Mengenal Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme Dengan Fitur App Lock, Beserta Penjelasannya

Mengenal Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme Dengan Fitur App Lock, Beserta Penjelasannya

Smartphone canggih seperti Realme, sudah menjadi wadah untuk menyimpan hal penting seperti aplikasi internet banking. Karena itu, pengguna Realme yang tidak ingin aplikasi seperti itu diakses, akan memilih untuk mengunci aplikasi-aplikasi tersebut. Maka, perlu diketahui bagaimana cara mengunci aplikasi di HP Realme agar penggunaan smartphone tetap aman.

Pada dasarnya, aplikasi penting yang tidak dikunci akan berdampak buruk bagi pengguna smartphone. Keluarga, kerabat, bahkan orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja kedapatan mengambil smartphone dan mengakses aplikasi bank atau messenger. Jangan khawatir, karena Realme sudah memiliki fitur bawaan untuk mengatasi masalah ini.

Kenali Fitur Canggih App Lock Dalam HP Realme

App Lock, merupakan fitur khusus Realme yang dapat mengunci aplikasi yang dipilih. Fitur ini yang membuat Realme banyak dilirik oleh sebagian pengguna smartphone. Dengan adanya fitur  canggih ini, bagi yang mempunyai Realme tidak perlu menambah aplikasi pengunci yang dapat memberatkan kapasitas memori smartphone.

Cara menggunakan fitur ini pun didesain simpel agar bersahabat bagi pengguna yang awam. Ditambah dengan desain Realme UI yang minimalis, mencari pengaturan App Lock pun sangat mudah. Dengan fitur App Lock ini, pemilik Realme dapat bernapas lega. Karena, orang luar tidak akan bisa mengakses aplikasi yang terkunci.

Baca Juga »  6 Aplikasi Convert PDF to Excel Terbaik

Cara Menggunakan Fitur App Lock Untuk Mengunci Aplikasi Berdasarkan Seri

Sebelum melihat cara pengaturan fitur App Lock, perlu diingat jika smartphone Realme memiliki sistem operasional yang berbeda-beda tergantung seri nya. Tidak semua seri HP Realme memiliki pengaturan yang sama. Agar tidak membingungkan, berikut pengaturan fitur App Lock yang sesuai dengan seri-seri Realme.

1. Pengaturan App Lock Untuk Realme 6, 6 Pro, 7, Dan 7 Pro

Karena UI yang sudah modern, cara mengunci aplikasi untuk smartphone Realme dengan seri-seri ini lebih mudah. Pengguna HP Realme dengan seri-seri ini memiliki sistem operasional Android 11 dengan Realme UI 2.0. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Buka menu Settings, lalu pilih bagian Privacy.
  • Pada bagian Privacy, pilih opsi App Lock.
  • Pilih Set Password, lalu tambahkan kata sandi.
  • Tambahkan pertanyaan keamanan dengan jawaban yang mudah diingat.
  • Setelah itu, pilih aplikasi-aplikasi mana yang ingin dikunci.
  • Terakhir, tekan tombol Encrypt.

2. Pengaturan App Lock Untuk Realme 2, 2 Pro, 3, 5, C1, C2, C3 Dan C12

HP Realme dengan seri-seri ini masih menggunakan sistem operasional Android 10 dengan Realme UI 1.0. Cara mengunci aplikasi di hp Realme satu ini tidak terlalu berbeda dengan yang pengaturan dengan Realme UI 2.0. Berikut langkah-langkah pengaturan dengan sistem ini:

  • Buka menu Settings, lalu pilih Security.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi App Lock.
  • Tambahkan PIN dengan 6 digit, dan ulangi untuk memastikan PIN terisi dengan benar.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang mana yang ingin dikunci.
  • Terakhir, aktifkan opsi Enable Passcode Verification.

3. Pengaturan App Lock Untuk Realme 3, 3 Pro, 5, Dan C2

Meskipun mirip dengan yang di atas, namun ini adalah pengaturan bagi yang masih menggunakan Android v9.0 dengan custom UI ColorOS 6. Bagi yang memiliki sistem operasi ini, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

    • Buka menu Settings, lalu pilih Security.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan opsi App Encryption.
  • Tambahkan PIN 6 digit, dan ulangi untuk memastikan PIN terisi dengan benar.
  • Pilih aplikasi yang mana yang ingin dikunci.
  • Terakhir, aktifkan opsi Enable Passcode Verification.

Demikian pembahasan mengenai fitur App Lock, dan cara mengunci aplikasi di HP Realme sesuai dengan seri ponsel yang tersedia. Setelah mengunci dengan App Lock, hal yang terpenting adalah jangan melupakan kata sandi atau PIN. Pastikan juga, tidak ada satu orang pun yang mengetahui kata sandi atau PIN, serta dapat menebak pola yang diatur.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahkan M Banking BCA ke HP Lain Beserta Persyaratannya

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published.