Bisnis  

Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis dan Usahamu

Keuntungan dari pemasaran digital dalam meningkatkan bisnis agar dapat bersaing di pasar yang lebih besar sangatlah signifikan. Memiliki keahlian dalam pemasaran digital saat ini lebih dari sekedar mengikuti tren terbaru!

Efektivitasnya telah dibuktikan di berbagai sektor bisnis, dari startup hingga merek yang sudah dikenal luas. Pemasaran digital bahkan dapat meningkatkan popularitas bisnis rumahan, memudahkan mereka untuk berkembang dan mendorong tren untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Menurut laporan think with google (2019), terjadi peningkatan pencarian kata kunci “where to buy” dan “near me” sebesar 200% dalam kurun waktu dua tahun. Ini berdasarkan data perbandingan dari google data as antara april 2016-2017 dan april 2018-2019.

Selain itu, banyak perusahaan telah menyadari pentingnya pencarian organik ke situs web mereka dalam mendorong penjualan.

Berdasarkan laporan brightedge research (2019) yang berjudul organic search improves ability to map to consumer intent, diketahui bahwa pencarian organik berkontribusi sebesar 53,3% terhadap kunjungan situs web dan berdampak positif pada keuntungan perusahaan.

Dua studi tersebut membuktikan peran krusial pemasaran digital dalam strategi bisnis masa kini. Terlepas dari jenis bisnis yang dijalankan, berikut ini beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan mengimplementasikan strategi pemasaran digital untuk bisnis anda!

Apa Saja Manfaat Digital Marketing Bagi Bisnis?

Pemasaran digital memberikan keuntungan besar bagi perusahaan dalam memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar yang lebih luas. Berikut ini beberapa keuntungan dari pemasaran digital.

1. Memulai Bisnis dengan Biaya Kecil

Memulai usaha dengan cara konvensional memerlukan pertimbangan yang luas. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan lokasi dan peralatan usaha, tetapi juga melibatkan berbagai jenis promosi fisik seperti pembuatan papan nama, banner, distribusi leaflet dan pemasangan poster yang semua itu bisa menghabiskan sebagian besar dari anggaran promosi.

Belum lagi jika menambahkan promosi melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah yang seringkali membuat para pengusaha pemula berpikir ulang untuk memulai bisnisnya.

Sebaliknya, pemasaran digital menawarkan solusi hemat biaya untuk promosi produk dan layanan dengan efektivitas dan cakupan yang luas.

Dengan memanfaatkan platform media sosial atau blog yang tidak berbayar untuk memasarkan usaha, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk pembelian inventaris dan bisa memulai sebagai penjual kembali.

Pengeluaran untuk iklan di platform media sosial terkenal seperti facebook dan instagram pun bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia, membuat biaya pemasaran menjadi lebih terjangkau dibandingkan cara tradisional.

Singkatnya, hanya dengan mengandalkan koneksi internet serta perangkat seperti smartphone atau laptop, kamu sudah bisa menggelar kampanye pemasaran. Ini membuka jalan bagi penghematan biaya dalam memulai bisnis sambil tetap mempertahankan efektivitas dalam menjangkau pasar.

2. Mudah Menjangkau Banyak Calon Konsumen

Semakin besar skala promosi yang dilakukan, semakin tinggi peluang untuk menarik minat pembeli potensial. Sebaliknya, distribusi brosur atau pemasangan banner hanya akan menargetkan mereka yang secara fisik melihat atau menerima materi tersebut.

Namun, pemasaran digital memungkinkan untuk menggapai audiens yang lebih luas dengan lebih efisien dalam mempromosikan produk.

Di era digital saat ini, smartphone dan media sosial merupakan bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian.

Melalui strategi pemasaran online, kamu dapat dengan mudah menghubungi ratusan bahkan ribuan individu setiap harinya. Hanya dengan mengunggah satu konten media sosial atau artikel yang menarik, kamu dapat menarik perhatian banyak pembeli potensial tanpa perlu meninggalkan rumah.

Lebih lanjut, pemasaran digital memberikan keuntungan dalam menarik pembeli dari berbagai wilayah. Ini memfasilitasi ekspansi pasar ke wilayah lain, mulai dari kota lain hingga lintas provinsi dan negara.

Kamu bahkan dapat melakukan ini tanpa perlu menimbun persediaan sendiri, seperti dengan menjadi reseller produk lokal yang dikirimkan kepada pembeli internasional atau toko-toko di luar negeri.

3. Mudah Beradaptasi dengan Tren Baru untuk Pemasaran

Dengan kemajuan era digital, kemudahan dalam mengikuti berbagai tren menjadi lebih terjangkau bagi masyarakat. Berbagai platform digital seperti jejaring sosial, portal video dan layanan streaming menjadi medium penyebaran tren terkini dari musik, film, hingga meme dan tantangan viral.

Hal ini membuka peluang luas untuk melakukan promosi secara luas dan menarik minat konsumen yang tertarik dengan tren digital.

Teknik pemasaran yang inovatif dan berorientasi tren telah berkembang pesat dalam ranah digital marketing, termasuk strategi seperti pemasaran melalui email, pembuatan blog dengan konten yang menarik, penggunaan model dari kalangan “orang biasa”, pembuatan video animasi yang kreatif, meme promosi, hingga pengelolaan akun bisnis dengan gaya bahasa yang personal dan humoris.

Dengan mengintegrasikan strategi ini, kamu bisa secara efektif mendapatkan dan mengadaptasi informasi terkini tentang tren, yang tidak hanya bertujuan untuk menambah wawasan tetapi juga meningkatkan penjualan bisnis.

Keuntungan lain? Kamu dapat mengidentifikasi produk atau jasa yang sedang tren di kalangan tertentu, seperti snack, film, atau mode pakaian dan menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih menarik dan relevan.

4. Bisa Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat promosi tidak hanya terbatas pada menarik pelanggan baru, tetapi juga penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Bagaimana bisa demikian?

Ini berkaitan erat dengan pembangunan kesetiaan terhadap sebuah merek. Dalam persaingan bisnis yang ketat, penting untuk membuat pelanggan terus kembali menggunakan produk atau layananmu.

Media digital merupakan alat yang efektif untuk memasarkan bisnis dengan cara yang menarik dan membangun emosi positif terhadap merekmu di benak konsumen.

Sebagai contoh, dengan membuat konten media sosial yang menghibur atau inovatif, kamu dapat meningkatkan daya tarik produkmu. Memberikan penawaran eksklusif kepada pelanggan setia yang aktif berinteraksi di media sosial bisnismu juga merupakan strategi yang baik.

Semakin familiar orang dengan profil bisnis atau merekmu, semakin mudah bagi mereka untuk mengingat dan memilih produk atau layananmu saat dibutuhkan.

5. Sarana Tepat untuk Branding dan Membangun Reputasi

Kamus cambridge mendefinisikan branding sebagai proses mengaitkan produk dengan nama dan simbol tertentu untuk meningkatkan pengenalan. Ini dapat dijadikan alat untuk membangun identitas merek, menarik perhatian dan membedakan bisnismu dari kompetitor lain.

Bagaimana caranya? Cobalah dengan membuat beragam akun di platform media sosial yang desainnya mencerminkan tema dari bisnismu. Tempatkan gambar dan logo perusahaanmu sebagai foto profil dan sampul. Susunlah konten yang bahasanya sesuai dengan audiens targetmu.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai media lain untuk promosi merek, seperti membuat video pendek yang menarik atau menghibur yang menampilkan produkmu dan membagikannya di platform seperti instagram reels atau youtube.

Konten digital yang menarik akan memudahkan orang untuk membagikannya, memperluas informasi tentang merek, produk, atau layanan yang kamu tawarkan ke pengguna internet di berbagai daerah dengan cepat, suatu keuntungan yang mungkin sulit dicapai melalui pemasaran konvensional.

6. Memudahkan Pengumpulan Data dan Evaluasi Strategi

Setiap usaha yang berhasil perlu mengandalkan data dan laporan untuk analisis evaluatif. Pemasaran digital menawarkan kemudahan dalam menghimpun data secara otomatis melalui berbagai platform seperti media sosial dan website perusahaan yang dilengkapi dengan fitur analitik.

Dari data tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat luas, termasuk total kunjungan dalam berbagai periode waktu (harian, mingguan, bulanan), profil demografis pengunjung, konten yang paling banyak menarik perhatian, sampai dengan detail transaksi dan puncak aktivitas.

Semua informasi ini dapat diakses dengan cepat dan mudah tanpa perlu pencatatan manual, memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi bisnis agar lebih efektif dan meningkatkan keberhasilan usaha.

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Digital Marketing?

Strategi pemasaran digital menawarkan berbagai pendekatan dan tidak setiap pendekatan cocok untuk semua orang. Kabar baiknya adalah, tidak perlu kembali ke bangku kuliah untuk mempelajari hal ini. Ada banyak pilihan program pelatihan dalam bidang bisnis dan manajemen yang mengintegrasikan aspek teknologi digital.

Ambil kesempatan untuk mengikuti kursus seperti technopreneur 101 dan pengembangan bisnis yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital anda.

Dengan investasi yang ekonomis untuk kursus yang ditawarkan dan durasi pelatihan yang singkat namun padat, anda akan dapat menguasai berbagai teknik pemasaran untuk memajukan bisnis anda secara digital.

Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, terutama bagi para entrepreneur pemula dengan modal terbatas. Gunakan strategi-strategi ini sebagai langkah awal dalam membangun bisnis anda dan amati bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *