LCD HP Rusak, Ini Tips Mengatasinya! (unsplash)
LCD HP Rusak, Ini Tips Mengatasinya! (unsplash)

LCD HP Rusak, Ini Tips Mengatasinya!

LCD HP rusak memang sangat mengganggu kita, bukan? Hal tersebut karena dapat membuat HP Anda tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Biasanya LCD rusak ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya jatuh atau terkena air sehingga membuat LCD tidak bisa berfungsi lagi atau rusak.

Mungkin kebanyakan orang lebih memilih untuk mengganti LCD yang rusak. Padahal sebenarnya LCD rusak ini bisa saja Anda perbaiki tanpa harus mengganti dengan yang baru. Terlebih membeli LCD HP baru harganya juga tidak murah. Makanya lebih baik jika Anda memperbaikinya saja jika tidak terlalu parah.

Cara Memperbaiki LCD Hp Rusak

Biasanya LCD yang rusak seperti tampilan layar yang tidak maksimal. Terdapat retakan atau lubang hitam masih bisa untuk diperbaiki. Berbeda ketika LCD ini sudah sama sekali tidak bisa difungsikan maka Anda harus menggantinya dengan LCD yang baru agar HP tetap berfungsi.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Speaker HP Oppo Paling Mudah dan Aman

Namun biasanya mereka yang tidak ingin repot pasti akan langsung mengganti LCD atau bahkan HP. Padahal LCD rusak ini masih bisa untuk diperbaiki. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki LCD yang rusak agar bisa berfungsi lagi.

Lepaskan Bagian Penutup Layar LCD

LCD HP rusak karena jatuh bisa Anda perbaiki dengan mudah. Langkah yang pertama, Anda terlebih dulu harus melepas bagian penutup layar LCD. Namun Anda harus mengetahui lokasi-lokasi sekrup saat Anda akan melepaskan komponen-komponennya, sehingga nantinya Anda bisa dengan mudah memasang ulang.

Anda bisa melepaskan casing, baterai, dan beberapa komponen yang menghalangi Anda ketika ingin memperbaiki LCD. Pastikan Anda melepaskannya dengan hati-hati. Atau Anda juga bisa meminta tolong kepada mereka yang sudah ahli dalam memperbaiki layar LCD pada HP.

Anda bisa menggunakan beberapa alat untuk membantu melepaskan beberapa komponen sebelum memperbaiki LCD HP Anda. Anda juga harus berhati-hati dengan kabel pita. Jangan sampai kabel pita dalam komponen HP Anda terputus.

Baca Juga »  Seperti Ini Cara Penggunaan Microphone Bluetooth Pada Gadget

Lepas Bagian yang Dilem

Cara memperbaiki LCD HP rusak selanjutnya Anda bisa melepas bagian yang dilem dengan bantuan beberapa alat. Biasanya memang bagian LCD ini sudah dilem. Anda bisa menggunakan hairdryer untuk membantu melepaskan bagian yang dilem agar mudah dipisahkan untuk Anda perbaiki.

Biasanya memang LCD ini dalam pemasangannya harus menggunakan lem sebagai perekat. Untuk itu, Anda harus melepaskannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk melepaskan LCD ini dengan mudah, misalnya dengan bantuan alat tertentu.

Kemudian Anda bisa mengganti LCD yang baru. Pastikan Anda menggantinya dengan hati-hati agar LCD tidak rusak. Pastikan juga Anda memasangnya dengan benar. Jangan sampai juga Anda merusak bagian komponen lainnya ketika memasang LCD yang baru ini. Kemudian Anda bisa memasang kembali semua komponen yang dilepas.

Baca Juga »  Cara Memindahkan Foto Dari Google Foto ke Galeri Tanpa Ribet

Rakit Kembali Ponsel

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah memasang kembali LCD adalah dengan merakit kembali ponsel Anda. Pastikan Anda mengembalikan semua komponennya ke tempat semula. Sebaiknya Anda jangan langsung memasang sekrup. Ada baiknya jika periksa dahulu apakah LCD yang Anda pasang tersebut bisa bekerja dengan benar.

LCD HP rusak ini masih bisa Anda perbaiki asalkan Anda memang mengetahui caranya. Namun jika Anda ragu untuk melakukannya, maka Anda bisa meminta bantuan tukang service. Jika tidak ingin keluar uang terlalu banyak Anda hanya perlu memperhatikan beberapa cara di atas agar bisa memperbaiki LCD yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.