Mengenal Apa Itu Microsoft OneDrive, Manfaat, Fitur & Kelebihannya

Mengenal Apa Itu Microsoft OneDrive, Manfaat, Fitur & Kelebihannya
Mengenal Apa Itu Microsoft OneDrive, Manfaat, Fitur & Kelebihannya ( jagatreview.com )

Teknologi terus mengalami kemajuan yang signifikan seiring berjalannya waktu. Hal ini mencerminkan semangat inovasi yang terus diperlihatkan oleh manusia dalam upaya mempermudah berbagai aktivitas dan kebutuhan.

Contohnya, dalam bidang penyimpanan data, saat ini terdapat beberapa layanan penyimpanan berbasis digital yang tersedia secara gratis, seperti microsoft onedrive, google drive, dropbox, mega dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan fokus membahas microsoft onedrive. Apa sebenarnya microsoft onedrive itu? Dan apa keuntungan yang dapat diperoleh ketika menggunakannya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat berbagai pilihan layanan penyimpanan data digital selain google drive, salah satunya adalah microsoft onedrive. Popularitas microsoft onedrive tidak kalah dengan google drive.

Setiap individu mungkin memiliki alasan khusus dalam memilih layanan penyimpanan digital seperti onedrive, baik itu karena efektivitas, fitur-fitur yang ditawarkan, atau alasan lainnya.

Yang pasti, microsoft onedrive menawarkan sejumlah fitur menarik yang patut diperhatikan. Berikut ini, kami akan menjelaskan dengan lebih rinci mengenai apa itu microsoft onedrive, bagaimana fungsinya, dan manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakannya.

Apa itu Microsoft OneDrive?

Perancang AwalMicrosoft
Rilis Perdana1 Agustus 2007
PlatformPeramban Web
JenisLayanan Hos Berkas
Situs Webwww.microsoft.com

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Microsoft onedrive, yang sering disingkat sebagai onedrive, adalah sebuah layanan komputasi awan yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menyinkronkan berkas ke penyimpanan awan (cloud). Pengguna kemudian dapat mengakses berkas tersebut melalui peramban web atau perangkat khusus, mirip dengan dropbox dan google drive.

Dikembangkan oleh microsoft, onedrive merupakan bagian dari layanan daring windows live. Pada saat yang hampir bersamaan dengan perkenalan google drive oleh google, microsoft meluncurkan onedrive.

Salah satu fitur unggulan onedrive adalah kemampuan untuk mengedit dokumen office seperti microsoft word, excel, powerpoint dan onenote secara langsung melalui web.

Onedrive tidak hanya tersedia untuk platform windows dan windows mobile, tetapi juga mendukung platform lain seperti os x dan ios. Selain itu, Microsoft telah mengintegrasikan onedrive ke dalam beberapa versi sistem operasi windows, termasuk windows 8, windows 8.1 dan windows 10.

Pergantian nama OneDrive

Mungkin bagi pengguna yang telah lama memanfaatkan layanan penyimpanan data online dari microsoft, mereka sudah tahu bahwa onedrive sebelumnya dikenal sebagai skydrive.

Perubahan nama tersebut terpaksa dilakukan oleh microsoft karena terlibat dalam sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran british sky broadcasting group (BSkyB).

Sengketa ini bermula pada tahun 2013 dan pada bulan agustus, pengadilan di inggris memutuskan bahwa microsoft telah melanggar hak merek dagang yang dimiliki oleh bskyb.

Oleh karena itu, bskyb memberikan microsoft waktu untuk mengganti nama merek dagang mereka menjadi yang tidak mengandung kata “Sky”. Pada tanggal 27 januari 2014, microsoft mengumumkan bahwa skydrive akan berganti nama menjadi onedrive.

Manfaat Microsoft OneDrive

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Meskipun sudah dijelaskan mengenai microsoft onedrive di atas, anda mungkin telah menyadari sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh saat memanfaatkannya. Program ini memang sangat berguna untuk berbagai keperluan, baik dalam dunia bisnis maupun pendidikan.

