Mengenal Apa Itu Input dan Output pada Komputer? Pengertian Contoh Perangkat dan Perbedaan

Mengenal Apa Itu Input dan Output pada Komputer? Pengertian Contoh Perangkat dan Perbedaan
Mengenal Apa Itu Input dan Output pada Komputer? Pengertian Contoh Perangkat dan Perbedaan ( xataka.com )

Sebuah perangkat elektronik, seperti komputer, memiliki beberapa komponen penting yang saling terkoneksi dan bekerja sama agar komputer dapat beroperasi secara optimal, memberikan manfaat kepada penggunanya.

Salah satu contoh perangkat penting untuk komputer adalah perangkat input dan output. Kedua perangkat ini merupakan bagian integral dari sistem mikroprosesor, di mana komputer tidak dapat berfungsi tanpa keduanya.

Perangkat input dan output dapat dianggap sebagai anggota tubuh komputer, karena keduanya memiliki fungsi dan peran yang berbeda ketika dioperasikan. Pengertian input dan output melibatkan pemahaman terhadap perangkat-perangkat yang digunakan serta perbedaan mendasar antara keduanya.

Berikut adalah beberapa informasi yang dapat diperhatikan untuk memahami konsep tersebut.

Pengertian Input dan Output

Perangkat input merupakan komponen pada komputer atau laptop yang terpasang pada port tertentu. Fungsinya adalah untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses dalam sistem komputer.

Perangkat input juga bertanggung jawab memberikan instruksi langsung kepada pengguna, menjadikannya bagian integral dari pengalaman menggunakan komputer. Oleh karena itu, perangkat input memiliki keterkaitan langsung dengan interaksi pengguna komputer.

Sementara itu, perangkat output berperan sebagai alat keluaran yang dirancang khusus untuk menyampaikan dan menampilkan informasi kepada pengguna. Informasi tersebut dapat berupa audio, gambar, video, maupun teks.

Dengan adanya perangkat output, pengguna dapat dengan mudah melihat, mendengar dan memahami informasi yang dihasilkan oleh sistem komputer. Beberapa contoh perangkat input dan output pada komputer dapat diidentifikasi untuk memperkaya pemahaman mengenai fungsionalitasnya.

Contoh Perangkat Input

Terdapat beragam perangkat input yang dapat dimanfaatkan pada komputer, di antaranya perangkat input yang mungkin sudah sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti keyboard, mouse dan touchpad. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat melihat daftar perangkat input beserta penjelasannya di bawah ini.

1. Keyboard

Papan ketik, atau yang umumnya disebut keyboard, adalah perangkat input pada komputer yang terdiri dari sejumlah tombol. T

ombol-tombol tersebut mencakup huruf alfabet a sampai z, angka 0 sampai 9 dan beberapa simbol khusus. Setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada cara ditekan dan keyboard digunakan sebagai alat untuk memasukkan data oleh penggunanya.

2. Mouse

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang berperan dalam menerima input berupa gerakan, klik dan pengguliran, yang berguna untuk memilih file, folder, teks dan ikon. Kata “mouse” berasal dari bahasa Inggris yang artinya “tetikus,” dipilih karena bentuknya yang ergonomis, kecil dan mirip dengan tikus.

Terdapat dua tombol pada mouse, yaitu tombol klik kanan dan klik kiri, masing-masing memiliki fungsi berbeda. Tombol klik kanan digunakan untuk memilih menu seperti copy, cut dan sebagainya, sementara tombol klik kiri menunjukkan ok atau berfungsi sebagai pengganti tombol enter.

3. Light Pen

Light pen merupakan jenis perangkat elektronik yang dapat menggantikan fungsi keyboard atau mouse pada komputer.

Perangkat ini biasa digunakan dalam kebutuhan grafis, seperti proses menggambar dan sering menjadi pilihan utama bagi desainer grafis. Dengan bentuk yang portabel mirip pena, light pen dilengkapi dengan sensor cahaya di ujungnya yang aktif saat digoreskan di layar monitor.

Layar monitor kemudian merekam enam sinyal elektronik pada setiap barisnya setiap detik. Hal ini memudahkan pengguna untuk menulis atau menggambar dengan mudah langsung di layar monitor.

4. Touchpad

Touchpad atau bantalan sentuh, berfungsi serupa dengan mouse sebagai alat input yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk atau kursor.

Bantalan sentuh memiliki bentuk mirip papan dengan permukaan dilengkapi sensor khusus yang mampu mendeteksi gerakan jari tangan. Gerakan tersebut direkam dan diubah menjadi perintah untuk menggerakkan pointer pada layar monitor.

Perbedaan antara touchpad dan mouse terletak pada portabilitasnya. Mouse merupakan perangkat portabel yang dapat dilepas ketika tidak digunakan, sedangkan touchpad terpasang secara permanen pada laptop atau notebook yang dimiliki.

5. Scanner

Perangkat input berikutnya adalah scanner. Scanner memiliki fungsi untuk menampilkan atau menyalin teks atau gambar melalui layar monitor dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk file. Salinan yang dihasilkan sangat menyerupai aslinya, baik dari segi warna maupun bentuk.

Anda juga memiliki opsi untuk memilih ukuran sesuai keinginan. Saat ini, teknologi scanner terus berkembang, bahkan digunakan sebagai mesin fotokopi dan printer sekaligus.

6. Joystick

Perangkat input yang berbentuk tuas dan dapat bergerak ke segala arah disebut joystick. Fungsinya melibatkan pengendalian pergerakan kursor pada komputer dan sering digunakan dalam aplikasi game dan grafis. Joystick juga diterapkan pada perangkat input untuk penyandang disabilitas, termasuk kursi roda dan pengendali alat berat.

7. Trackball

Trackball merupakan suatu perangkat keras komputer dengan bentuk bulat kecil, dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Fungsinya serupa dengan mouse, memungkinkan pengguna memilih perintah dari menu.

Biasanya diletakkan di bagian atas mouse, trackball memfasilitasi penggeseran, navigasi halaman, pemilihan objek, drag and drop, serta mendapatkan informasi melalui hover trackball dengan mudah.

8. Microphone

Perangkat input yang disebut mikrofon berperan dalam mengonversi sinyal suara analog menjadi format digital. Pada komputer, mikrofon digunakan untuk merekam suara saat melakukan panggilan video dan kegiatan lainnya.

9. Webcam

Fungsi webcam serupa dengan kamera digital dalam banyak hal. Webcam merupakan jenis kamera yang terkoneksi ke internet, memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan mengambil gambar.

Perangkat input ini umumnya terhubung ke komputer dan ditempatkan di bagian atas layar monitor. Secara fisik, webcam memiliki bentuk mini dan mirip dengan kamera cctv, yang dapat merekam ketika diaktifkan.

10. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan data eksternal yang terhubung melalui port usb, mampu menyimpan berbagai jenis data dalam kapasitas penyimpanan yang besar.

Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen bahkan ketika tidak ada aliran listrik, karena dilengkapi dengan controller dan memory yang memungkinkan penyimpanan data yang persisten.

Keunggulan lainnya adalah ukuran kecil dan penggunaannya yang sederhana, menjadikannya mudah dibawa ke mana saja.

11. Barcode Scanner

Pembaca kode batang, atau lebih dikenal sebagai barcode scanner, merupakan alat input yang berguna untuk membaca informasi yang terdapat dalam barcode. Alat ini mampu menangkap dan mengartikan kode yang tercetak pada barcode ke dalam bentuk data yang dapat dipahami oleh komputer.

Cara kerja dari barcode scanner melibatkan pengambilan simbol pada barcode, melakukan pemindaian dan mengonversi kode batang tersebut menjadi data yang dapat disampaikan ke komputer dengan format yang lebih sederhana.

Umumnya, kasir di pusat perbelanjaan, toko dan minimarket menggunakan barcode scanner guna mempermudah proses transaksinya.

12. Digitizer

Sebagai salah satu perangkat input komputer, digitizer memiliki bentuk datar layaknya papan dan berfungsi mengubah data menjadi kode-kode digital. Dilengkapi dengan beberapa tombol dan pena khusus di sampingnya, digitizer memungkinkan pengguna untuk menggambar atau menulis data yang dapat terkoneksi dengan komputer.

Selain itu, digitizer juga memiliki kemampuan untuk mengubah data analog menjadi data digital, serta mampu mengonversi format ascii melalui penggunaan gnuplot.

13. CD (Compact Disc)

Cd atau compact disk, adalah perangkat yang berperan sebagai media penyimpanan dan pembaca data dengan menggunakan teknologi optik pada bahan plastik berbentuk cakram datar yang memiliki lubang kecil di pusatnya.

14. CD atau DVD ROM

Perangkat cd atau dvd rom berperan dalam membaca data atau program dari media penyimpanan cd atau dvd. Anda bisa memasangnya di casing cpu pc. Selain itu, beberapa laptop khusus saat ini sudah dilengkapi dengan cd atau dvd rom yang dapat dibuka dari samping.

15. Modem

Setelahnya, perangkat input terakhir adalah modem. Modem adalah perangkat keras yang dipergunakan untuk menghubungkan komputer anda dengan internet. Modem juga hadir dalam beragam jenis dan bentuk yang berbeda.

Beberapa di antaranya terhubung melalui port usb komputer, sementara yang lain menggunakan teknologi wifi.

Contoh Perangkat Output

1. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan output dari proses komputer dalam bentuk teks, gambar, atau video visual. Gambar yang ditampilkan hasil dari pengolahan data dan resolusi monitor berpengaruh pada ketajaman gambar.

Monitor memiliki berbagai ukuran dan bentuk, termasuk layar datar dan cembung. Jenis monitor bervariasi, seperti lcd, crt, plasma dan led.

Monitor lcd (Liquid srystal display) memiliki resolusi lebih tinggi, ukuran lebih ramping dan tidak memerlukan tabung hampa. Monitor crt, atau tabung, bekerja mirip dengan televisi tabung. Monitor plasma memiliki kualitas gambar superior, sementara monitor led memiliki desain ramping, tipis dan konsumsi daya lebih efisien dibandingkan lcd.

2. Printer

Fungsi printer adalah untuk menyalin data dari komputer ke bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar, atau foto. Hasil cetakan dari printer disajikan dalam bentuk hard copy yang tercetak di atas kertas.

Tinta dan tinta bubuk merupakan bahan utama yang digunakan dalam proses pencetakan, dengan perbedaan sistem kerja antara keduanya. Meskipun tinta tidak memerlukan pemanasan sebelum digunakan, tinta bubuk memerlukan pemanasan terlebih dahulu.

Printer saat ini tidak hanya bervariasi dalam gaya, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Sebuah perangkat printer dapat memiliki lebih dari satu fungsi, seperti mesin fotokopi, pemindai (scan) dan pencetak (print).

Selain itu, versi terbaru dari printer mampu mencetak dalam format 3d, memudahkan berbagai jenis pekerjaan.

3. Plotter

Printer grafis yang dikenal sebagai plotter mampu menghasilkan cetakan berukuran besar. Arsitek sering menggunakan plotter ini untuk mencetak desain mereka, sementara para insinyur menggunakannya untuk mencetak ilustrasi 3d, peta dan gambar berukuran besar dengan kualitas tinggi.

Plotter hadir dalam berbagai jenis, termasuk plotter pena, plotter elektrostatis, plotter thermal, plotter cutting dan sebagainya.

4. Proyektor

Alat optik ini merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar ke layar proyeksi atau objek lain yang mampu menerima pantulan cahaya. Proyektor memiliki beragam peran, termasuk sebagai alat presentasi, media informasi dan sarana hiburan.

Terdapat berbagai jenis proyektor yang dapat dikenali, seperti proyektor digital, proyektor lcd, proyektor crt, proyektor dlp dan proyektor lcos.

5. Speaker

Speaker merupakan perangkat keras yang mampu mengeluarkan data dalam bentuk audio atau suara. Perangkat ini sering disebut sebagai pengeras suara karena mampu menghasilkan gelombang suara yang kuat dan bergemuruh, serta dapat didengar oleh orang-orang di sekitar anda.

Speaker sangat sesuai digunakan dalam acara berskala besar atau ketika anda ingin menikmati musik dengan volume tinggi seperti konser, pesta dan acara besar lainnya.

6. Headphone atau Earphone

Berbeda dengan speaker yang bersuara hingga jarak yang cukup jauh dan dapat didengar oleh orang-orang di sekitarnya, earphone atau headphone merupakan perangkat audio yang ditempatkan di telinga pengguna. Dengan demikian, suara dari komputer hanya dapat didengar oleh pengguna yang menggunakannya.

Kesimpulan,

informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa perangkat input dan output dalam komputer memiliki peranan yang sama pentingnya. Tanpa keduanya, kinerja komputer tidak dapat optimal.

Perangkat input berfungsi untuk memasukkan perintah dan data, contohnya keyboard, mouse, light pen, touchpad, scanner, modem, cd, flashdisk dan lainnya.

Sementara itu, perangkat output menampilkan hasil pemrosesan data seperti gambar, video, atau teks. Contohnya adalah monitor, printer, plotter, proyektor, speaker dan earphone.

Perbedaan antara perangkat input dan output terletak pada fungsinya. Perangkat input mengirimkan informasi untuk diproses oleh sistem komputer, sedangkan perangkat output menampilkan hasil proses tersebut.

Meskipun perangkat input dan output penting bagi komputer, keduanya memiliki kelemahan. Cpu harus menunggu modul input atau output sebelum dapat mengirim atau menerima data, yang dapat menyebabkan penurunan kinerja sistem.

Beberapa teknologi terbaru dari perangkat input meliputi keyboard laser yang tidak membutuhkan kabel, mouse scanner yang merupakan gabungan mouse dan scanner, serta handling haptic glove yang berfungsi sebagai pelacak magnet dengan sensor untuk mengambil data fisik seperti menekuk jari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *