Mengenal Apa Itu Google Classroom? Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan

Mengenal Apa Itu Google Classroom? Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan
Mengenal Apa Itu Google Classroom? Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan ( elearningindustry.com )

Perkembangan pesat di bidang teknologi digital telah membawa perubahan besar pada cara berpikir, aktivitas sehari-hari dan lingkungan kita.

Dalam dunia pendidikan, misalnya, kini telah terjadi pergeseran menuju pendekatan digital, di mana pelajar dan mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi yang mereka perlukan melalui internet.

Metode pembelajaran online, seperti menonton video tutorial, membaca artikel, atau mengikuti konferensi video, memungkinkan pembelajaran dari rumah menjadi lebih mudah.

Banyak sekolah dan universitas telah mulai mengadopsi sistem pembelajaran elektronik (E-Learning) untuk mempermudah proses pengumpulan tugas yang lebih cepat dan efisien.

Salah satu sistem e-learning yang mulai populer adalah google classroom, yang digunakan oleh para pendidik untuk mengorganisir kuis, soal, pengumpulan tugas, penilaian dan lain-lain.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang google classroom, termasuk definisi, fungsi dan manfaatnya, mari kita pelajari lebih dalam.

Pengertian Google Classroom Adalah

PengembangGoogle
Rilis perdana12 Agustus 2014
JenisPendidikan
Sistem OperasiAndroid, iOS, Web App
Situs webclassroom.google.com

Google classroom adalah platform pendidikan daring yang memfasilitasi interaksi antara pengajar dan pelajar di mana saja dan kapan saja. Melalui google classroom, guru dapat dengan mudah membuat, mendistribusikan dan mengevaluasi tugas tanpa perlu pertemuan tatap muka.

Platform ini mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran melalui konektivitas internet antara guru dan siswa.

Integrasi dengan produk-produk google suite memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi dokumen dengan mudah melalui google drive termasuk google docs, google sheets dan google slides untuk kegiatan penulisan, menggunakan gmail untuk berkomunikasi dan memanfaatkan google kalender untuk menyusun jadwal.

Semua layanan ini dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer, laptop, smartphone dan tablet, baik melalui berbagai browser web seperti google chrome, microsoft edge, firefox, maupun melalui aplikasi di android dan ios.

Google classroom pertama kali diperkenalkan pada 6 mei 2014 dalam rangka program google g suite for education dan kemudian diluncurkan untuk penggunaan umum pada 12 agustus 2014.

Pada tahun 2017, google memperluas aksesibilitasnya sehingga pengguna google dapat bergabung dengan kelas tanpa perlu memiliki akun google apps for education.

Fungsi dan Manfaat Google Classroom

1. Hemat dan efisien

Google classroom memudahkan guru dan siswa dalam mengelola kegiatan belajar mengajar tanpa perlu bertemu secara fisik. Semua aktivitas, seperti pembuatan dan pengumpulan tugas, penilaian, serta memberikan umpan balik, dapat dilakukan secara online.

Untuk penyampaian materi secara interaktif, google meet dapat digunakan sebagai platform video konferensi.

Google classroom juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas, karena semua tugas dapat dibuat, dibagikan dan diselesaikan menggunakan google docs, google slides dan berbagai produk g suite lainnya tanpa biaya.

2. Berbagi data lebih efisien dan praktis

Guru dapat menghindari kekacauan saat mendistribusikan tugas melalui email, pesan teks, atau grup whatsapp. Dengan menggunakan google classroom, proses penyebaran tugas menjadi lebih terorganisir dan mudah diatur, memudahkan baik guru maupun siswa.

Selain itu, semua data tugas secara otomatis terkait dan disimpan di google drive, memungkinkan guru untuk langsung mengakses dokumen melalui google drive atau google classroom.

3. Membuat kelas lebih cepat dan instan

Sistem manajemen pembelajaran buatan google dirancang dengan kemudahan penggunaan. Antarmukanya yang ramah pengguna dan sederhana membuat para pendidik dan pelajar dapat dengan mudah memahami setiap fitur yang ditawarkan.

Para guru dapat dengan langsung membuka kelas melalui laman classroom.google.com. Setelah kelas terbentuk, mereka dapat membagikan kode kelas kepada siswa, menambahkan peserta didik ke dalam kelas, memberikan tugas, menyediakan materi pelajaran dan berbagai aktivitas lainnya.

4. Diskusi dan komunikasi secara online

Google classroom bukan hanya platform untuk mendistribusikan dan menyelesaikan tugas, tetapi juga menyediakan fasilitas untuk berdiskusi antara guru dan murid.

Dalam platform ini, guru dapat mengeluarkan pengumuman melalui postingan yang dapat diakses oleh semua siswa. Siswa memiliki kesempatan untuk berkomentar pada pengumuman atau pertemuan tersebut, baik secara terbuka untuk semua siswa atau secara privat yang hanya dapat dilihat oleh guru.

Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi dan pertanyaan antara siswa dengan guru jika terdapat kesulitan atau hambatan dalam memahami materi atau mengerjakan tugas. Penggunaan metode ini sangat efisien untuk pembelajaran jarak jauh, meskipun tidak dilakukan secara tatap muka.

Cara menggunakan Google Classroom

Untuk memulai pembuatan kelas atau bergabung ke kelas di google classroom, verifikasi bahwa anda sudah mempunyai akun google atau gmail. Jika anda belum memiliki akun gmail, anda dapat mengikuti petunjuk pembuatan akun gmail yang tersedia di tautan ini.

1. Membuat Kelas di Google Classroom

Langkah 1: Membangun kelas dapat dilakukan dengan membuka google classroom di peramban komputer atau laptop yang anda gunakan.

  • Masuklah dengan menggunakan akun gmail yang telah anda siapkan sebelumnya.
  • Tekan tombol “+” yang terletak di sudut kanan atas, kemudian pilih opsi untuk membuat kelas.

Langkah 2: Beri persetujuan setelah membaca syarat dan ketentuan yang ada pada google classroom.

  • Tandai kotak yang menyatakan, “Saya sudah membaca dan mengerti pernyataan di atas dan saya tidak memakai classroom di sekolah bersama murid.”
  • Selanjutnya, tekan tombol Lanjutkan.

Langkah 3: Selanjutnya, anda perlu melengkapi formulir untuk membuat kelas.

  • Lengkapi kolom nama kelas, bagian, mata pelajaran dan ruang pada form tersebut.
  • Setelah semua terisi, tekan tombol buat.

Langkah 4: Tahniah! anda sudah berhasil menyelesaikan pembuatan kelas di google classroom.

  • Setelah kelas dibuat, anda dapat menjelajahi berbagai menu yang tersedia di kelas tersebut.
  • Anda dapat membuat tugas atau kuis menggunakan fitur tugas kelas.
  • Anda juga bisa melihat daftar peserta kelas melalui fitur anggota.
  • Dan masih ada banyak hal lain yang bisa anda lakukan.

2. Menambahkan pengumuman

Langkah 1: Jika ingin mengirimkan pengumuman, pilih opsi ‘Umumkan sesuatu ke kelas anda’ yang terdapat pada bagian postingan.

  • Tentukan kelas dan murid yang akan menerima pengumuman tersebut.
  • Susun isi pengumuman sesuai dengan apa yang anda inginkan dan perlukan.
  • Tambahkan lampiran file jika diperlukan.
  • Untuk mempublikasikan, tekan tombol posting.

Langkah 2: Selamat! Anda telah sukses dalam menyiapkan pengumuman untuk kelas.

  • Berdasarkan pengumuman yang telah dibuat, semua siswa atau siswa yang terpilih dapat menerima dan melihat informasi tersebut.

3. Gabung dalam sebuah kelas

Langkah 1: Untuk menjadi bagian dari suatu kelas, anda dapat menggunakan opsi ‘Bergabung dengan kelas’.

  • Tekan simbol “+” yang terletak di bagian atas.
  • Kemudian, pilih opsi ‘Bergabung dengan kelas’.

Langkah 2: Selanjutnya, masukan kode kelas yang telah diberikan oleh guru atau pengajar anda.

  • Kode kelas umumnya berisikan 5-7 karakter yang bisa berupa huruf atau angka dan tidak mengandung spasi atau simbol apa pun.
  • Untuk memasuki kelas tersebut, tekan tombol gabung.

Langkah 3: Selamat! Anda kini menjadi bagian dari kelas di google classroom.

  • Setelah berhasil masuk, anda dapat memulai partisipasi anda dalam kelas tersebut.

Kesimpulan,

Google classroom, yang juga dikenal sebagai google kelas, adalah platform pembelajaran digital yang memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa melalui internet.

Siapapun yang memiliki akun google bisa memanfaatkan google classroom tanpa biaya. Selama periode pandemi covid-19, google classroom telah menjadi alat penting bagi institusi pendidikan di berbagai negara, termasuk indonesia, dalam menyelenggarakan pembelajaran online.

Saya telah menyampaikan ringkasan tentang apa itu google classroom, kegunaannya, serta bagaimana cara mengoperasikannya. Silakan bagikan informasi ini di media sosial anda agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat.

Jika anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca, semoga sukses dalam mencoba google classroom!

Apakah google classroom gratis? Ya, layanan google classroom dapat diakses secara gratis.

Bagaimana cara menggunakan google classroom? Anda dapat mengakses google classroom dengan mengunjungi situs classroom.google.com, atau dengan mengunduh aplikasinya dari google play (untuk pengguna android) dan app store (untuk pengguna ios).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *