, patching, sampai pada updating software dengan lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi tentang server reboot karena sudah ada kelebihan yang satu ini.

  1. Data Center yang Tersebar pada Berbagai Negara

Pada waktu Anda memilih hosting, maka penting untuk Anda pertimbangkan lokasinya. Sebab, hal ini bisa berpengaruh terhadap kecepatan website Anda.

Dengan kelebihan dari Google Cloud Hosting ini, maka Anda bisa memperoleh akses yang lebih cepat. Hal ini disebabkan karena data center-nya sudah tersebar ke berbagai negara, tanpa terkecuali di negara Indonesia.

Dengan memilih hosting yang mempunyai data center di negara Indonesia, maka Anda dapat terbebas dari kemacetan akses informasi.

  1. Mempunyai Performa yang Maksimal

Alasan selanjutnya mengapa Anda perlu upgrade ke layanan web Google Cloud Hosting yaitu karena memiliki performa yang maksimal. Jadi, Anda tidak perlu mengatur arsitektur jaringan tersebut secara manual.

Baca Juga »  Ternyata ini Pengertian serta Kelebihan dari Cloud Hosting WordPress

Sebab, Google sudah mengelolanya dengan cara otomatis. Dengan adanya keunggulan ini, maka Anda bisa menjadi lebih fokus untuk mengelola situs perusahaan tanpa harus mengatur konfigurasinya.

  1. Keamanan juga Lebih Terjamin

Keunggulan Google Cloud selanjutnya yaitu terjaminnya masalah keamanan data. Seperti yang kita tahu, keamanan data pasti akan menjadi prioritas utama pada saat Anda mencari hosting.

Maka dari itu, usahakan jangan sampai ada kebocoran data perusahaan hingga sampai ke tangan pihak yang tak bertanggung jawab.

Nah, Google Cloud telah memiliki jaminan keamanan data ini. Dengan adanya sistem keamanan yang sudah disediakan oleh Google selama ini, maka masalah kebocoran data pastinya bisa menjadi lebih diminimalkan.

  1. Jaringan Fiber Milik Google

Pemakaian jaringan fiber milik Google ternyata juga ikut serta dalam menjamin tingkat keamanan data Anda. Hal ini disebabkan karena pihak Google memastikan setiap data akan ditransfer dari server ke pengguna lewat jaringan privat.

Dengan pemakaian jaringan privat, maka data tersebut bisa sampai pada pengguna dengan latency yang lebih rendah.

Bagaimana Agar Mendapatkan Layanan Hosting yang Tepat?

Google Cloud Hosting saat ini memang sangat recommended digunakan untuk mengelola bisnis yang ada di era digital ini. Maka dari itu, berbagai cara yang ditempuh harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, termasuk dalam memilih hosting.

Untuk memilih layanan hosting, sebaiknya Anda tidak melakukannya secara sembarangan. Hal ini disebabkan karena kualitas hosting yang dipilih nantinya juga bisa menentukan kualitas dari website milik Anda sendiri.

Maka dari itu, untuk mengelola Google Cloud, Anda harus bisa memilih layanan hosting yang benar dengan cara memperhatikan berbagai hal seperti berikut ini;

Baca Juga »  Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Pengguna Pemula Wajib Tahu 6 Hal Ini

Mempertimbangkan Masalah Kredibilitas

Pada saat Anda akan memilih layanan hosting, maka salah satu hal yang wajib Anda pertimbangkan dan perhatikan yaitu kredibilitasnya.

Supaya Anda bisa mengetahui seperti apa kredibilitas layanan hosting yang hendak Anda pilih, maka Anda bisa mencari informasi lamanya perusahaan tersebut beroperasi. Ketahui juga siapa saja yang sudah pernah menjadi kliennya.

Jika kredibilitasnya baik, maka layanan penyedia hosting ini bisa Anda percaya untuk bisnis Anda.

Ketahui Juga Layanan yang Ditawarkan

Saat ini sudah tersedia banyak sekali jasa hosting yang dapat Anda jumpai. Ini semua bisa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Anda pun harus bisa memilih mana yang tepat agar bisa menemukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Maka dari itu, penting untuk Anda mencari tahu apa saja layanan yang ditawarkan oleh jasa tersebut. Apabila Anda ingin fokus ke pemakaian Google Cloud Hosting, maka Anda bisa memilih perusahaan yang fokusnya dalam bidang tersebut.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai macam layanan lainnya yang mendukung kebutuhan bisnis Anda. Sebagai contoh yaitu tersedianya layanan analisis data. Ini sangat mendukung untuk jaringan bisnis Anda.

Agar bisnis Anda bisa menjadi lebih berkembang, maka jangan lupa memilih layanan hosting yang menyediakan data real-time dengan menggunakan bantuan location intelligence.

Dengan adanya Cloud Hosting Google ini, maka bisa membuat pebisnis bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis maupun personal. Mengembangkan jaringan bisnis memang sangat penting dilakukan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya dan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.