Mengenal Layanan Cloud Hosting Gratis, Apa Saja (Unsplash.com)
Mengenal Layanan Cloud Hosting Gratis, Apa Saja (Unsplash.com)

Mengenal Layanan Cloud Hosting Gratis, Apa Saja?

Sekarang ini sudah banyak tersedia layanan Cloud Hosting gratis yang dapat dinikmati dengan mudah oleh pengguna hosting. Memang layanan Cloud hosting ini sudah banyak. Namun masih jarang yang menyediakan layanan gratis atau murah bagi banyak pengguna.

Dengan adanya layanan hosting gratis ini tentunya akan banyak membantu pengguna. Dengan layanan ini Anda bisa menikmati layanan hosting tanpa membayar. Meskipun sebenarnya hosting gratis ini biasanya memiliki batasan waktu penggunaan, namun tetap saja banyak yang menggunakannya.

Hosting gratis ini biasanya juga memberikan kapasitas storage. Namun meski begitu, tetap saja layanan ini akan membantu penggunaannya. Biasanya syarat yang diberikan untuk menikmati layanan gratis ini hanya meminta penggunaannya membuat user yang terintegrasi dengan email.

Terkadang Anda juga diminta untuk terintegrasi dengan akun lain atau nomor ponsel Anda. Bagi Anda yang tertarik menggunakan layanan ini tidak ada salahnya untuk mencoba. Terlebih bagi Anda yang baru ingin belajar menggunakan cloud hosting. Karena layanan ini gratis sehingga Anda tidak perlu membayar lagi.

Cloud Hosting Gratis, Ini Cara Mendapatkannya

Layanan hosting gratis ini sudah cukup untuk website baru. Sehingga Anda tidak perlu ragu ketika ingin menggunakan layanan cloud hosting ini. Biasanya Cloud Hosting ini memang sangat dibutuhkan perusahaan atau ukm untuk membuat website mereka.

Makanya tak heran jika sekarang ini terdapat banyak sekali layanan web hosting dan cloud hosting yang bisa dinikmati penggunaannya secara gratis. Terlebih cara penggunaannya juga cukup praktis. Anda juga bisa memilih layanan cloud hosting yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya.

Adanya cloud hosting ini tentunya juga akan mempermudah aktivitas Anda nantinya. Terlebih Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangannya. Sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar cloud hosting atau ingin memasang cloud hosting tapi tidak memiliki banyak biaya.

Baca Juga »  Cara Membeli Hosting yang Tepat, Ini Langkahnya!

Terlebih sekarang sudah cukup banyak layanan cloud hosting yang bisa Anda pilih sesuka hati, tentunya hal ini semakin memudahkan Anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa layanan cloud hosting yang bisa menjadi referensi tepat untuk Anda yang ingin menggunakan layanan cloud hosting secara gratis.

Google Cloud Platform

Layanan cloud hosting gratis yang pertama ini yang memberikan layanan cloud gratis semenjak tahun 2020 lalu. Memang belum cukup lama, namun peminatnya cukup banyak. Layanan yang ditawarkan berupa layanan yang terdapat pada program Google cLoud Platform Free Tier. Dengan program ini pengguna dapat melakukan aktivitas secara gratis.

Untuk jangka waktu layanan gratisnya hingga satu tahun. Tentunya jangka waktu yang diberikan layanan ini sudah cukup bagi Anda yang hanya ingin belajar cloud hosting. Selain itu, ada berbagai layanan yang disediakan cloud gratis satu ini, yang tentunya akan semakin memudahkan aktivitas Anda.

Untuk itu, Anda hanya perlu memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Dengan menggunakan layanan ini tentunya Anda sudah menghemat biaya pengeluaran. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan layanan cloud hosting satu ini jika Anda membutuhkannya untuk berbagai keperluan.

Amazon Web Service

Cloud hosting gratis selanjutnya ini juga bisa menjadi referensi tepat untuk Anda yang membutuhkan layanan cloud hosting untuk berbagai keperluan. Layanan dari Amazon ini sudah menyediakan cloud terintegrasi, sehingga pengguna dapat melakukan perubahan sesuai dengan keinginan.

Sama seperti layanan sebelumnya Amazon juga memberikan layanan cloud gratis selama satu tahun bagi penggunannya. Selain itu, layanan ini juga menyediakan banyak fitur pelayanan yang akan semakin memudahkan penggunanya dalam berbagai aktivitas berhubungan dengan cloud.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Hosting di Google Cloud? Baca Penjelasannya Disini!

Beberapa layanannya antara lain Amazon Web Service, SQS, RDS, SNS< EC2, S3, dan berbagai layanan lainnya yang akan membantu Anda. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai penggunanya nanti. Terlebih Anda bisa menikmati layanan gratis ini cukup lama.

Microsoft Azure

Cloud hosting gratis selanjutnya juga tidak kalah baiknya dengan layanan sebelumnya. Layanan ini merupakan salah satu platform terbaik dari Microsoft. Keunggulan dari cloud gratis ini pengguna tidak lagi perlu khawatir dengan masalah keamanan data yang tersimpan pada cloud. Karena sistem keamanannya sudah terferivikasi ISO 27018.

Dengan ini penggunannya dapat membangun teknolog cloud gratis hingga web application, atau berbagai aplikasi lain yang menggunakan virtual machine. Microsoft ini memberikan layanan gratis sebesar 15 GB bagi pengguna Dropbox. Anda juga akan diberikan akses ke beberapa mesin virtual.

Anda akan diberikan akses ke mesin virtual antara lain Windows, Linux, basis data, penyimpanan file, dan bandwidth hingga 1 tahun. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan terlebih Anda bisa menggunakannya secara gratis bagi setiap penggunanya.

Alibaba Cloud

Cloud hosting gratis selanjutnya ini juga tidak kalah sebaiknya. Anda bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan secara gratis. Untuk jangka waktu penggunaannya juga 1 tahun, setiap pengguna dapat menikmati berbagai layanan gratis selama satu tahun.

Program layanan dari Alibaba ini bernama Alibaba Cloud Free Credit, ada berbagai layanan yang disediakan oleh Alibaba dan dapat dinikmati penggunaannya secara gratis. Seperti content delivery network, table store, balancer, ECS, hingga redis dan masih banyak lagi.

Baca Juga »  Cloud Hosting Indonesia Maksimalkan dan Amankan Data Website Anda

Dengan menggunakan layanan cloud gratis ini tentunya Anda bisa menghemat biaya untuk membangun web profesional. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pengguna layanan cloud dari Alibaba ini.

IBM Bluemix

Cloud hosting gratis selanjutnya ini memberikan layanan cloud gratis selama satu tahun kepada masing-masing penggunaannya. Layanan ini juga memberikan kapasitas memori sekitar 2 GB. Anda juga akan dipermudah dalam proses registrasinya sehingga tidak perlu khawatir.

Anda juga tidak perlu menggunakan kartu kredit, bahkan Anda juga tidak perlu mendaftar di IBM untuk menikmati layanan ini. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah Anda, asalkan Anda mengikuti syarat-syaratnya.

Heroku

Cloud hosting gratis selanjutnya ini juga bisa Anda jadikan referensi. Layanan cloud gratis ini memberikan sekitar 512MB sebagai kapasitas RAM. Tentunya hal ini cukup besar untuk layanan cloud gratis. Jumlah kapasitas RAM ini merupakan kapasitas untuk setiap apps.

Hal yang menguntungkan Anda bisa menggunakan sekitar 5 apps yang berbeda ketika menggunakan layanan cloud gratis ini, tentunya hal ini cukup menguntungkan. Terlebih ada berbagai layanan menarik yang ditawarkan cloud gratis ini semakin mempermudah Anda.

UP Cloud

Layanan cloud gratis satu ini mungkin belum banyak dikenal. Namun layanan ini cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan cloud gratis. Penggunaannya dapat mendapatkan bebas Cloud free trial selama 3 hari bagi setiap penggunanya.

Cloud hosting gratis satu ini juga membebaskan penggunaannya untuk menikmati semua layanan cloud gratis satu ini. Nantinya jika Anda kurang merasa puas dengan pelayanannya maka Anda bisa berhenti menggunakan layanan dari cloud ini. Tentu, hal ini cukup praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.