Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server yang Patut Diketahui

Ada beragam pilihan layanan hosting yang bisa dimanfaatkan saat ini, salah satunya dedicated server hosting. Tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangan dedicated server yang penting untuk dipahami sebelum menggunakan layanan hosting tersebut.

Jenis hosting ini cukup banyak digunakan oleh para developer website. Khususnya bagi perusahaan yang butuh resource cukup besar untuk digitalisasi. Mari berkenalan lebih jauh dengan jenis layanan hosting ini, termasuk apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Dedicated Server Hosting

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan dedicated server, penting untuk paham dulu pengertiannya. Ini merupakan jenis layanan hosting yang memiliki kapasitas sumber daya paling besar.

Dedicated server hosting adalah jenis layanan hosting dimana satu server akan melayani satu orang pengguna. Jadi satu server tersebut akan didedikasikan penuh kepada satu pengguna. Dengan kata lain, pengguna sama saja menyewa satu server penuh dilengkapi semua isinya.

Biasanya jenis layanan hosting semacam ini dinilai cocok untuk pengguna yang sudah paham betul mengenai pengelolaan server. Lebih direkomendasikan bagi pengguna yang butuh resource besar, dan mengutamakan kelancaran akses dengan traffic yang padat untuk website-nya.

Layanan hosting ini juga sangat cocok bagi pengguna yang bersedia mengeluarkan bujet lebih. Tidak heran memang karena konsepnya adalah satu server untuk satu pengguna jadi dari segi biaya tentu jauh lebih mahal dibandingkan shared hosting.

Kelebihan Dedicated Server

Setiap jenis layanan hosting biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi mari cermati satu per satu kelebihan dan kekurangan dedicated server hosting ini. Mulai dulu dari beberapa kelebihannya berikut:

1. Performa Optimal

Jenis hosting seperti ini memiliki performa yang optimal. Dedicated server bisa memberikan performa penuh dengan kapabilitas yang cukup besar, baik untuk website maupun sebuah aplikasi.

Sesuai dengan konsepnya yaitu satu server untuk satu pengguna maka secara otomatis tidak akan ada banyak downtime. Performa jauh lebih baik dan lancar tanpa ada gangguan noisy neighbor. Berbeda dari shared hosting dimana satu server harus berbagi dengan banyak pengguna.

Dedicated server bisa meminimalkan berbagai jenis kendala pada akses website, maupun aplikasi. Jika dibuat perumpamaan, maka bisa diibaratkan dedicated server ini sebagai sebuah jalan yang lebar dan hanya dipakai satu pengendara saja jadi bisa lancar.

2. Privasi Lebih Terjaga

Kelebihan lain dari dedicated server adalah adanya privasi yang lebih terjaga. Kualitas keamanan yang ditawarkan oleh dedicated server hosting ini sangat baik. Hal ini, disebabkan oleh pengguna tidak harus berbagi resource dengan pengguna lain.

Dalam sistem dedicated server ini, satu server hanya dipakai oleh satu pengguna. Jadi, secara logika memang jauh lebih aman. Layaknya sebuah rumah yang hanya ditinggali satu orang pemilik jadi jauh lebih aman dari segi privasi.

Tidak heran jika jenis hosting ini sangat direkomendasikan untuk perusahaan atau organisasi besar. Biasanya perusahaan yang berkapasitas besar butuh sistem keamanan yang kuat, jadi sangat disarankan memilih dedicated server hosting.

3. Punya Alamat IP Sendiri

Layanan dedicated server hosting ini memang sangat unggul dari segi privasi. Tidak heran memang karena konsep layanannya satu server untuk satu pengguna. Jadi, dari segi privasi memang sangat bagus dan pengguna bebas menggunakan resource.

Bahkan pengguna dedicated server ini, akan mendapatkan alamat IP pribadi dan tidak harus berbagi bersama pengguna yang lain. Tentunya, alamat IP ini jadi unik karena hanya dimiliki seorang diri. Berbeda dengan shared hosting yang alamat IP-nya dipakai bersama-sama.

4. Kontrol Penuh

Satu server untuk satu pengguna berarti pengguna tersebut memiliki kontrol atau akses penuh terhadap kendali yang diberikan. Perlu dipahami bahwa pada sebuah layanan hosting, pengguna juga harus mendapatkan akses atau kontrol. Ada yang mendapatkan akses penuh dan ada yang tidak.

Dalam sistem dedicated server hosting ini, pengguna akan mendapatkan kontrol secara penuh. Jadi pengguna bisa dengan leluasa mengatur kapasitas atau pembagian resource untuk perangkat lunak yang dipakai.

5. Fleksibel Cek secara Remote

Kelebihan lain dari dedicated server adalah bisa fleksibel dicek secara remote. Di zaman digital seperti sekarang tentu akan jauh lebih mudah jika memakai layanan hosting yang fleksibel.

Pengguna dedicated server hosting bisa dengan mudah melakukan kontrol dan pengecekan dari jarak jauh. Jadi, tidak harus datang langsung untuk mengecek server secara fisik. Cukup dengan diawasi secara remote saja.

Kekurangan Dedicated Server

Memang sangat penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dedicated server hosting sebelum menggunakannya. Ini bisa menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa kekurangan dari dedicated server:

1. Butuh Biaya yang Besar

Kekurangan pertama dari dedicated server adalah butuh biaya yang besar untuk membelinya. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis server ini memang lebih cocok untuk pengguna yang siap mengeluarkan bujet besar. Hal ini disebabkan oleh tarifnya yang memang premium.

Namun perlu diketahui bahwa harga yang premium ini setara dengan kualitas yang akan didapatkan oleh pengguna. Dari beberapa kelebihan yang sudah disebutkan tadi, jelas bahwa dedicated server ini memang menawarkan layanan yang premium jadi tidak heran jika harganya mahal.

Secara logika, semakin tinggi spesifikasi server, maka akan semakin mahal harganya. Dedicated server ini bisa dikatakan punya spesifikasi yang tinggi dibandingkan jenis server lain. Jika memang ingin mendapat harga lebih terjangkau, maka tinggal pilih jasa penyedia yang tepat.

2. Butuh Pengetahuan tentang Server

Perlu diketahui bahwa dedicated server ini merupakan jenis layanan hosting yang harus dikelola sendiri secara mandiri. Jadi secara otomatis pengguna harus punya bekal pengetahuan yang memadai. Pengguna harus tahu bagaimana kinerja atau cara kontrol dari server tersebut.

Itulah mengapa jenis server ini memang lebih banyak direkomendasikan bagi pengguna yang berpengalaman dan paham soal server. Jika memang belum punya bekal wawasan yang memadai, maka bisa belajar dulu supaya lebih mudah melakukan kontrol.

Apakah Dedicated Server Layak Jadi Pilihan?

Setelah memahami apa itu dedicated server lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya, silahkan ambil kesimpulan. Apakah dedicated server ini layak jadi pilihan atau tidak? Tentu jawabannya akan kembali lagi pada kondisi masing-masing.

Jika memang ada biaya yang mencukupi dan sudah punya pengetahuan teknis yang memadai maka dedicated server akan jadi pilihan tepat. Apalagi jika memang kebutuhan resource-nya cukup besar dan ingin mendapatkan privasi yang lebih berkualitas.

Namun, jika belum merasa layak menggunakan dedicated server maka coba saja alternatif lainnya. Ada 2 jenis layanan hosting yang bisa dijadikan alternatif untuk dedicated server yaitu VPS hosting dan cloud hosting.

Cermati baik-baik apa saja kelebihan dan kekurangan dedicated server tadi. Ini akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat membantu pengambilan keputusan saat memilih server. Pastikan bahwa server tersebut bisa mencukupi kebutuhan resource dan performanya bisa diandalkan.