Kursor Laptop Bergerak Sendiri Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya! (unsplash.com)
Kursor Laptop Bergerak Sendiri Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya! (unsplash.com)

Kursor Laptop Bergerak Sendiri? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

Salah satu masalah yang sering terjadi pada laptop yaitu kursor laptop bergerak sendiri padahal kita sama sekali tidak menyentuh touchpad. Kursor sendiri merupakan indikator khusus dalam layar monitor yang berfungsi sebagai penunjuk atau pemusat perhatian antara pengguna dengan perangkat.

Secara umum kursor terbagi atas dua jenis yaitu teks dan tektikus. Kursor teks merupakan indikator yang menunjukkan tempat teks akan diletakkan ketika menulis. Sedangkan kursor tetikus merupakan indikator yang berguna untuk memilih program dan membukanya.

Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri

Keberadaan kursor tentunya sangat penting, karena tanpanya maka kita tidak bisa mengakses apapun dalam laptop. Terkadang mungkin Anda pernah mengalami kasus kursor yang bergerak sendiri secara random padahal touchpad tidak tersentuh. Hal tersebut tentunya cukup menyebalkan apalagi jika sampai membuat Anda sulit mengarahkannya untuk mengklik sesuatu.

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan kursor bergerak-gerak sendiri. Bisa saja karena konektor rusak, tegangan listrik yang berlebihan, mouse rusak dan lain sebagainya. Jika masalah ini terjadi pada laptop Anda, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa caranya:

Baca Juga »  Anti Boros dengan 6 Tips agar Baterai Laptop Awet yang Mudah Dilakukan

1. Aturlah Sensitivitas Mouse atau Touchpad

Kursor laptop bergerak sendiri bisa terjadi karena sensitivitas mouse atau touchpad yang terlalu tinggi sehingga kursor semakin sensitif pada pergerakan mouse atau sentuhan pada touchpad. Anda bisa mengatasinya dengan mengatur sensitivitasnya.

Caranya yaitu pertama buka menu Start, klik Control Panel. Pilih Hardware and Sound kemudian klik Mouse yang berada dibawah menu Devices and Printers. Setelah itu akan muncul tab Pointer Option lalu kurangi dan atur sensitivitas sesuai yang Anda inginkan.

2. Cek Mouse

Jika menggunakan mouse kabel maka cek apakah kabel dalam posisi tertekuk atau tidak, jika tertekan atau terjepit maka Anda bisa memperbaiki posisinya. Kabel bisa mempengaruhi koneksi jadi jika terdapat gangguan pada kabelnya maka akan berpegaruh pada kursor.

Baca Juga »  Cara Mudah Mengirimkan Foto Dari IPhone ke Laptop

Jika Anda menggunakan mouse wireless maka bisa saja penyebabnya karena konektor USB atau baterai yang bermasalah maupun karena adanya mouse wireless lain yang bekerja. Untuk mengatasinya Anda bisa menggantinya dengan yang baru atau hanya menggunakan touchpad saja.

3. Cek Alas Mouse

Selain mengecek mouse Anda juga bisa mengecek alasnya. Hal tersebut karena alas yang kotor akan membuat sensor mouse tidak stabil sehingga bisa membuat kursor laptop bergerak sendiri. Bersihkanlah alas mouse agar terbebas dari kotoran, bisa dengan cara mencucinya atau dengan menggunakan cairan pembersih dan mengelapnya.

4. Update Driver Touchpad atau Mouse

Cara selanjutnya yaitu updatelah driver touchpad atau mouse karena jika error maka bisa menyebabkan masalah kursor bergerak sendiri, hilang maupun tidak mau bergerak. Cara updatenya pun mudah, pertama klik kanan Start lalu pilih Device Manager.

Baca Juga »  Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik!

Carilah driver mouse atau touchpad pada menu Mice and Other Pointing Device lalu klik kanan pada driver yang Anda gunakan. Setelah itu klik Update Driver maka akan muncul jendela baru, Anda bisa memilih menu Search automatically for driver kemudian restart laptop.

5. Uninstall Driver Mouse

Selain mengupdate driver Anda juga bisa mencoba uninstall driver mouse agar sistem menggantinya secara otomatis dengan yang baru dan normal. Caranya klik kanan menu Start lalu buka Device Manage. Klik menu Mice and other pointing devices dan pilih driver touchpad atau mouse. Klik kanan dan pilih Uninstall Device lalu restart laptop Anda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kursor laptop bergerak sendiri, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.