Umum  

Mengenal Apa Itu Coming Soon? Pengertian, Arti Beserta Penggunaan dan Contoh Kalimatnya

Mengenal Apa Itu Coming Soon? Pengertian, Arti Beserta Penggunaan dan Contoh Kalimatnya
Mengenal Apa Itu Coming Soon? Pengertian, Arti Beserta Penggunaan dan Contoh Kalimatnya ( elsaleh.net )

Anda tentu familiar dengan frase “Coming soon,” terutama di era digital saat ini. Frase ini bukan hanya umum di poster atau spanduk, tetapi juga kerap muncul di media sosial, khususnya instagram.

Hampir semua bisnis yang baru berdiri atau meluncurkan produk terbaru mereka memanfaatkan frase ini untuk menarik perhatian konsumen.

Lebih dari itu, “Coming soon” sering terlihat di poster film, acara musik dan berbagai kegiatan lainnya. Kehadiran frase ini mungkin membuat anda bertanya-tanya tentang maknanya dan alasan penggunaannya sebagai strategi pemasaran.

Bahkan, penggunaannya juga sering dijumpai dalam konteks film, event musik dan lain-lain. Untuk itu, berikut adalah beberapa penjelasan mendetail tentang “Coming soon” yang bisa anda pelajari lebih lanjut.

Ringkasan

Istilah “Coming soon” kerap digunakan sebagai penanda bahwa suatu hal akan segera tersedia di masa mendatang. Umumnya, kita menjumpai frasa ini pada berbagai media promosi seperti poster, banner, brosur, cuplikan film, atau bahkan dalam keterangan pada platform media sosial seperti instagram, youtube, twitter, tiktok dan lainnya. Tujuan utama dari penggunaan “Coming soon” adalah untuk membangkitkan rasa penasaran atau minat konsumen terhadap suatu produk yang sedang dipromosikan. Beberapa sinonim dari “Coming soon” antara lain adalah upcoming, forthcoming, coming up, approaching, nearing, impending dan in the near future.

Pengertian Coming Soon

“Coming soon” adalah sebuah frasa dalam bahasa inggris yang berarti ‘akan tiba tidak lama lagi’. Frasa ini terdiri dari dua bagian: “coming” yang berarti ‘tiba’ dan “soon” yang berarti ‘dalam waktu dekat’.

Biasanya, istilah ini digunakan untuk menandakan bahwa sesuatu akan segera tersedia atau diluncurkan, seringkali dengan tanggal yang sudah ditetapkan namun terkadang tanggal tersebut masih belum diumumkan.

Selain sebagai penanda sesuatu yang ‘akan segera hadir’, frasa “Coming soon” juga sering diartikan sebagai ‘segera tiba’, ‘segera dirilis’, atau ‘segera muncul’. Ini merupakan salah satu ungkapan promosi yang sangat populer, sering digunakan dalam berbagai konteks seperti poster dan trailer film, musik, iklan produk, banner untuk acara atau event baru dan lain-lain.

Penggunaan Coming Soon

Anda mungkin sudah akrab dengan istilah “Coming soon” yang sering muncul pada berbagai poster atau banner. Istilah ini sangat serbaguna dan kerap digunakan dalam konteks promosi.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai bagaimana “Coming soon” dapat diaplikasikan dalam berbagai situasi.

1. Coming Soon dalam bisnis

“Coming soon” umumnya dipakai dalam pemasaran berbagai jenis barang atau jasa, termasuk makanan, pakaian, produk kecantikan, perangkat elektronik, buku dan lain-lain. Frase ini terbukti ampuh dalam menarik minat atau rasa ingin tahu konsumen terhadap barang yang ditawarkan.

Karenanya, tak mengherankan bila banyak iklan produk memilih menggunakan “Coming soon” sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

2. Coming Soon dalam film

Ketika anda kerap menemukan poster atau cuplikan film dengan keterangan “coming soon,” ini menandakan bahwa film itu akan segera dirilis di masa mendatang.

Sebagai contoh, anda menonton cuplikan film spiderman di instagram yang mencantumkan “coming soon.” Ini berarti film spiderman tidak lama lagi akan diputar di bioskop. Peluncuran film tersebut bisa jadi dalam waktu dekat, seperti beberapa hari kedepan, atau mungkin lebih lama, seperti tahun berikutnya.

3. Coming Soon dalam kegiatan

Coming soon tidak semata-mata digunakan dalam dunia periklanan, melainkan juga sering diaplikasikan sebagai sarana penyampaian informasi.

Sebagai contoh, ketika suatu organisasi ingin menginformasikan tentang pembukaan pendaftaran anggota baru yang akan datang, mereka kerap menggunakan istilah coming soon.

Hal ini bertujuan agar calon anggota yang berkeinginan untuk mendaftar dapat mempersiapkan diri sebelum masa pendaftaran tersebut dimulai.

Sejarah Coming Soon

Istilah “coming soon” pertama kali muncul dari buku “Waiting for godot” dan kemudian diadopsi oleh dunia perfilman. Pada pertengahan dekade 1950-an, varian awal dari frase ini mulai digunakan.

Menuju akhir tahun 1960-an, hampir setiap studio film utama menciptakan slogan uniknya sendiri untuk menegaskan kepada media bahwa kampanye promosinya serius, contohnya adalah slogan dari universal studios yaitu “ensuing soon” atau “akan menyusul tak lama lagi.”

Secara bertahap, frase “Coming soon” berkembang menjadi slogan yang populer dan berkembang seiring waktu.

Hal ini terjadi karena, seperti yang diungkapkan oleh seorang pejabat humas industri pada tahun 1969, “Coming soon” menyampaikan harapan yang ideal dan inovatif, baik dalam konteks kedatangan maupun segera dalam waktu yang bersamaan.

Istilah lain selain Coming Soon

Terdapat pula sejumlah frasa dalam bahasa inggris yang serupa dalam makna dengan ‘Coming soon’, yang dapat menjadi pengetahuan tambahan bagi anda. Frasa-frasa berikut ini sering ditemukan dalam konteks promosi, di antaranya adalah:

Upcoming

“Upcoming” berarti sesuatu yang akan datang dan sering digunakan sebagai sinonim untuk “Coming soon”. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan kata “upcoming” dalam kalimat berikut: “Kehadiran agnes monica sebagai juri dalam indonesian Idol yang akan datang akan menambah keseruan kompetisi bernyanyi ini.”

Ini menggambarkan bahwa agnes monica akan menjadi juri di edisi mendatang dari indonesian idol, menjanjikan peningkatan ketegangan dan hiburan dalam acara tersebut.

Coming Up

“Coming up” memiliki makna yang serupa, yaitu menandakan adanya sesuatu yang akan segera terjadi. Sebagai ilustrasi, kita bisa mengatakan: Kita belum menang dalam satu pun pertandingan meskipun akhir musim semakin dekat, yang membuat keselamatan tim kita belum terjamin.

Forthcoming

Kata “Forthcoming” juga berarti sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Sebagai contoh penggunaannya: “Teknologi mesin mungkin akan menggantikan tenaga manusia dalam beberapa tahun mendatang.”

Nearing

Kemudian, kata “Nearing” yang memiliki makna serupa dengan “forthcoming”, berarti sesuatu yang akan tiba tidak lama lagi.

Sebagai contoh: “Jangan sampai terlewat! Produk kecantikan yang diproduksi di penghujung tahun 2022 ini hampir rampung.” Ini berarti produk kecantikan yang dibuat di akhir tahun 2022 akan selesai dalam waktu dekat.

Impending

Selanjutnya, anda bisa memakai kata “impending” sebagai alternatif untuk “Coming soon”. Hal ini dikarenakan “impending” juga mengandung pengertian yang serupa, yaitu sesuatu yang akan segera terjadi.

Sebagai ilustrasi: Ajarlah anak-anak mengidentifikasi indikasi dari gempa bumi yang akan segera terjadi. Ini berarti, latih mereka untuk memahami tanda-tanda datangnya gempa bumi yang sebentar lagi akan berlangsung.

In the near future

Berikutnya, kita mengenal ungkapan “In the near future” yang berarti sesuatu yang akan terjadi segera atau tidak lama lagi. Sebagai contoh: “Saudari saya akan merencanakan sebuah pernikahan di lokasi ini dalam waktu yang tidak lama.”

Approaching

Terakhir, istilah ‘approaching’ dalam bahasa indonesia berarti ‘mendekati’ atau ‘semakin dekat’. Sebagai contoh, bisa dikatakan: “Menjelang liburan, inilah saatnya untuk menentukan apakah akan berlibur ke pantai atau ke pegunungan.”

Contoh kalimat yang menggunakan kata Coming Soon

Setelah mempelajari definisi dan contoh penggunaan frasa “Coming soon,” anda juga bisa memahami berbagai kalimat yang sering menggunakannya. Beberapa contoh kalimat tersebut antara lain:

  • “Spiderman: Across the spider-verse”, segera hadir
  • Graha natura, segera diluncurkan
  • Segera tiba, konser tulus “Tur manusia 2023”
  • Perayaan 730 tahun kota surabaya, segera
  • Promo seblak maknyus, beli 2 gratis 1, segera!
  • Video musik resmi bts “Dynamite” akan segera tersedia di kanal youtube
  • Pembukaan viona cake bakery, tak lama lagi
  • Seminar fotografi, segera diadakan
  • Kkn pencerahan umsida 2023, akan datang
  • Butik delisa di samarinda, segera dibuka

Penutup

Tentang informasi yang disampaikan di atas mengenai ‘Coming soon’, harapan kami adalah agar ini dapat memberikan pemahaman lebih mendalam kepada anda mengenai arti dan penggunaan istilah ini. Istilah ‘Coming soon’ dapat membantu dalam memikat perhatian konsumen untuk bisnis anda.

Hal yang sangat penting adalah ketika anda melihat istilah ini dalam brosur atau iklan di media sosial, anda akan mengerti bahwa itu berarti sesuatu yang akan segera hadir atau diluncurkan.

Apa saja contoh frasa promosi lain yang sering digunakan selain ‘Coming soon’? Di era digital saat ini, banyak frasa promosi yang menarik dan kreatif yang sering muncul di media sosial atau media cetak. Beberapa contoh di antaranya adalah ‘Grand opening’, ‘Best seller’, ‘Opening soon’, ‘Stay stunned’ dan banyak lagi.

Di mana kita sering menemukan frasa ‘Coming soon’? Frasa ‘Coming soon’ sering kita temukan di berbagai media cetak seperti poster, spanduk, brosur dan juga di media sosial seperti instagram, youtube, whatsapp, tiktok dan lainnya.

Mengapa istilah ‘Coming soon’ lebih populer dibanding istilah lain dengan makna yang sama? Alasan ‘Coming soon’ lebih populer adalah karena kesederhanaannya dan mudah diingat. Selain itu, frasa ini terlihat menarik dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan promosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *