Lima Tips Bisnis Ikan Laut Beku yang Wajib Diketahui Pemula

Lima Tips Bisnis Ikan Laut Beku yang Wajib Diketahui Pemula

Bisnis ikan laut memang sangat menguntungkan. Meskipun demikian, tidak bisa sembarangan untuk memulainya. Pasalnya, ikan segar merupakan produk yang cepat busuk, sehingga bisa berisiko rugi apabila salah mengambil tindakan. Oleh karena itu, sekarang muncullah inovasi bisnis ikan laut beku.

Munculnya ide kreatif tersebut tidak lain untuk mengatasi masalah ikan yang cepat busuk karena tidak laku. Dengan proses pembekuan, tentu daging ikan akan lebih terjaga kesegarannya. Lalu bagaimana cara memulainya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Persiapkan Modal Usaha

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin memulai bisnis ikan laut beku adalah menyiapkan modal. Tidak hanya jenis bisnis ini saja, bahkan semua usaha pasti membutuhkan modal yang cukup.

Hitung semua biaya untuk membuka usaha dan juga uang yang harus digunakan untuk mengulak ikan segar dari pemasok. Pastikan untuk menghitung semua keperluan tanpa ada yang terlewat. Buat juga proporsi yang harus dikeluarkan pada setiap kebutuhannya, seperti 30% untuk belanja, 40% untuk sewa tempat dan sisanya sebagai dana operasional.

Baca Juga »  Inilah 5 Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan

2. Survei dan Tetapkan Target Pasar

Selain modal, menentukan pangsa pasar produk yang dijual tentu juga sangat penting. Pastikan untuk melihat kondisi pasar sebelum membuka usaha ikan laut beku tersebut. Pasalnya tidak semua tempat atau daerah memiliki karakteristik orang yang sama. Jika warga pesisir menyukai ikan laut, belum tentu masyarakat kota suka dengan ikan tersebut.

Maka dari itu, selalu lihat terlebih dahulu bagaimana pasar di daerah sekitar yang akan dibangun tempat penjualan ikan beku itu. Apabila hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi pasar di suatu  tempat lebih senang dengan jenis ikan tertentu, maka pengusaha harus selalu menyediakannya..

3. Lakukan Kerjasama dengan Supplier yang Tepat

Kerjasama merupakan faktor krusial dalam menentukan keuntungan dari sebuah usaha, tidak terkecuali usaha ikan laut beku. Lakukan survei terlebih dahulu terhadap suppliersupplier yang menjual ikan segar. Bila perlu kunjungilah TAPI untuk mencari pemasok ikan laut yang terpercaya dengan harga yang cukup miring.

Baca Juga »  5 Penyebab Kenapa Jualan Sepi Pelanggan

Trik cerdik ini tentu harus selalu diterapkan oleh semua pengusaha jika ingin mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan. Salah dalam memilih supplier ikan, maka pengusaha harus bersiap untuk menerima kerugian di depan. Maka dari itu, cari supplier yang bisa diajak kerja sama dan saling menguntungkan.

4. Tentukan Harga Jual yang Sesuai

Apabila semua persiapan penjualan telah beres, seperti supplier, memilih ikan, dan juga modal yang cukup, maka pengusaha hanya perlu menentukan harga jual. Hal tersebut tidak lain karena produk ikan merupakan komoditas yang mengikuti harga pasaran.

Dengan kata lain, apabila harga terlalu tinggi, maka kemungkinan kecil untuk produk tersebut  laku. Di  sisi lain, apabila terlalu murah, maka pengusaha bisa jadi akan mendapat untung minim atau bahkan bisa rugi. Oleh karenanya, ikuti saja harga pasar yang telah berlaku agar tetap bisa bersaing dan tidak mengalami kerugian.

Baca Juga »  Analisa Usaha Hidroponik Skala Kecil Dari Rumah

5. Promosi

Hal terakhir yang sangat krusial pada jenis bisnis satu  ini adalah promosi. Sebagus apapun produk yang dimiliki, apabila tanpa promosi sama saja dengan bohong.

Pengusaha bisa melakukan promosi ke pasar HOREKA (Hotel Restoran Kafe). Lakukan penawaran dan jalin hubungan kerja sama untuk menjadi pemasok pada semua jenis bisnis tersebut. Selain itu, pengusaha juga bisa melakukan promosi melalui supermarket dengan menitipkan produk ikan laut beku di sana.

Itu tadi pembahasan lengkap terkait tips penting bagi yang ingin memulai bisnis ikan laut beku. Peluang usaha ikan laut beku tersebut akan semakin menjanjikan apabila pengusaha memperhatikan kelima poin di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.