Kehadiran aplikasi ini dapat dianggap sebagai solusi untuk menyimpan file secara online, melindungi file dan mengaksesnya dari berbagai perangkat kapan pun dan di mana pun. Berikut beberapa kelebihan yang bisa anda nikmati ketika menggunakan microsoft onedrive.

1. Memudahkan akses sebuah file

Salah satu keunggulan pertama yang dapat anda nikmati adalah kemudahan dalam mengakses file. Mungkin bagi pengguna yang sudah familiar dengan aplikasi ini, mereka akan menyadari manfaatnya.

Selain itu, onedrive juga mendukung akses dari berbagai perangkat, seperti macos, ios, android dan windows, sehingga memungkinkan anda untuk dengan mudah mengambil file yang anda butuhkan.

Di sisi lain, terdapat fitur yang mempermudah akses file dalam onedrive, salah satunya adalah kemampuan untuk mengakses file secara offline. Artinya, anda dapat memeriksa file-file anda tanpa perlu terhubung ke internet.

2. Membantu pekerjaan secara kelompok

Dengan menggunakan fitur kolaborasi yang telah disediakan oleh microsoft onedrive, anda dapat melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan dan secara real-time. Manfaatnya sangat besar terutama saat anda bekerja dalam kelompok proyek tanpa harus berada dalam satu tempat secara fisik.

3. Bagikan file dengan siapapun

Onedrive dari microsoft mempermudah anda dalam berkolaborasi dengan orang lain dalam berbagi dokumen, gambar dan video sesuai keinginan anda.

Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang dapat mengakses file dan apa yang dapat mereka lakukan, seperti memberikan izin hanya untuk melihat atau bahkan mengizinkan mereka untuk mengedit. Selain itu, anda juga dapat dengan mudah mencabut akses dengan menonaktifkan fitur berbagi.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft OneDrive

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Bila kita membahas tentang keunggulan dan kelemahan, setiap aplikasi tentu memiliki karakteristik unik dalam hal kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga saat menggunakan program microsoft onedrive, kita akan menemui sejumlah kelebihan yang diberikan oleh microsoft.

Salah satunya adalah kemampuan untuk mengakses berkas dari mana saja, integrasi yang lancar dengan aplikasi office, antarmuka yang mudah digunakan dan masih banyak manfaat lainnya yang tidak dapat saya sebutkan semuanya di sini.

Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai beberapa keunggulan yang dimiliki oleh microsoft onedrive ini.

Kelebihan

  1. Dengan menyimpan data dalam onedrive, anda bisa mengaksesnya di mana saja, asalkan anda memiliki koneksi internet.
  2. Onedrive mendukung berbagai sistem operasi seperti android, macos, ios, windows, windows phone dan versi web, membuat penggunaannya menjadi lebih mudah.
  3. Onedrive terintegrasi dengan office online, memungkinkan anda mengedit dan mengakses data yang tersimpan di onedrive dari komputer lain.
  4. Tampilan onedrive sangat ramah pengguna, sehingga pengguna tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakannya.
  5. Onedrive dilengkapi dengan fitur vault pribadi yang menjaga keamanan file anda. Anda hanya dapat mengakses data dengan menggunakan metode autentikasi yang kuat atau verifikasi identitas dua langkah.

Kekurangan

Selain manfaatnya, tentu saja ada juga kelemahan yang dapat diidentifikasi. Ini berlaku pula untuk seluruh produk yang dikeluarkan oleh microsoft, termasuk microsoft onedrive. Saya berpendapat bahwa salah satu kelemahan yang signifikan dari microsoft onedrive adalah kapasitas penyimpanannya.

Walaupun microsoft menyediakan versi gratis dari onedrive, namun kapasitas penyimpanannya terbatas hanya pada 5 gb. Jika anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, disarankan untuk mempertimbangkan untuk beralih ke akun premium.

Ini bisa dianggap sebagai salah satu kekurangan yang patut dipertimbangkan pada microsoft onedrive, mengingat kapasitas penyimpanan yang ditawarkan pada versi gratisnya lebih kecil dibandingkan dengan beberapa layanan cloud online lainnya.

Fitur Utama Microsoft OneDrive

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Banyak orang mungkin bertanya-tanya mengapa onedrive begitu populer sebagai layanan penyimpanan di kalangan masyarakat. Microsoft telah menyediakan sejumlah fitur utama yang memberikan nilai tambah kepada pengguna onedrive.

Beberapa di antaranya termasuk vault pribadi, kemampuan akses ke folder dalam mode offline, peningkatan kapasitas penyimpanan, kemudahan kolaborasi dan beragam fitur lainnya. Berikut ini akan dijelaskan secara detail beberapa fitur utama yang dapat ditemukan dalam microsoft onedrive.

1. Vault pribadi

Dengan kehadiran fitur ini, anda tak perlu lagi merasa cemas mengenai kemungkinan kebocoran file. Fitur ini dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra pada berkas-berkas penting anda. Hanya dengan menggunakan metode otentikasi yang kuat atau verifikasi identitas langkah kedua, anda bisa mengaksesnya.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan untuk mengamankan tiga berkas di onedrive yang memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5 gb atau 100 gb. Berbeda halnya jika anda adalah pengguna microsoft 365 family atau personal, anda bisa memanfaatkan fitur ini tanpa batasan pada seluruh penyimpanan onedrive anda.

2. File offline

Fitur menarik dari microsoft onedrive adalah kemampuan untuk mengakses file yang telah dipilih tanpa memerlukan koneksi internet. Dengan keunggulan ini, anda dapat dengan mudah memeriksa berkas-berkas anda.

3. Pencadangan folder PC

Anda dapat secara otomatis mencadangkan dan menyinkronkan folder desktop, dokumen dan gambar ke onedrive dengan mengaktifkan fitur pencadangan folder pc.

4. Kolaborasi secara real-time

Sebelum fitur ini diperkenalkan, pengguna onedrive hanya dapat berbagi file dan mengeditnya dengan pengguna lain secara terpisah. Selain itu, mereka tidak dapat melihat perubahan yang dilakukan oleh pengguna lain saat proses pengeditan sedang berlangsung.

Namun, kini, onedrive telah memperkenalkan fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama secara bersamaan dan melihat perubahan secara real-time.

Kesimpulan,

Beli Lisensi Microsoft Office Original di Shopee

Microsoft onedrive adalah sebuah platform penyimpanan digital yang ditawarkan oleh microsoft. Dengan layanan ini, anda dapat menyimpan, melindungi dan berbagi berkas dengan orang lain dengan mudah.

Selain itu, anda juga dapat mengakses berkas-berkas tersebut dari berbagai perangkat, termasuk macos, ios, android dan windows.

Demikianlah penjelasan mengenai konsep, manfaat dan keunggulan microsoft onedrive. Semoga informasi ini berguna bagi semua pengguna.

Silakan bagikan artikel ini di media sosial anda agar dapat memberikan manfaat lebih luas. Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang topik ini, jangan ragu untuk mengajukannya melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Apa kegunaan onedrive di windows 10? Onedrive berfungsi sebagai tempat penyimpanan berkas, tempat mengunggah dokumen dan sebagai area aman untuk backup berkas.

Apakah onedrive aman digunakan? Onedrive menyediakan ruang penyimpanan khusus yang aman untuk menyimpan berkas-berkas sensitif pengguna.

Apakah onedrive berbayar? Onedrive memiliki versi gratis dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Jika anda membutuhkan lebih dari 15 gb ruang penyimpanan onedrive, anda perlu berlangganan versi berbayarnya.

Berapa kapasitas penyimpanan onedrive? Onedrive menyediakan 5 gb kapasitas penyimpanan untuk versi gratisnya, sementara versi berbayarnya memiliki kapasitas mulai dari 100 gb hingga 6 tb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *