Macam-Macam Cara Pindah Hosting WordPress yang Mudah (pixabay.com)
Macam-Macam Cara Pindah Hosting WordPress yang Mudah (pixabay.com)

Macam-Macam Cara Pindah Hosting WordPress yang Mudah

Bagi pengguna WordPress yang merasa khawatir dan ragu untuk memindahkan hosting ke web server baru atau provider hosting, terdapat solusi yang dapat dilakukan. Ada beberapa cara pindah hosting WordPress yang dapat mempermudah Anda.

Sebab jika Anda melakukan pindah hosting yang salah akan menimbulkan dampak buruk. Dampak buruk tersebut seperti kehilangan data dan downtime. Sekarang ini sudah terdapat cara memindahkan hosting yang mudah diikuti.

Anda dapat melakukan pemindahan hosting dengan cara manual dan plugin. Untuk memudahkan migrasi hosting WordPress terdapat berbagai tool yang dapat Anda gunakan. Tool ini akan memudahkan proses sehingga lancar dan aman.

Macam-Macam Cara Pindah Hosting WordPress

Untuk membantu Anda dalam proses pemindahan hosting WordPress, berikut ini terdapat beberapa cara yang dilakukan. Cara-cara ini akan menghilangkan rasa khawatir saat memindahkan. Simak cara-cara berikut ini.

Cara Pindah Hosting WordPres Menggunakan hPanel

cara mudah dan cepat untuk memindahkan hosting WordPress ini menggunakan layanan migrasi gratis Hostinger. Seluruh proses migrasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur hPanel. Namun, tool ini membutuhkan username serta password akun WordPress yang Anda miliki.

Selain itu, juga menggunakan link yang biasa Anda gunakan untuk login pada panel admin WordPress (webesiteanda.com/wp-admin). Password, username akun hosting lama, dan link sebelumnya juga dibutuhkan tool migrasi ini. Simak cara kerja tool migrasi dari Hostinger berikut ini.

  1. masuk ke hPanel kemudian buka Website dan pilih Migrasi Website.
  2. Kemudian langkah yang selanjutnya ketuk Tambah permintaan dan memilih WordPress.
  3. Pada kolom yang diperlukan, dapat Anda isi dengan detail paket dan situs hosting WordPress.
  4. Setelah itu, lakukan migrasi website dengan memasukkan nama website baru. Ketik URL website panel admin WordPress Anda misalnya http://websiteAnda.com/wp-admin. Lalu untuk login ada panel admin WordPress menggunakan username serta masukkan passwordnya. Kemudian pilih provider hosting yang sebelumnya. Seperti GoDaddy, HostGator, SiteGround, atau Bluehost. Jika dalam daftar tidak tercantum perusahaan hosting Anda, pilih menu Other.
  5. Selanjutnya pilih Tambah permintaan.
Baca Juga »  Hosting Domainesia Terbaik, Ini Kelebihannya!

Cara Pindah Hosting WordPress Menggunakan Plugin

Dengan cara manual Anda dapat memindahkan hosting WordPress, yaitu dengan menggunakan File manager atau FTP client yang terdapat pada control panel hosting. Anda dapat mentransfer database dan file WordPress.

Namun, Anda akan secara mudah melakukan migrasi dengan menggunakan metode plugin. Plugin cloning salah satunya yang dapat Anda gunakan untuk migrasi hosting WordPress. Terdapat ratusan pilihan script cloning PHP yang ada pada direktori plugin WordPress.

Pilih plugin mudah saat digunakan serta tersedia keseluruhan tool migrasi yang Anda perlukan. Yakni memilih plugin All-in-One WP Migration. Pastikan plugin sudah terinstal dan aktif di akun hosting baru dan lama untuk memulai melakukan proses migrasi WP. Simak langkah-langkah berikut ini.

    1. Pada situs WP buka dashboard WP yang akan Anda transfer. Kemudian klik All-in-One WP Migration setelah itu Export.
    2. Lalu pilih Export to dan dari menu dropdown pilih opsi File.
    3. File WP secara otomatis diambil plugin dan tunggu sampai selesai. Jika proses telah selesai, unduh file backup menggunakan format .wpress melalui pop-up window.
    4. Untuk akun hosting yang baru Anda harus membuka dashboard admin WP. Klik All-in-One WP Migration lalu pilih import.
    5. Selanjutnya, pilih Import from dan klik file. Kemudian mencari file WP yang telah terekspos dengan ukuran maksimal 123 MB saat Anda upload. Terlebih dahulu tambah ukuran maksimum upload file WP jika file yang dibackup lebih besar 128 MB.
    6. Tunggu sampai proses selesai lalu klik Finish.

Lakukan secara manual jika proses dengan metode import tidak berhasil. Caranya upload data backup melalui File manager atau FTP serta menggunakan fitur restore. Upgrade ke Ultimate Extension jika Anda akan mengakses fitur restore backup.

Pada Server lama klik All-in-One WP Migration lalu Export. Selanjutnya unduh dan buat file .wpress di komputer dengan folder lokal. Kemudian pada hosting WP baru, buka File manager atau FTP. File .wpress lalu Anda upload ke folder wp-content/ai1wm-backup.

Pilih All-in-One WP Migration dan klik Backup pada server baru dalam dashboard admin WP. Dengan otomatis file .wpress muncul di sana. Pada sebelah kiri .wpress klik ikon restore. Selanjutnya Anda dapat memilih Proses untuk proses migrasi. Langkah terakhir menyimpan ulang struktur permalink saat menggunakan plugin.

Selain itu, untuk merekonstruksi file .htaccess Anda harus mengubah struktur sebanyak 2 kali. Caranya pada bar menu WP klik settings-Permalinks. Klik struktur baru kemudian save Changes. Namun pastikan Anda sudah menduplikat sebelum menggunakan Custom Structure. Setelah selesai klik Save Change.

Cara Pindah Hosting WordPress Menggunakan Layanan Backup Hosting

Opsi terakhir yang dapat Anda lakukan untuk migrasi Hosting WP dengan menggunakan sebuah layanan backup web hosting. Backup secara berkala dilakukan oleh penyedia hosting. Dengan hasil backup tersebut dapat digunakan untuk migrasi website WP menuju server baru.

Baca Juga »  Yuk Ketahui Mengenai Google Hosting Domain Guna Meningkatkan Website!

Gunakan hPanel untuk mendownload file backup jika Anda menggunakan Hostinger. Lakukan langkah-langkah berikut. Langkah pertama buka hPanel lalu klik file pilih Backup. Secara otomatis Hostinger akan melakukan backup secara berkala. Sehingga Anda dapat memilih backup lama atau baru yang akan diunduh.

Jika ingin menyimpan yang baru caranya pilih Buat backup baru dan Pilih. Tunggu sampai backup selesai. Kemudian klik File backup, pilih, dan unduh backup baru tadi. namun jika Anda akan mengunduh backup yang lama maka tinggal klik File Backup, Pilih waktu backup, dan download.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cPanel untuk memindahkan WP dari perusahaan Hosting. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan backup website WP.

  1. Buka cPanel, lalu kli Files dan backuo Wizard.
  2. Melalui Wizard backup menu pilih Backup dan klik Full Backup. Opsi backup antara lain database WP, konfigurasi filter email, konfigurasi forwarder email, dan home directory. Kemudian pilih tempat yang akan Anda gunakan untuk menyimpan backup. Jika Anda menginginkan notifikasi setelah proses backup selesai tambahkan alamat email.
  3. Untuk memulai prosesnya pilih Generate Backup.

Anda akan mendapatkan backup dengan format.zip dan restore file ke akun hosting baru. Jika Anda ingin pindah hosting ke Hostinger dilakukan dengn cara restore melalui cara berikut. Login hPanel-Website-Import website.

File backup .zip yang diunduh upload melalui Import website dan klik File. selanjutnya pilih import dan tunggu proses restore hingga selesai. Namun jika menggunakan cPanel caranya buka akun hosting baru dengan memilih File-Backup Wizard.

Kemudian pada menu wizard backup klik Restore dan Home Directory. Cari file ZIP yang ada lalu klik Upload. Anda juga dapat mengupload file .zip ke web hosting baru pada folder root. Melalui File Manager control panel atau FTP client. Pastikan file dalam wP public_html hosting lama sudah pindah ke hosting baru.

Baca Juga »  Perbedaan Hosting Gratis dan Berbayar Pengguna Pemula Wajib Tahu 6 Hal Ini

Itulah cara pindah hosting WordPress yang dapat Anda lakukan. Lakukan dengan cara berurutan dan hati-hati agar Anda tidak kehilangan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published.