Mengenal Apa Itu LinkedIn? Pengertian, beserta Fitur, Fungsi, Manfaat dan Lainya

Mengenal Apa Itu LinkedIn? Pengertian, beserta Fitur, Fungsi, Manfaat dan Lainya
Mengenal Apa Itu LinkedIn? Pengertian, beserta Fitur, Fungsi, Manfaat dan Lainya ( wordpress.com )

Setelah menyelesaikan pendidikan atau kuliah, kita sering memimpikan untuk mengejar pekerjaan dan membangun karier. Pada tahap ini, kita dihadapkan pada tantangan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki.

Meskipun bayangan impian dan harapan mungkin sudah tergambar, namun perjalanan baru pun dimulai. Linkedin menjadi salah satu wadah yang dapat membantu menghubungkan karier dan keterampilan yang kita punya.

Berbeda dengan platform media sosial lain seperti facebook dan twitter, linkedin dirancang khusus untuk para profesional yang ingin membangun jejak dalam dunia pekerjaan dengan karier, keterampilan dan pengalaman yang istimewa.

Linkedin dapat menjadi identitas yang mencerminkan diri seseorang, menampilkan keterampilan atau keahlian yang dimiliki.

Selain itu, linkedin juga berperan sebagai penghubung antar pengguna yang memiliki keterampilan dan minat yang serupa. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang linkedin, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu LinkedIn?

Jenis situsSosial network service
MarkasMountain View, California, Amerika Serikat
PendiriReid Hoffman
Allen Blue
Konstantin Guericke
Eric Ly
Jean-Luc Vaillant
Diluncurkan5 Mei 2003
Peringkat Alexa57 (1 November 2020)
Situs webwww.linkedin.com

Linkedin ialah platform media sosial yang berfokus pada aspek bisnis dan jejaring profesional. Umumnya, linkedin digunakan untuk menampilkan keahlian dan pengalaman individu, termasuk karyawan, pengusaha, dosen dan mahasiswa.

Pada linkedin, seseorang dapat membuat profil profesional dengan mengunggah cv (Curriculum vitae), foto, informasi pendidikan dan berbagai pengalaman lainnya.

Reid hoffman memulai linkedin dari ruang tamunya pada tahun 2002 dan secara resmi diluncurkan pada 5 mei 2003. Jeff weiner menjabat sebagaiceo linkedin, didukung oleh manajemen yang berpengalaman dari perusahaan terkemuka seperti google, microsoft, yahoo, paypal dan lainnya.

Pendapatan linkedin berasal dari penjualan iklan, langganan keanggotaan dan solusi perekrutan, menjadikannya bisnis yang terdiversifikasi.

Microsoft menyelesaikan akuisisi linkedin pada desember 2016, mengintegrasikan layanan cloud profesionalnya. Pada akhir 2020, linkedin memiliki lebih dari 722 juta pengguna dari 200 negara.

Visi linkedin adalah “Menciptakan peluang ekonomi bagi setiap anggota tenaga kerja global,” dengan misi “Menghubungkan para profesional di dunia untuk membuat mereka lebih produktif dan sukses.”

Dengan pertumbuhan pengguna yang terus meningkat, linkedin memberikan peluang dan kesempatan bagi individu untuk meraih karier terbaik.

Recruiter seringkali menggunakan platform ini untuk mencari dan menilai kandidat, meskipun hal ini memerlukan pengalaman dan keterampilan yang memadai untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Fitur Utama LinkedIn

Linkedin dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk berbagai keperluan, mulai dari berbagi posting hingga mencari peluang pekerjaan. Banyak pebisnis dan profesional telah mengadopsi linkedin sebagai alat untuk meningkatkan karier dan mencari peluang pekerjaan.

Temukan beragam fitur menarik yang ditawarkan oleh linkedin dalam daftar berikut:

1. Berbagi Postingan

Melalui platform linkedin, pengguna memiliki kemampuan untuk saling berbagi postingan, mirip dengan sosial media lainnya. Terdapat fitur “Buat posting” yang memungkinkan pengguna untuk membagikan konten singkat buatan sendiri atau dari artikel dengan tautan atau video.

Selain teks, pengguna juga dapat berbagi postingan berupa gambar, video, atau informasi acara dengan detail seperti waktu, tanggal, pembicara dan elemen lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan fitur “Tulis artikel”, pengguna diberi kesempatan untuk membuat postingan yang lebih panjang, lengkap dengan judul artikel, isi, gambar, video, kutipan, tautan dan berbagai elemen lainnya.

2. Terhubung dengan Jaringan

Saat menggunakan linkedin, sambungkan akun anda dengan pengguna lain yang memiliki pengalaman, pekerjaan dan minat serupa.

Fitur ini mirip dengan konsep pertemanan di platform sosial seperti instagram atau facebook, namun yang membedakannya adalah bahwa jaringan linkedin lebih terfokus pada minat dan passion pribadi anda.

Tidak hanya itu, anda juga dapat mengikuti tokoh sukses, ceo dan pendiri perusahaan startup atau unicorn di linkedin. Dengan mengikuti mereka, kadang-kadang anda akan mendapatkan wawasan baru melalui berbagai postingan yang mereka bagikan.

3. Temukan Pekerjaan

Dengan menggunakan fitur pekerjaan, pengguna dapat menemukan pekerjaan yang diidamkan dengan mudah. Pengguna dapat menuliskan posisi yang sesuai dengan keahliannya, lengkap dengan kota yang diinginkan.

