Mengenal Apa Itu Admin Marketing? Pengertian, Definisi, Tugas, Skill Hingga Gajinya

Mengenal Apa Itu Admin Marketing? Pengertian, Definisi, Tugas, Skill Hingga Gajinya
Mengenal Apa Itu Admin Marketing? Pengertian, Definisi, Tugas, Skill Hingga Gajinya ( lumina.mba )

Apakah kamu pernah mendengar tentang posisi admin marketing? Di zaman yang telah beralih ke digital, terdapat sebuah posisi yang sangat krusial dalam menggerakkan roda pemasaran dan manajemen administrasi sebuah perusahaan. Posisi tersebut adalah admin marketing.

Lantas, apa itu admin marketing? Apakah tugasnya berbeda dari karyawan administrasi biasa?

Kali ini, prosple akan menyajikan informasi mendetail mengenai peran admin marketing di perusahaan. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang jabatan ini, termasuk pengertian, fungsi, serta syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menduduki posisi admin marketing.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang baru lulus, artikel ini juga akan memberikan informasi tentang perkiraan gaji untuk admin marketing yang baru memulai karir.

Mari kita ikuti pembahasannya sampai akhir!

Apa itu Admin Marketing?

Menurut sumber dari climb, peran utama seorang admin marketing adalah untuk menjamin efektivitas dan kelancaran implementasi strategi pemasaran perusahaan.

Admin marketing kerap melakukan koordinasi lintas departemen dan posisi yang terlibat dalam kegiatan pemasaran, termasuk tim pemasaran, desain, kreatif, penulis naskah dan lain-lain.

Tujuan dari koordinasi ini adalah untuk memastikan bahwa kegiatan pemasaran yang dijalankan dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen atau calon konsumen.

Selain itu, admin marketing bertanggung jawab untuk melakukan penelitian pasar guna mengidentifikasi tren dan preferensi audiens, memungkinkan strategi pemasaran yang dijalankan untuk efektif mencapai audiens target yang telah ditetapkan.

Tugas Admin Marketing

Sebagaimana prosple telah sebutkan sebelumnya, inti dari pekerjaan seorang admin marketing adalah mendukung kegiatan promosi dan memperkuat citra produk serta layanan perusahaan di mata pelanggan atau calon pelanggan.

Seringkali, upaya promosi ini juga diarahkan untuk memperbaiki citra perusahaan itu sendiri. Upaya peningkatan citra ini umumnya dilaksanakan melalui kampanye pemasaran, desain logo, serta pembuatan slogan yang menarik dan mudah diterima oleh khalayak.

Secara lebih rinci, tugas dan tanggung jawab admin marketing mencakup beberapa poin berikut:

  • Melaksanakan penelitian pasar dan menerapkan strategi pemasaran untuk produk serta layanan
  • Menyediakan informasi tentang produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan melalui buletin atau email massal
  • Menyusun jadwal dan mengelola konten pemasaran pada situs web perusahaan
  • Menyelaraskan rencana kampanye pemasaran dengan berbagai departemen terkait, termasuk tim penulis, media sosial dan desain
  • Berkolaborasi dengan spesialis media sosial atau pemasar digital untuk menggunakan platform media sosial dalam menjangkau calon pelanggan melalui konten pemasaran
  • Menyiapkan proposal dan bahan presentasi untuk calon klien perusahaan
  • Mengelola database pelanggan untuk memantau preferensi pembelian mereka

Kualifikasi dan Skill yang dibutuhkan Admin Marketing

Seorang administrator pemasaran umumnya memegang gelar akademik dari bidang tertentu, seperti manajemen, pemasaran, komunikasi, atau relasi publik.

Tetapi, bagi kamu yang tidak berasal dari bidang tersebut namun tertarik menjadi administrator pemasaran, masih ada peluang, terutama jika kamu memiliki kemampuan teknis yang kuat di marketing dan manajemen. Kemampuan teknis ini bisa kamu peroleh melalui beragam kursus yang tersedia di platform kursus online, baik gratis maupun berbayar.

Lebih jauh lagi, tidak hanya pengetahuan tentang pemasaran yang akan kamu dapatkan, platform kursus online seringkali juga menyediakan sertifikasi yang dapat dijadikan sebagai bukti kompetensi kamu di bidang pemasaran.

Selain latar belakang pendidikan, seorang admin marketing juga harus memiliki beberapa kemampuan pendukung yang akan berguna dalam pekerjaannya.

Menurut climb, beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang admin marketing adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Admin marketing akan sering melakukan koordinasi dengan berbagai bagian dan jabatan dalam perusahaan, seperti departemen pemasaran, kreatif, media sosial dan sebagainya.

Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi menjadi keterampilan utama yang harus dimiliki oleh admin marketing. Ini sangat penting untuk menjamin bahwa koordinasi yang diperlukan untuk kampanye pemasaran atau kegiatan pemasaran lainnya dapat berjalan dengan lancar.

2. Keterampilan menulis

Dalam konteks koordinasi antartim di sebuah perusahaan, sangat penting bagi admin marketing untuk memiliki kemampuan menulis yang memadai, terutama dalam pembuatan bahan pemasaran.

Hal ini menjadi krusial mengingat tugas utama dari admin marketing meliputi pengembangan berbagai materi yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen atau calon konsumen, seperti buletin, email pemasaran dan berbagai konten pemasaran lainnya yang ditujukan untuk situs web atau platform media sosial perusahaan.

Selain itu, admin marketing bertanggung jawab dalam menyusun materi proposal yang efektif untuk disajikan kepada klien perusahaan. Oleh karena itu, kemampuan menulis yang unggul sangatlah esensial bagi seorang admin marketing.

3. Keterampilan berorganisasi

Tugas seorang admin marketing melibatkan pengelolaan beragam kebutuhan pemasaran perusahaan, di mana kemampuan mengorganisasi menjadi keterampilan utama yang essensial. Kemampuan ini termasuk dalam mengelola waktu atau manajemen waktu, menentukan prioritas tugas, serta koordinasi dengan berbagai pihak.

Oleh karena itu, kemampuan mengorganisasi sangat penting, membantu dalam pengaturan berbagai proyek pemasaran secara efektif dan memastikan penyelesaian tepat waktu sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan.

4. Kreatif

Kreativitas tampaknya telah menjadi keahlian penting yang sering dibutuhkan, khususnya dalam industri digital dan pemasaran. Bagi seorang admin marketing, kemampuan ini menjadi salah satu keterampilan utama yang diperlukan untuk menghasilkan berbagai gagasan pemasaran yang inovatif dan unik.

5. Familiar dengan office dan marketing tools

Admin marketing perlu menguasai berbagai aplikasi penting, seperti microsoft office, khususnya excel dan powerpoint. Selain itu, pengetahuan dan keakraban dengan beragam alat pemasaran juga esensial, termasuk google ads, google analytic, csm, alat seo dan sebagainya.

Gaji Admin Marketing untuk Fresh Graduate

Variasi gaji untuk peran admin marketing di berbagai perusahaan cukup signifikan. Berdasarkan data dari glassdoor, gaji bulanan untuk peran ini dapat berada di antara 5 juta sampai 16 juta.

Sementara itu, bagi mereka yang baru lulus dan bergabung sebagai admin marketing dengan pengalaman kurang dari satu tahun, gaji yang ditawarkan umumnya berada di kisaran 4 juta sampai 5 juta per bulan.

Nah, demikianlah ulasan menyeluruh seputar admin marketing. Bagi anda yang memiliki minat dalam mengembangkan karir di bidang admin marketing, teruslah mengikuti situs prosple untuk menemukan peluang pekerjaan admin marketing yang sesuai bagi lulusan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *