Mau Belajar Mengelola Blog atau Website, Inilah Cara Hosting Gratis (pexels.com)
Mau Belajar Mengelola Blog atau Website, Inilah Cara Hosting Gratis (pexels.com)

Mau Belajar Mengelola Blog atau Website? Inilah Cara Hosting Gratis

Hosting menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah blog maupun website. Bahkan, hosting menjadi elemen atau bagian yang wajib ada selain domain. Namun, untuk mendapatkan hosting seringkali pengelola blog atau website harus mengeluarkan uang atau membelinya. Kabar baiknya, saat ini sudah ada cara hosting gratis yang bisa kamu terapkan.

Hosting gratis ini akan sangat membantu buat kamu yang masih pemula atau baru saja terjun dalam dunia blogging. Selain itu, bagi kamu yang ingin mengelola website maupun blog untuk sekedar belajar atau coba-coba, memang ada baiknya untuk menggunakan hosting gratis.

Cara Hosting Gratis Melalui WordPress

Ada beberapa cara yang sangat mudah untuk kamu terapkan. Menariknya lagi, kamu hanya perlu mengatur tampilan pada websitemu.

Caranya, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran pada WordPress, Blogger maupun platform pembuat website lainnya. Pada kesempatan kali ini, akan membahas lebih banyak tentang mendapatkan hosting gratis melalui WordPress. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Pertama: Lakukan Pendaftaran WordPress.com

Langkah pertama, silakan kamu kunjungi situs resmi WordPress, WordPress.com. Setelah itu, pilihlah nama blog atau website pada kolom. Nama ini merupakan alamat yang akan orang lain gunakan supaya bisa mengunjungi blog WordPress milikmu. Bila sudah, silakan lanjut dengan klik tombol “Buat Situs Web”.

Kedua: Isi Form Pendaftaran

Cara hosting gratis selanjutnya, yakni dengan melakukan pengisian form pendaftaran. Silakan kamu isikan kolom yang sudah tersedia dengan informasi yang sebenar-benarnya. Mulai dari email, nama pengguna atau username, hingga password. Informasi ini akan selalu kamu gunakan saat masuk ke dalam panel kontrol blog WordPress milik kamu.

Ketentuan Alamat Email

Ketika kamu mengisikan alamat email pada kolom, pastikan jika alamat email tersebut masih aktif dan sering kamu gunakan. Pasalnya, WordPress sendiri akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran melalui email tersebut.

Baca Juga »  Cara Mudah Cek IP Hosting Website, Aman dan Cepat

Ketentuan Username

Selain alamat email, hal penting lainnya ada baiknya kamu memilih username yang mudah untuk kamu ingat. Karena bersifat eksklusif jangan sampai kamu lupa.

Username ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Biasanya, username yang sudah orang lain gunakan, secara otomatis WordPress akan menolak.

Ketentuan Password

Pada bagian kolom kata sandi atau password ini, ada baiknya kamu membuat password yang unik, mudah untuk kamu ingat dan kuat. Kuat maksudnya orang lain tidak akan bisa menebaknya dengan mudah. Kamu juga harus mengingat password tersebut dengan baik, supaya bisa mengakses blog atau website sewaktu-waktu.

Ketentuan Nama Blog

Sama seperti lainnya, dalam pemilihan atau penggunaan nama blog ini, pastikan mudah untuk diingat, tersedia, dan WordPress menerimanya. Jika nama blog kamu mendapatkan persetujuan, aka nada tanda centang berwarna hijau. Namun, jika nama blog tersebut sudah orang lain gunakan, akan muncul centang berwarna merah.

Ketiga: Membuat Blog dan Sesuaikan Tema

Cara hosting gratis selanjutnya yakni dengan membuat blog itu sendiri. Setelah kamu sudah selesai mengisi semua kolom langsung saja klik “Buat Blog”.

Dengan begitu, kamu berhasil membuat blog dengan hosting gratis. Supaya tampilan blog kamu semakin menarik, bisa menyesuaikannya dengan tema maupun template berdasarkan kebutuhan.

Memanfaatkan Penyedia Layanan Hosting Gratis

Kamu juga bisa memanfaatkan penyedia layanan hosting gratis. Hal ini menjadi cara alternatif lainnya yang tak kalah menguntungkan.

Bahkan, layanan hosting gratis tersebut menyediakan hosting dengan spesifikasi yang cukup baik. Berikut ini adalah penyedia layanan hosting gratis WordPress terbaik yang bisa kamu pilih.

  1. H10 Hosting
Baca Juga »  Cara Membuat Hosting Sendiri dengan Biaya Minimal, Simak Ini!

H10 Hosting merupakan salah satu penyedia layanan web hosting gratis yang sudah sangat lama bahkan paling tua. Hingga saat ini, H10 Hosting masih terkenal di kalangan pengguna blog.

H10 Hosting ini menyediakan hosting gratis dengan fitur dan fasilitas yang cukup menguntungkan. Salah satunya, memiliki storage atau penyimpanan mencapai 1 GB.

Kemudian, menyediakan 2 add on domain, satu parked domain dan satu sub domain. Selain itu, H10 Hosting ini juga menyediakan bandwidth unlimited.

Kamu juga bisa mendapatkan tiga akun email secara gratis. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan 150 template dari cPanel.

  1. Web Free Hosting

Cara hosting gratis selanjutnya yakni dengan menggunakan Web Free Hosting. Web Free Hosting ini menawarkan hosting gratis dengan fitur dan spesifikasi yang cukup baik.

Lebihnya lagi, jika kamu ingin mengubahnya menjadi versi bayar sewaktu-waktu kamu bisa langsung mengupgrade-nya. Penyedia layanan hosting gratis ini menyediakan hosting gratis dengan penyimpanan sebesar 1GB.

Kemudian, kamu bisa mendapatkan domain dengan tiga sub domain. Ads-nya pun gratis dan kamu bisa mendapatkan bandwidth sebesar 5GB.

Web Free Hosting ini menyediakan email dengan tiga akun dan spam filter. Memiliki builder ataupun desain dengan template menarik . Bila kamu bandingkan dengan hosting gratis lainnya, hosting dari Web Free Hosting ini memiliki kecepatan loading serta keamanan server yang cukup baik.

    1. FreeHostia

FreeHostia merupakan penyedia layanan hosting gratis yang bisa kamu manfaatkan. Hosting yang FreeHostia tawarkan ini memiliki kecepatan loading hingga 15 kali lebih cepat bila kamu bandingkan dengan hosting tradisional lainnya.

Tak hanya itu saja, hosting ini juga memiliki penyimpanan sebesar 250 MB. Meskipun terbilang kecil, kamu masih bisa mendapatkan domain dengan lima hoster domain.

Baca Juga »  Cara Beli Hosting di Rumahweb, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Kemudian, hosting ini juga memiliki bandwidth sebesar enam GB dan email yang tersedia dalam tiga akun. Hosting gratis dari FreeHostia ini hanya disarankan untuk kamu yang ingin belajar menulis atau mengelola blog saja. Pasalnya, dengan penyimpanan yang kecil, ruang gerak untuk berkarya pun juga terbatas.

  1. 000Webhost

Menggunakan 000Webhost menjadi salah satu cara hosting gratis yang bisa kamu manfaatkan. 000Webhost ini merupakan penyedia layanan hosting gratis yang sudah berpengalaman sejak.

Hosting yang ditawarkan juga memiliki fitur dan spesifikasi yang tak kalah bagus. Hosting ini memiliki penyimpanan hingga 1GB.

Namun, kamu hanya bisa mendapatkan satu sub domain saja. Sementara untuk bandwidth tersedia sebesar 10GB. Selain itu, email tersedia dengan lima akun. Hosting gratis dari 000Webhost ini juga memiliki performa yang cukup bagus.

  1. ByetHosting

ByetHosting juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin mendapatkan hosting gratis. Menguntungkannya, hosting ini memiliki penyimpanan yang tersedia unlimited atau tidak terbatas.

Bahkan, domain-nya pun juga unlimited, add on domain, parked domain, hingga subdomain. Menariknya lagi, hosting yang ByetHosting sediakan memiliki bandwidth unlimited dan menyediakan lima akun email gratis.

Tak hanya itu, ByetHosting ini juga menyediakan jaringan yang cukup stabil dan paling cepat ketika kamu bandingkan dengan hosting gratis lainnya. Demi memberikan kemudahan, ByetHosting sudah menambahkan sedikit layanan premium pada versi hosting gratisnya.

Dengan memanfaatkan penyedia layanan hosting gratis ini, kamu bisa mendapatkan banyak cara hosting gratis. Namun, ada baiknya jika kamu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan blog maupun website milikmu. Dengan begitu, pengelolaannya nanti bisa semakin maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.