Algoritma linkedin secara umum memberikan rekomendasi dari berbagai perusahaan yang sesuai dengan minat dan pengalaman pengguna.

Jika diinginkan, pengguna juga dapat mencoba akun premium untuk lebih menonjolkan diri kepada manajer perekrutan dari berbagai perusahaan.

4. Pesan Instan

Belakangan ini, linkedin memperkenalkan fitur pesan instan yang memungkinkan pengguna saling berkomunikasi. Dengan fitur pesan instan, pengguna dapat terhubung dengan banyak orang dan berinteraksi satu sama lain. Saat mengirim pesan, pengguna dapat menambahkan gambar, file, animasi (GIF) dan emoji.

Apabila diperlukan, pengguna juga dapat melakukan panggilan video atau pertemuan online melalui platform seperti microsoft teams, zoom dan blueJeans. Namun, sebelumnya, pastikan bahwa anda memiliki akun terkait dan telah menginstal layanan tersebut pada perangkat yang digunakan.

5. Akun Premium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, linkedin menyediakan akun premium yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk berbagai keperluan.

Fitur dari akun premium dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengembangan karier, bisnis, penjualan, hingga proses perekrutan. Jika anda ingin memperluas jaringan profesional anda, anda dapat berlangganan akun premium khusus untuk keperluan karier.

Apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan dengan berlangganan akun premium? Dalam konteks pengembangan karier, anda akan mendapatkan akses ke fitur seperti pengiriman pesan langsung kepada perekrut, informasi tentang pelamar, penjelajahan profil secara rahasia, identitas orang yang telah melihat profil anda, pelamar unggulan dan bahkan kursus video online.

Fungsi dan Manfaat LinkedIn

Linkedin dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat portofolio online dengan tujuan yang jelas, yaitu menampilkan pengalaman dan keahlian mereka. Banyak eksekutif memanfaatkan linkedin sebagai alat untuk mencari dan merekrut individu yang diinginkan. Jelajahi berbagai fungsi dan manfaat linkedin lebih lanjut melalui daftar berikut:

1. Membangun profil profesional

Anda dapat mengembangkan profil profesional anda melalui linkedin, di mana semua informasi terkait pengalaman dan keterampilan dapat disajikan serupa dengan cv, resume, catatan pekerjaan, riwayat pendidikan, keahlian, bakat dan aspek lainnya.

Memiliki profil yang menarik dengan pengalaman kerja dan keterampilan yang beragam dapat menjadi keunggulan tambahan bagi anda.

2. Memperluas jaringan

Linkedin memiliki kemampuan untuk memperluas pertemanan dan jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat dan pekerjaan serupa. Melalui pengisian profil, cv dan pengalaman kerja, algoritma linkedin dapat memberikan rekomendasi terkait jaringan dan perusahaan yang sesuai dengan profil anda.

Selain itu, linkedin juga dapat merekomendasikan teman berdasarkan informasi kontak yang telah anda hubungkan.

3. Memamerkan keahlian dan pengalaman

Seperti halnya platform sosial lainnya, LinkedIn memberikan anda kesempatan untuk menunjukkan keahlian, keterampilan, gelar dan pengalaman kerja anda. Profil linkedin yang anda buat dapat mencerminkan bahwa anda adalah seorang profesional yang berkompeten di bidang tersebut.

Selain itu, anda juga dapat memberikan jawaban kepada pertanyaan dari pengguna linkedin yang berkaitan dengan keterampilan yang anda kuasai.

4. Membuka kesempatan untuk bekerja pada perusahaan impian

Semakin besar repertoar pengalaman dan keterampilan yang anda miliki, semakin terbuka peluang untuk bergabung dengan perusahaan impian. Banyak perekrut dan eksekutif mengandalkan linkedin sebagai sarana untuk meninjau profil online anda.

Oleh karena itu, menjaga agar portofolio linkedin tetap terkini menjadi hal yang sangat penting, terutama jika anda bermimpi berkarir di perusahaan impian.

5. dll.

Kesimpulan,

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa linkedin adalah platform media sosial yang terfokus pada aspek bisnis dan jaringan profesional untuk pengembangan karier dan pekerjaan.

Memiliki portofolio online, seperti yang ditawarkan oleh linkedin, menjadi sangat penting dan dianjurkan karena dapat memberikan dukungan signifikan untuk masa depan karier dan pekerjaan.

Ini adalah informasi singkat mengenai definisi linkedin beserta fitur dan manfaatnya. Silakan bagikan artikel ini di media sosial anda agar lebih bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!

Apakah linkedin memerlukan biaya penggunaan? Linkedin memiliki dua jenis tipe, yaitu gratis dan berbayar. Namun, secara umum, linkedin dapat digunakan tanpa biaya. Sebagian kecil pengguna mungkin memilih akun premium berbayar sesuai kebutuhan mereka.

Apakah LinkedIn bermanfaat bagi mahasiswa? Tentu, mahasiswa dapat memanfaatkan linkedin untuk memperluas jaringan profesional mereka. Platform ini akan menghubungkan mahasiswa dengan sesama mahasiswa yang memiliki minat dan bakat serupa.

Bagaimana cara membuat akun linkedin? Anda dapat mengunjungi situs linkedin atau mengakses melalui google play untuk android dan app Store untuk ios. Lakukan registrasi menggunakan alamat email yang anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *